Home Kesehatan Kecantikan Ashwagandha, Ginseng India untuk Obati Kerontokan Rambut

Ashwagandha, Ginseng India untuk Obati Kerontokan Rambut

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Selama lebih dari 8.000 tahun, praktisi ilmu kesehatan India (Ayurveda) memanfaatkan khasiat akar tanaman Ashwagandha untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit fisik dan psikis.

Ashwagandha masuk dalam klasifikasi tanaman adaptogen, yaitu tanaman yang memiliki sifat detoksifikasi untuk tubuh dari kelelahan atau stres.

Ashwagandha seringkali digunakan secara langsung di atas permukaan kulit (topikal) atau bisa dengan cara dicerna.

Ashwagandha biasanya disebut sebagai “Ceri Musim Dingin India” atau “Ginseng India”. Ginseng India yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan tingkat energi, mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Biasanya, stres dihubungkan dengan sejumlah kondisi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya, kerontokan rambut.

Fakta-fakta mengenai manfaat untuk rambut disampaikan oleh ahli trikologi dan rambut Shab Reslan, dermatolog Dr. Shari Sperling dan Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di kota New York.

Manfaat Ashwagandha untuk rambut

Stres bisa menjadi penyebab umum rambut rontok dan tipis. Sifat adaptogen bekerja dengan meredakan stres dalam tubuh. Ashwagandha juga berfungsi untuk meredakan peradangan.

Dengan mengurangi peradangan, akar ini memberikan energi untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Reslan menjelaskan, stres menciptakan peradangan dalam tubuh dan mengirim “sinyal” ke tubuh kita untuk mematikan sistem yang dianggap tidak penting, salah satunya adalah rambut. Hal ini guna memberi ruang untuk melindungi sistem tubuh yang lebih penting.

Baca Juga : “Slugging”, Skincare Penyelamat Kulit Kering

Namun, perlu diingat bahwa ketiga dermatolog dan ahli rambut di atas ini juga mengatakan belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat langsung Ashwagandha terhadap kekuatan akar rambut.

Dr. Nazarian menekankan bahwa data klinis yang mendukungnya semata-mata karena kemampuannya untuk mengurangi stres. Dr. Nazarian juga mengatakan Ashwagandha baru dianggap sebagai suplemen, bukan obat.

Namun, jika memang faktor dari kerontokan rambut adalah stress, maka mengkonsumsinya berpotensi mengurangi beberapa gejala yang terkait dengan stres dan kecemasan, termasuk meminimalkan kerontokan rambut.

Dengan kemampuannya dalam mengurangi stres dan inflamasi, Ashwagandha seharusnya juga bermanfaat tak hanya untuk kesehatan rambut, namun juga kondisi kulit yang disebabkan oleh inflamasi.

Para pakar kecantikan di atas menyebut bahwa Ashwagandha cocok untuk semua jenis dan tekstur rambut. Hal ini karena setiap jenis rambut memang rentan terhadap kerontokan yang disebabkan stres, atau yang disebut dengan “telogen effluvium”.

Namun, para pakar juga setuju bahwa ada beberapa obat-obatan dan kondisi kesehatan yang dapat mengaburkan efektivitasnya.

Sehingga, untuk mendapatkan manfaat yang optimal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis terkait konsumsi Ashwagandha.

Ashwagandha dapat digunakan dengan cara dioles, meskipun secara tradisional akar ini dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau bubuk. Dan untuk melihat hasilnya, Ashwagandha perlu dikonsumsi secara teratur.

0
Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...
0