Home Hiburan Seleb Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID – Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri politisi Emil Dardak ini terkesan menolak dan tak menghiraukan ajakan orang untuk bersalaman dengannya.

Sebuah akun gosip di Instagram mengunggah video di mana Arumi yang mengenakan busana serba biru dan masker putih, turun dari mobil dan disambut wanita paruh baya yang mengulurkan tangan seolah akan bersalaman dengannya. Namun Arumi seolah tak melihat dan terus berjalan ke depan.

Setelah beberapa langkah, Arumi kemudian berbalik badan dan menunggu buah hatinya yang akan turun dari mobil. Melihat hal ini, netizen kemudian mengkritik sikap Arumi yang menurut mereka sombong lantaran seolah menolak untuk diajak bersalaman ini.

“Duh kasian ibu itu mau salamin ibu Arumi kok nggak di respon ya,” kata netizen. “Tuan rumah menyambut dengan semangatnya tapi tamunya mengabaikan kayak takut tangannya kotor,” lanjut netizen lain.

Namun ada juga yang membela Arumi dan mengatakan bahwa ibu dua anak ini sepertinya tak menyadari bahwa ia diajak bersalaman. “Gak ngeh kaliii, aruminya udah liat ke depan duluan liat lokasi langsung, fokusnya udah kepecah,buktinya dia sempet diem miringin badannya sambil dengerin si ibu,” tulis salah satu netizen berkomentar.

Bersalaman atau berjabat tangan sendiri merupakan salah satu budaya Indonesia yang bisa dengan mudah ditemui di mana saja. Dianggap sebagai simbol keakraban dan persaudaraan, jabat tangan akan selalu hadir dalam berbagai kesempatan.

Namun menurut Dr Ian McCurdie, Konsultan dalam Pengobatan Reumatologi & Rehabilitasi dan Dokter Olahraga berjabat tangan ternyata bisa memicu munculnya risiko kesehatan bagi mereka yang melakukannya. Apalagi di masa pandemi yang belum usai seperti sekarang ini, dokter McCurdie menyarankan kita untuk mengurangi atau bahkan menghindari jabat tangan sama sekali.

Baca juga :  Selebgram Rachel Vennya Resmi Gugat Cerai Sang Suami

McCurdie tidak sendirian dalam menekankan pentingnya kebersihan tangan. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan mencuci tangan mungkin akan mengurangi kematian akibat penyakit diare hingga setengahnya. Masalahnya masyarakat tidak mencuci tangan dengan benar setelah dari toilet, membuang sampah, menyiapkan makanan, bersin, menggunakan angkutan umum dan aktivitas kotor lainnya.

Tangan yang kotor dapat menularkan infeksi seperti norovirus dan salmonella yang menyebabkan diare dan muntah, rhinovirus yang dapat menyebabkan pilek, serta virus yang menyebabkan flu dan cacar air.

Penyakit yang menyebar dengan cepat dan bisa berakibat fatal. Penyakit seperti Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan Clostridium difficile, juga bisa mengintai di tangan yang kotor. Bakteri penyebab kedua penyakit tersebut dapat bertahan selama berjam-jam, dan mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Pada tahun 2009, ketika para peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menyeka tangan 308 penumpang di Inggris, antara empat dan 19% terbukti ter-kontaminasi bakteri feses.

Memang berjabat tangan dengan mereka tidak berarti kamu akan langsung mengalami diare atau sakit perut. Orang-orang ini harus membawa bakteri yang dapat menyebabkan infeksi (seperti E coli), dan kamu baru akan mengalami efeknya saat tidak mencuci tangan namun langsung menyantap makanan.

Baca juga :  Seperti Tasya Farasya dan Tasyi Athasiya, Ini 4 Alasan Kamu Tidak Bisa Akur dengan Saudara Kandungmu!

Lalu apa solusinya? Apakah kita tidak boleh berjabat tangan sama sekali? Para peneliti oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health jika memang tidak bisa menghindari berjabat tangan, pastikan kita untuk mencuci tangan dengan sabun secara benar saat hendak makan atau menyentuh wajah.

Gunakan sabun dan air, gosok kedua tangan hingga berbusa dan gosok di antara jari-jari dan di bawah kuku. Kamu harus mengeringkan tangan secara menyeluruh setelahnya. Jika kamu menggunakan semprotan atau gel berbasis alkohol, kamu memerlukannya dengan alkohol 60%. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...