Home Teknologi Figur Ashanty Diduga Terpapar Omicron, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mendukung Anggota Keluarga...

Ashanty Diduga Terpapar Omicron, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mendukung Anggota Keluarga yang Terkena COVID

TELENEWS.ID – Kabar kurang enak datang dari artis Ashanty. Sepulangnya dari liburan ke Turki bersama dengan keluarganya, istri musisi Anang Hermansyah itu dikabarkan positif terpapar virus COVID-1I varian Omicron.

Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyatakan ada 15 orang yang positif Covid-19 dari pesawat yang sama yang ditumpangi rombongan Ashanty dan keluarganya.

“Dari keluarga besar yang melakukan perjalanan, ada 8 orang yang positif. Enam orang perempuan dan 2 orang laki-laki,” ucap Siti. “Ada 6 perempuan yah inisialnya V, JC, RAS, kemudian ada S, ada AH, kemudian ada AS. Sementara untuk dua pria itu adalah AHH dan MT,” lanjutnya lagi.

Kemenkes menyebutkan bahwa mereka semuanya positif COVID, meski belum dipastikan apakah varian Omicron yang mereka idap. “Kalo saat ini semua statusnya masih positif Covid jadi mereka sedang menunggu untuk pemeriksaan, apakah mereka terpapar omicron atau tidak,” tutur juru bicara Kemenkes.

Kabar Ashanty membawa varian Omicron sepulang ia dari luar negeri membuat ibunda Aurel Hermansyah itu sempat mendapatkan hujatan warga net. Mereka menyayangkan sikap Ashanty dan keluarganya yang nekat bepergian ke luar negeri di tengah pandemi seperti sekarang ini. Apalagi ketika pulang, Ashanty dan rombongannya diduga membawa varian Omicron masuk ke Indonesia.

Mengetahui ada anggota keluarga yang terpapar COVID seperti yang dialami Ashanty merupakan kabar buruk bagi banyak orang. Ini karena akan muncul kecemasan dan perasaan takut mengenai kondisi kesehatan keluarga kita. Apalagi jika anggota keluarga tersebut harus menjalani isolasi yang artinya akan jarang sekali berinteraksi dengan kita.

Namun kamu tetap bisa memberikan dukungan pada anggota keluarga yang terkena COVID, dengan 4 cara berikut ini:

  1. Telpon mereka
    Kamu mungkin akan sulit bertemu dan berinteraksi dengan mereka secara langsung. Namun jangan biarkan mereka kesepian saat menjalani isolasi. Manfaatkan sarana komunikasi untuk terus memantau kondisi dan berhubungan dengan mereka. Selain melalui panggilan telepon biasa, pertimbangkan obrolan video melalui aplikasi seperti Zoom, video call atau FaceTime dan sebagainya tergantung pada seberapa nyaman orang tersebut dengan teknologi.
  2. Dengarkan dan tawarkan bantuan
    Jika ada anggota keluarga atau orang yang kamu cintai berbicara denganmu di telepon, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mendengarkan mereka. Ini karena orang yang diisolasi biasanya akan mengalami kesepian, sehingga mereka butuh seseorang untuk mendengarkan keluh kesah mereka. Hanya dengan mendengarkan dan menawarkan dukungan bisa menjadi hal terpenting yang kamu lakukan selama mereka menjalani isolasi. Selain itu tanyakan apa yang dapat kamu lakukan untuk membantu mereka secara spesifik misalnya memberi makan peliharaan mereka, atau merawat tanaman favorit mereka. Yakinkan keluargamu bahwa kamu bisa membantu untuk melakukan hal tersebut tanpa harus membuat mereka khawatir.
  3. Berikan sesuatu yang mereka sukai
    Menjalani isolasi karena COVID terkadang membuat orang merasa bosan dan kesepian. Karena itu kamu bisa menawarkan untuk memberikan sesuatu yang mereka sukai. Bisa buku, bisa makanan yang mereka sukai, game atau apapun itu untuk membantu keluargamu tak terlalu merasa tertekan saat menjalani isolasi mandirinya.
  4. Berikan semangat
    Dorong mereka untuk menjaga kesehatan fisik mereka dengan cukup istirahat, tetap terhidrasi, menghindari kafein atau alkohol dalam jumlah berlebihan, dan makan makanan sehat jika memungkinkan. Yakinkan mereka bahwa wajar untuk mengalami ketakutan, kesedihan, atau kecemasan dalam situasi seperti ini. Namun ingatkan mereka bahwa selalu ada harapan, dan bantuan medis yang tersedia untuk mereka jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.
Baca juga :  Kulit Sering Gatal di Malam Hari? Waspada Kamu Mungkin Mengalami 4 Hal Berikut Ini!
Baca juga :  Vaksin Gotong Royong: Tarif yang Mahal, Lahirkan Kecemburuan Sosial

Selain itu jangan lupa kamu juga harus menjaga kesehatanmu sendiri. Pastikan untuk tak kontak langsung dengan keluargamu yang terkena COVID dan mungkin sedang menjalani isolasi mandiri. Jangan sampai juga kamu stress, karena kondisi ini bisa melemahkan imun tubuhmu juga. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...