Home Travel Haji & Umrah Arab Saudi Tutup Lagi Penerbangan Karena Varian Baru Covid-19

Arab Saudi Tutup Lagi Penerbangan Karena Varian Baru Covid-19

TELENEWS.ID – Mulai Senin 21/12/2020, Arab Saudi kembali menangguhkan penerbangan internasionalnya selama kurang lebih sepekan. Kebijakan ini diambil lantaran ditemukannya varian baru virus Covid-19 yang ditemukan di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya.

Bagaimana nasib jamaah umroh Indonesia yang sedianya akan berangkat segera? Dilansir dari kompas.com, Ketua Bidang Umroh Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh (AMPHURI), Zaki Zakaria mengatakan, pada hari ini ada beberapa biro perjalanan umroh yang siap memberangkatan jamaah melalui penerbangan Garuda Indonesia pada pukul 13.10 WIB. Dan posisi jamaah saat ini sudah berada di lobby Hotel Ibis Style Bandara dan belum naik bis menuju bandara.

Zaki mengatakan pihaknya telah menerima pemberitahuan resmi dari Garuda Indonesia bahwa, penerbangan Jakarta menuju Jeddah untuk penumpang dengan nomor penerbangan GA 9802 yang rencananya akan diberangkatkan pada 21 Desember 2020, terpaksa dibatalkan karena adanya restriksi atau pembatasan dari Kerajaan Arab Saudi. Terkait dengan kondisi tersebut, belum ada info lebih lanjut mengenai jamaah Indonesia yang sudah berada di Arab Saudi saat ini.

Melansir Arab News, Minggu (20/12/2020), bagi beberapa penerbangan luar biasa masih diperbolehkan memasuki Arab Saudi, dengan menjalani karantina mandiri selama dua pekan, melakukan test Covid-19, dan kembali melakukan tes Covid-19 setiap lima hari.

Kewajiban ini berlaku bagi mereka yang kembali ke Arab Saudi pada hari Selasa (8/12/2020) hingga hari ini. Bagi warga Arab Saudi yang kembali dan atau melewati negara Eropa maupun negara yang ditemukan varian baru virus Covid-19 dalam tiga bulan terakhir, wajib menjalani tes Covid-19.

Selain jalur udara, akses masuk ke Arab Saudi melalui darat dan laut juga ditangguhkan sementara selama sepekan ke depan. Namun, akses masuk barang, komoditas dan pasokan dari negara lain tetap diperbolehkan masuk ke Arab Saudi. Keputusan penutupan sementara penerbangan internasional ke Arab Saudi ini mulai berlaku pada Senin (21/12/2020) dan kemungkinan bisa diperpanjang hingga pekan berikutnya.

Baca juga :  Arab Saudi Tutup Umroh Lagi, Bagaimana Sikap Pemerintah RI

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Inggris telah mengumumkan bahwa telah ditemukan strain varian baru virus Covid-19 yang bisa menyebar lebih cepat. Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengatakan bahwa strain baru virus Covid-19 akan meningkatkan orang-orang akan terkena Covid-19 secara signifikan.

Dan WHO juga menyatakan telah menerima laporan terkait dengan temuan varian baru virus Covid-19 di Inggris. Tetapi, sejauh ini menurut WHO, belum ada bukti varian baru virus ini berperilaku berbeda dengan virus sebelumnya yang sudah ada. Namun, jenis baru virus Covid-19 tersebut masih terus diselidiki, demikian dikatakan Direktur Program Kedaruratan WHO Dr. Mike Ryan.

Baca juga :  Harga Umroh New Normal dan Aturan di Masa Pandemi

Penulis: Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...