Home Nasional Apa Langkah Luhut untuk Mengendalikan Minyak?

Apa Langkah Luhut untuk Mengendalikan Minyak?

TELENEWS.ID – Luhut Binsar Panjaitan sudah resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk mengendalikan polemik minyak goreng yang masih ramai sejak awal tahun lalu. Langkah pertama yang akan dilakukan oleh Luhut adalah dengan melakukan audit di industri minyak kelapa sawit. Dalam sebuah seminar nasional yang digelar Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, Luhut mengatakan bahwa dia tidak akan me-manage minyak gorengnya saja.

Namun, persoalan ini harus diaudit dari semua aspek mulai dari bagian hulunya. Tujuannya, supaya mengetahui bagaimana detail datanya, kemudian produksi, dan juga plasma kebun sawit yang ada di Indonesia. Audit juga akan dilakukan kepada kantor perusahaan minyak sawit yang ada di dalam negeri.

Luhut menegaskan bahwa perusahaan minyak sawit yang beroperasi di Indonesia, wajib memiliki kantor pusatnya di Indonesia. Karena menurutnya, jika kantor tersebut berada di luar negeri, maka mereka juga akan membayar pajak ke negara tempat mereka berkantor. Sementara, kebun sawitnya sebagian besar berada di Indonesia.

Rencananya, awal Juni ini Luhut akan mulai melakukan audit terhadap kelapa sawit ini. Jika memang hal itu terjadi, maka akan menjadi kali pertama dalam sejarah, pemerintah melakukan audit terhadap kelapa sawit ini. Langkah Luhut ini dinilai sebagai langkah awal dalam memberantas mafia minyak goreng dan juga untuk bisa mengendalikan harga pasar seperti semula.

Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia, Eddy Martono ikut menanggapi langkah yang dilakukan Luhut tersebut untuk mengendalikan kembali harga minyak goreng.

“Hanya saja saya tidak tahu, mereka ada juga yang go public di luar negeri. Apakah aturan di negara di mana mereka go public harus berkantor pusat di sana atau cukup ada kantor perwakilan saja, ini perlu di cek. Ya (harus melihat aturan terkait lainnya yang berlaku), aturan di negara di mana mereka berkantor pusat atau go public,” kata Eddy seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (27/5/2022) lalu.

Baca juga :  Darurat Covid-19 Wisma Atlet Bisa Operasikan Dua Tower Tambahan Sebagai Antisipasi Lonjakan Pasien

Hal tersebut tidak akan memberikan dampak yang signifikan atau juga merubah regulasi mengenai kewajiban perusahaan kelapa sawit yang ada di Indonesia. Indonesia sendiri, menurut data yang dirilis oleh Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, sudah mendapatkan Rp. 750 Triliun dari sektor kelapa sawit, yang Rp. 500 Triliunnya berasal dari ekspor kelapa sawit dan juga turunannya.

“Pertambahan nilai tambah bisa kita dapat lebih banyak. Kalau headquarter-nya di sini kan akan beda. Sebagai gambaran, tahun 2021, kita mendapat Rp 86 triliun dari levi (pungutan ekspor sawit) dan dari pajak-pajaknya sekitar Rp20-an triliun. Lebih Rp100 triliun. Ya tentu akan bertambah (kalau kantor pusat diwajibkan di Indonesia,” kata Putu Juli Ardika Selaku Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian.

Baca juga :  Mentan Syahrul Yasin Limpo, Jangan Termakan Hoax, Penyakit Mulut dan Kuku Tidak Menular ke Manusia

Dengan jumlah yang besar ini, wajar jika industri kelapa sawit menjadi permainan para mafia karena bisa menghasilkan banyak keuntungan, tidak hanya dari kelapa sawitnya saja, termasuk juga turunannya. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...