Home Teknologi Info Tech Apa Saja Yang Baru di iOS 14.3

Apa Saja Yang Baru di iOS 14.3

TELENEWS.ID – Perusahaan raksasa Apple baru saja mengumumkan kehadiran iOS 14.3, software update terbaru yang akan memperbarui perangkat lunak iPhone. iOS 14.3 membawa fitur kamera ProRAW, beberapa perbaikan fitur untuk layanan Apple TV, Fitness+, dan fitur-fitur yang mendukung headphone AirPods Max terbaru di iPhone.

ProRAW adalah fitur yang paling diperbincangkan dalam pembaruan iOS 14.3 ini. ProRAW hadir untuk memaksimalkan hasil jepretan yang diambil menggunakan kamera iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max, mengingat fitur ini memang baru hadir untuk kedua perangkat tersebut.

Selama ini, perangkat iPhone mengambil photo dalam format RAW. Namun, kekurangan dari format RAW adalah, format tersebut menghilangkan proses komputasi yang biasanya terjadi ketika kamera mengambil sebuah foto. Namun kini dengan format ProRAW, sistem kamera akan menggabungkan komputasi kamera Apple dengan fleksibilitas pemrosesan file RAW.

Sebagaimana dikutip dari TechRadar, “ProRAW memberikan banyak manfaat dari pemrosesan gambar multiframe dan komputasi fotografi, seperti Deep Fusion dan Smart HDR, serta menggabungkannya dengan kedalaman dan fleksibilitas format RAW.” ujar Manajer Senior Apple untuk Rekayasa Perangkat Lunak Kamera, Alok Deshpande.

Baca Juga : Apple Luncurkan Headphone Kelas Professional, AirPods Max

Singkatnya, fitur ProRAW dalam pembaruan iOS 14.3 ini didesain untuk pengguna yang ingin memotret dalam format RAW namun secara bersamaan juga ingin memanfaatkan data pipeline pada foto, seperti pengurangan noise dan penyesuaian eksposur multiframe.

Format ProRAW tidak akan aktif secara permanen terus menerus. Artinya, ProRAW akan bisa diaktifkan secara manual dengan toggle on/off pada aplikasi kamera iPhone. Maka ketika format ProRAW dimatikan, kamera iPhone akan kembali ke pengaturan ‘camera capture’ secara default dalam format JPEG atau HEIF.

Hasil potret menggunakan ProRAW akan menggunakan format file digital negative (DNG). Namun penting untuk diperhatikan, foto yang diambil menggunakan format ProRAW biasanya akan berukuran jauh lebih besar (lebih dari 10 kali lipat) dibanding ukuran file yang terkompresi pada umumnya, seperti HEIC/JPEG.

Selain itu, ProRAW dalam pembaruan iOS 14.3 juga akan membawa fitur editing langsung pada aplikasi Photos.
Pembaruan lainnya adalah perbaikan pada bug, khususnya yang menyebabkan notifikasi pesan tidak muncul. Untuk asisten suara Siri, iOS 14.3 memberikan penambahan berbagai macam efek suara hewan, instrumen hingga kendaraan.

Penambahan efek suara pada Siri juga dibuat kompatibel dengan HomePod, iPhone dan iPad. Khusus untuk iPhone dan iPad, Siri akan menampilkan gambar hewan atau instrumen yang menghasilkan suara tersebut dan memberikan link ke Wikipedia sebagai sumber informasi tambahan mengenai hewan atau instrumen tersebut.
Bagi pengguna yang mengutamakan estetika dan kepraktisan, iOS 14.3 membuat pengguna lebih mudah untuk mengubah-ubah ikon aplikasi, atau customize, pada home screen.

Ketika sebelumnya pengguna membuka aplikasi melalui ‘pintu’ ikon khusus yang dibuat menggunakan Shortcut, kini aplikasi tersebut dapat langsung dibuka tanpa harus melalui Shortcut. Meskipun masih ada iklan yang muncul, setidaknya membuka aplikasi tertentu akan lebih mudah dan menghemat waktu.

Pembaruan lainnya dalam iOS 14.3 mencangkup kemampuan untuk merekam video pada 25fps, fitur mirroring pada kamera depan untuk perangkat iPhone 6S ke atas, dan fitur Cycle Tracking terbaru untuk aplikasi Health.

Terakhir, iOS 14.3 menghadirkan Ecosia, sebuah mesin pencari baru dengan misi amal yang menyangkut lingkungan. Tiap kali pengguna menggunakan Ecosia untuk melakukan pencarian, Ecoasia akan menyalurkan dana untuk penanaman pohon. Ecoasia bisa dijadikan browser default sebagai alternatif dari Google, Yahoo, Bing maupun DuckDuckGo.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...