Home Indepth Apakah Pertamina Harus Bangun Kilang Minyak ?

Apakah Pertamina Harus Bangun Kilang Minyak ?

Facebook
Twitter


 

Gedung Pertamina (ist)

Oleh : Riza M Founder  PT FSC Oleo Chemical
TELENEWS.id. MEDAN – Apakah masih relevan Pertamina bangun kilang baru dengan utang dan margin kilang yg katanya sangat rendah sehingga sedikit investor yang tertarik, apalagi diseluruh dunia sudah melakukan peralihan technologi, yaitu menggunakan batterydan hydrogen.


Apa tidak lebih baik Pertamina untuk beralih ke  investasi synthetic diesel oil B100 euro 5, yang bahan baku dari 1.5 ton TBS ( Tanda Buah Segar) bisa menghasilkan 1000 liter B100 dengan technologie dari Alphakat/DR KOCH Jerman yang sudah pernah di kunjungi oleh BPPT.


Supaya biaya investasi murah, sebaiknya Pertamina bisa bekerja sama dengan Alphakat Jerman DR Koch, sehingga sebahagian besar peralatan bisa di buat di Indonesia oleh BUMN, ada PT Barata dan PT Rekin.
Di Indonesia ada potensi kebun sawit seluas 14.000.000 hektar yg bisa menghasilkan CPO 56.000.000 ton pertahun, dan hanya 15.000.000 ton dimanfatkan untuk makanan, industri dll.


Selebihnya, ada  40.000.000 ton CPO setara dengan 200.000.000 ton TBS, dan langsung bisa di proses jadi synthetic diesel oil B100 Euro 5 untuk menghasilkan 134.000.000 ton B100, setara 864.000.000 barrel/tahun atau 2.500.000 barrel/hari.
Selain itu, sebagai bahan baku bisa dari sampah, biomass, plastik, ban bekas, kayu, dan batang sawit tua.


Sehingga, kalau program itu bisa dijalankan dengan benar, maka suatu ketika Indonesia bisa mengekspor 100% produk Pertamina dari fosil dan 1.500.000 barrel synthetic Diesel oil B100 Euro 5.


Karena, cukup 1.000.000 barrel syntetic bio diesel untuk penggunaan dalam negeri, karena sebahagian kenderaan akan beralih menggunakan battery.
Pabrik bisa dibangun di setiap propinsi di Indonesia, 6 pabrik biodiesel yang sudah ada akhirnya berorentasi pasar export,  karena Pertamina sudah beralih ke B100.


Mengingat ada potensi besar buah sawit dari kebun milik PTPN sebagai bahan bakunya, sinergitas Pertamina dengan PTPN bisa dibangun dan dimulai dari pabrik milik PTPN 3 dan PTPN 4 di Sei Mangkei Propinsi Sumatera Utara sebagai proyek percontohan.

Dari pabrik milik PTPN diatas dengan kapasitas 2000 ton CPO/hari sudah bisa  menghasilkan :-olein/minyak goreng 77%-stearine 17%-pfad 5%.
Stearine dan pfad setara dengan 440 ton/hari bila ditambahkan dengan tandan kosong kelapa sawit, batang kelapa sawit tua dan kayu karet hasil replanting bisa di proses menjadi B100 dengan technologi Alphakat Jerman.
TBS dari kebun rakyat disekitar wilayah pabrik juga bisa di serap untuk langsung di proses jadi B100, termasuk ampas tebu PTPN juga bisa di proses jadi B100.
Ini adalah program masa depan Indonesia lepas dari ketergantungan energi fosil dan devisit dari sektor energi,  sekalian menolong harga TBS bisa meningkat menjadi  Rp 1900/kg yang membuat petani sawit bergairah untuk meningkatkan produksi dengan replanting mengganti sawit dengan bibit unggul DXP.
PTPN akan menjadi BUMN yang sangat kuat dan menjadi penopang energi nasional di samping Pertamina.

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Agar Tak Salah Pilih, Pertimbangkan 5 Faktor Ini Dulu Sebelum Membeli Tote Bag!

TELENEWS.ID - Praktis, simpel, dan memiliki banyak desain menjadikan tote bag sebagai pilihan banyak orang. Belakangan ini tas jinjing atau tote bag...

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...