Home Kesehatan Kecantikan Ashwagandha, Ginseng India untuk Obati Kerontokan Rambut

Ashwagandha, Ginseng India untuk Obati Kerontokan Rambut

TELENEWS.ID – Selama lebih dari 8.000 tahun, praktisi ilmu kesehatan India (Ayurveda) memanfaatkan khasiat akar tanaman Ashwagandha untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit fisik dan psikis.

Ashwagandha masuk dalam klasifikasi tanaman adaptogen, yaitu tanaman yang memiliki sifat detoksifikasi untuk tubuh dari kelelahan atau stres.

Ashwagandha seringkali digunakan secara langsung di atas permukaan kulit (topikal) atau bisa dengan cara dicerna.

Ashwagandha biasanya disebut sebagai “Ceri Musim Dingin India” atau “Ginseng India”. Ginseng India yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan tingkat energi, mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Biasanya, stres dihubungkan dengan sejumlah kondisi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya, kerontokan rambut.

Fakta-fakta mengenai manfaat untuk rambut disampaikan oleh ahli trikologi dan rambut Shab Reslan, dermatolog Dr. Shari Sperling dan Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di kota New York.

Manfaat Ashwagandha untuk rambut

Stres bisa menjadi penyebab umum rambut rontok dan tipis. Sifat adaptogen bekerja dengan meredakan stres dalam tubuh. Ashwagandha juga berfungsi untuk meredakan peradangan.

Dengan mengurangi peradangan, akar ini memberikan energi untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Reslan menjelaskan, stres menciptakan peradangan dalam tubuh dan mengirim “sinyal” ke tubuh kita untuk mematikan sistem yang dianggap tidak penting, salah satunya adalah rambut. Hal ini guna memberi ruang untuk melindungi sistem tubuh yang lebih penting.

Baca Juga : “Slugging”, Skincare Penyelamat Kulit Kering

Namun, perlu diingat bahwa ketiga dermatolog dan ahli rambut di atas ini juga mengatakan belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat langsung Ashwagandha terhadap kekuatan akar rambut.

Dr. Nazarian menekankan bahwa data klinis yang mendukungnya semata-mata karena kemampuannya untuk mengurangi stres. Dr. Nazarian juga mengatakan Ashwagandha baru dianggap sebagai suplemen, bukan obat.

Namun, jika memang faktor dari kerontokan rambut adalah stress, maka mengkonsumsinya berpotensi mengurangi beberapa gejala yang terkait dengan stres dan kecemasan, termasuk meminimalkan kerontokan rambut.

Dengan kemampuannya dalam mengurangi stres dan inflamasi, Ashwagandha seharusnya juga bermanfaat tak hanya untuk kesehatan rambut, namun juga kondisi kulit yang disebabkan oleh inflamasi.

Para pakar kecantikan di atas menyebut bahwa Ashwagandha cocok untuk semua jenis dan tekstur rambut. Hal ini karena setiap jenis rambut memang rentan terhadap kerontokan yang disebabkan stres, atau yang disebut dengan “telogen effluvium”.

Namun, para pakar juga setuju bahwa ada beberapa obat-obatan dan kondisi kesehatan yang dapat mengaburkan efektivitasnya.

Sehingga, untuk mendapatkan manfaat yang optimal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis terkait konsumsi Ashwagandha.

Ashwagandha dapat digunakan dengan cara dioles, meskipun secara tradisional akar ini dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau bubuk. Dan untuk melihat hasilnya, Ashwagandha perlu dikonsumsi secara teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tahun 2021 Dibuka dengan Rentetan Bencana

TELENEWS.ID- Belum genap satu bulan mengakhir Januari 2021 ini. Indonesia terus disuguhkan dengan kabar Menyayat hati.Bahkan, tahun 2021...

Song Yoo Jung Meninggal Dunia Karena Bunuh Diri

TELENEWS.ID- Aktris sekaligus model asal Korea Selatan, Song Yoo Jung diberitakan meninggal dunia. Seperti dikutip dari All K-Pop, Senin (25/1), Song Yoo...

Jepang Tetap Lanjutkan Olimpiade 2021 di Tengah Pandemi

TELENEWS.ID - Di saat masyarakat dunia tengah kelimpungan dan saling berpegangan di tengah pandemi, Jepang justru tetap mengusahakan untuk menggelar Olimpiade 2021...

TNI AL Hadang Kapal Taiwan di Perairan Natuna

TELENEWS.ID - Terjadi lagi kejar-kejaran antara kapal TNI AL dan kapal milik asing di perairan Natuna. Kali ini, Indonesia melalui patroli rutin...