Home Gaya hidup Kesehatan Atelophobia, Ketakutan Ekstrem Terhadap Ketidaksempurnaan

Atelophobia, Ketakutan Ekstrem Terhadap Ketidaksempurnaan

TELENEWS.ID – Bagi sebagian besar orang, melakukan sesuatu dengan hasil yang kurang sempurna memang meninggalkan rasa kurang puas. Namun perasaan ini dapat berlalu begitu saja dan tidak terlalu mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi beberapa orang mengidap atelophobia, yakni ketakutan yang cukup besar akan ketidaksempurnaan.

Atelophobia sering disebut sebagai perfeksionisme yang cukup ekstrem. Namun, beberapa ahli mengatakan bahkan atelophobia lebih dari itu, karena melibatkan ketakutan yang tidak masuk akal untuk membuat kesalahan sekecil apapun. Dampak dari phobia yang satu ini cukup besar, antara lain berupa ketakutan, panik, mual, sesak napas, pusing, atau detak jantung yang cepat, yang tentunya sangat mengganggu kehidupan sehari-hari dalam beraktivitas maupun bekerja.

Berikut ini beberapa fakta mengenai atelophobia, yang dilansir dari laman Osmosis dan Healthline.

1. Macam-macam Gejala Atelophobia 

Ada bermacam-macam gejala atelophobia yang memengaruhi emosional, mental, dan fisik. Biasanya gejala tersebut akan muncul dalam keadaan tertentu dan umumnya tak terkendali, salah satu yang cukup serius adalah mengambil alih pikiran seseorang.

Gejala emosional tersebut bisa berupa ketakutan yang luar biasa, ketidakmampuan dalam menghadapi konflik ringan, kelelahan, dan pengalaman emosional negatif, seperti kemarahan, mudah tersinggung, sedih, kecewa, cemas, atau panik.

Selain itu, seseorang yang mengidap atelophobia juga bisa menunjukkan gejala kognitif, seperti sulitnya untuk fokus terhadap apapun selain ketakutan mereka, rendah diri, kekecewaan ekstrem atas kesalahan yang dapat diabaikan, pandangan hidup yang pesimis, kecenderungan untuk menetapkan standar yang tidak realistis, serta sangat sensitif terhadap kritik.

Seringkali emosi dan kondisi mental ini kemudian memicu gejala fisik, seperti berkeringat, napas cepat dan terengah-engah, detak jantung meningkat, serta mulut kering. Akibat lainnya bisa berpengaruh pada gangguan tidur, perubahan nafsu makan, dan juga rasa gelisah.

2. Penyebab Atelophobia 

Atelofobia dapat bersifat biologis. Hal yang dirasakan yaitu selalu merasa tidak aman, sensitif, dan perfeksionis. Akan tetapi, phobia ini juga bisa merupakan akibat dari pengalaman traumatis terkait dengan kegagalan atau tekanan untuk menjadi sempurna yang dialami di masa sebelumnya. 

Baca juga :  Stunting pada Anak Indonesia Meningkat

Perfeksionisme sebenarnya merupakan ciri kepribadian yang dipelajari dan diperkuat melalui pengalaman, selain itu faktor lingkungan juga memainkan peran penting dalam hal ini. Ketika individu tumbuh di lingkungan yang kritis dan kaku, serta memiliki sedikit ruang untuk membuat kesalahan dan bersikap fleksibel, individu tersebut tidak belajar bagaimana menoleransi dan menerima ketidaksempurnaan.

Untuk itu, selain faktor biologis, atelophobia bisa juga disebabkan oleh tekanan dalam lingkungan di masa lalu.

3. Diagnosis Atelophobia 

Bukan berarti semua orang yang merasa memiliki sifat perfeksionis merupakan pengidap atelophobia. Untuk mengetahui diagnosis, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap ahli kesehatan mental, seperti halnya psikiater, psikolog, atau terapis yang berlisensi.

Umumnya, para ahli kesehatan mental akan mendiagnosa dan menangani tekanan emosional hanya jika keluhan yang dialami dalam intensitas dan frekuensi tinggi. Orang yang punya rasa takut berlebihan tentu akan melaporkan kesulitan dalam mengendalikan rasa takut, yang menyebabkan terganggunya fungsi sosial dan juga pekerjaan mereka.

4. Pengobatan Atelophobia 

Mencari solusi untuk mengobati atelophobia adalah proses kompleks yang membutuhkan waktu dan juga kesabaran. Orang dengan phobia ini mungkin akan merasakan adanya tekanan mental, emosional, atau fisik sehingga perlu mencari bantuan profesional untuk mengatasi ketakutan mereka dan mempelajari mekanisme penanganan untuk mengelola situasi yang dialami dengan lebih baik.

Baca juga :  Tren Clean Beauty, Skincare Investasi Masa Depan

Sama seperti mengatasi phobia lainnya, mengatasi atelophobia juga membutuhkan usaha dan kemauan dari diri sendiri untuk mengeksplorasi berbagai pengobatan, yang tentunya tetap butuh pendampingan khusus para ahli di bidangnya.

Fakta terbesar dari Atelophobia yaitu, phobia ini termasuk jenis phobia spesifik yang ditandai dengan rasa takut akan ketidaksempurnaan, yang tentunya menyebabkan berbagai gangguan psikologis. Pengidapnya mungkin menetapkan tujuan yang tidak realistis untuk diri sendiri dengan toleransi yang rendah terhadap kesalahan, yang sering kali mengakibatkan untuk menghindari situasi tertentu dan tak mampu menghadapi rasa takut dengan baik. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...