Home Hiburan Apple Bayar ‘Royalti’ ke Pemegang Hak Lagu. Berapa Nominalnya ?

Apple Bayar ‘Royalti’ ke Pemegang Hak Lagu. Berapa Nominalnya ?

TELENEWS.ID – Apple merilis pernyataan bahwa mereka akan membayar setiap lagu yang diputar di Apple Music, seperti yang tertera di website resmi The Wall Street Journal pada Sabtu (17/4/2021).

Hal tersebut dibuat dalam surat yang dikirimkan kepada artis, label dan publisher melalui dasbor layanan, yang merupakan bagian dukungan Apple Inc terhadap para pelaku di industri musik.

Kemudian juga hal ini ‘dianggap’ sebagai balasan untuk Spotify Technology SA yang bulan lalu membagikan beberapa detail tentang bagaimana membayar para pelaku industri musik untuk streaming yang ada pada layanannya.

Dalam surat tersebut, Apple menjelaskan bahwa untuk setiap lagu yang diputar di Apple Music akan dibayar rata-rata 1 (satu) penny, dalam artian 1 (satu) penny adalah USD 0,01 atau setara Rp150.

Sebagai catatan, untuk pembayaran tersebut berasal dari pendapatan langganan bulanan dari pelanggan.

Jika dilihat dari nominalnya memang tergolong kecil, namun itu masih dua kali lipat dari apa yang dibayarkan Spotify, layanan streaming musik terbesar di dunia, kepada pemegang hak musik per streaming.

Kabarnya, Spotify hanya membayar 1/3 hingga 1/2 penny untuk setiap lagu yang diputar meskipun memiliki pelanggan streaming lebih banyak jika dibandingkan dengan Apple Music.

Artis, manajer dan pengacara di bidang music sendiri masih belum pulih dari hilangnya pendapatan tur selama pandemi, dengan menyerukan pembayaran lebih tinggi dari layanan streaming musik yang telah tumbuh pesat dalam setahun terakhir.

Pada Juni 2019, Apple melaporkan memiliki lebih dari 60 juta pelanggan streaming musik. Sedangkan Spotify lebih unggul dengan 155 juta pelanggan dari total 345 juta pengguna aktif termasuk mereka yang mendengarkan versi gratis dengan dukungan iklan.

Dalam surat yang dirilis, pihak Apple juga menyebutkan bahwa artis tidak dibayar langsung oleh layanan streaming, jadi satu pemutaran lagu tidak menghasilkan sepeser pun uang masuk ke akun artis tersebut.

Baca juga :  Tsunami Covid-19 di India, Pabrik iPhone dan Suzuki Terkena Dampaknya

Sebaliknya, layanan streaming membayar royalti kepada pemegang hak yang mencakup label, publisher dan distributor lain, yang pada gilirannya membayar artis berdasarkan perjanjian rekaman, penerbitan, dan distribusi mereka.

Perlu diketahui juga bahwa Apple dan Spotify membayar pemegang hak berdasarkan bagian dari aliran total yang dikumpulkan artis mereka di setiap layanan.

Namun para artis mengutip tingkat pembayaran per-aliran sebagai indikator penghasilan mereka. Label besar mengatakan streaming bulanan rata-rata per pelanggan adalah ukuran yang lebih baik dari ekonomi streaming, dan semakin banyak streaming berarti lebih banyak uang yang masuk untuk artis.

Dalam surat itu, Apple mengatakan membayar 52% dari pendapatan langganan atau 52 sen dari setiap dolar untuk label rekaman. Sedangkan Spotify yang menghasilkan pendapatan baik dari langganan dan tingkat dukungan iklan gratisnya, mengatakan membayar 2/3 dari setiap dolar pendapatan kepada pemegang hak, dengan 75% hingga 80% di antaranya masuk ke label tergantung pada kesepakatan antara layanan dan label yang berbeda.

Baca juga :  Pelupa? Apple Rilis AirTag Untuk Solusinya

Spotify memberikan lebih banyak pendapatan ke industri musik daripada Apple karena memiliki lebih banyak pelanggan. Namun, tingkat pembayaran per streaming rata-rata lebih rendah, karena rata-rata pelanggan Spotify mendengarkan lebih banyak musik per bulan daripada pendengar di layanan lain.

Selain itu, pada layanan gratis Spotify, iklan tidak memberikan pendapatan sebanyak layanan premiumnya. Spotify mengatakan bahwa meskipun versi gratisnya menghasilkan pendapatan lebih sedikit daripada versi berbayar, namun pada akhirnya mereka mendatangkan pelanggan.

Sebagai informasi tambahan, Apple dan Spotify memiliki perbedaan dalam model bisnisnya, dimana Apple tidak menyediakan versi gratis dari Apple Music, sedangkan Spotify memiliki versi gratis yang berisi iklan. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dihadiri Penggemar, Final Liga Champions UEFA Resmi Pindah ke Portugal

TELENEWS.ID - Final Liga Champions UEFA untuk musim 2020-21 antara Manchester City dan Chelsea, yang dijadwalkan pada 29 Mei di Istanbul (Turki),...

Pantai Perasi, Pesisir Timur Bali dengan ‘Pasir Perawan’ Nan Eksotis

TELENEWS.ID - Jika anda menginginkan destinasi pantai di Bali yang masih relatif baru dan jarang tersentuh, Pantai Perasi bisa jadi alternatif yang...

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID - Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral...

Terungkap! Jeff Bezos Sempat Iri Pada Elon Musk

TELENEWS.ID - Kendati telah memegang predikat sebagai orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos rupanya pernah kuatir dengan perkembangan perusahaan SpaceX...