Home Olah Raga Aturan Baru Handball di EURO 2020

Aturan Baru Handball di EURO 2020

TELENEWS.ID – Euro 2020 dibuka dengan pertemuan antara Italia melawan Turki di Stadion Olimpico Sabtu (12/06) dini hari. Pertandingan tersebut juga akan menjadi kali pertama penerapan aturan baru soal handball. 

Mulai dikenalkan sejak bulan Maret lalu oleh International Football Association Board (IFAB), aturan ini diklaim akan memberikan lebih banyak kelonggaran kepada para penyerang. Pembaruan ini diterapkan untuk menghindari gol yang dibatalkan akibat handball pemain lain yang tidak disengaja. Pada dasarnya, aturan ini akan semakin menegaskan bahwa tidak semua sentuhan tangan atau lengan pemain dengan bola merupakan sebuah pelanggaran. 

Meski begitu, terdapat sebuah penekanan khusus pada definisi “sengaja” yang mengalami penambahan argumen pada “posisi tidak wajar” yang dilakukan pemain ketika menyentuh bola dengan tangan atau lengan. Dalam regulasi terbaru dinyatakan bahwa posisi yang tidak wajar adalah jika seorang pemain membuat tubuh mereka menjadi “lebih besar secara tidak wajar”.

Dipebaruinya regulasi ini sedikit banyak dipengaruhi karena banyaknya kritikan tentang aturan lama, terutama setelah pertandingan Premier League antara Fulham melawan Tottenham Hotspur pada 4 Maret. Ketika itu, Fulham yang mencetak gol penyama kedudukan melalui kaki Josh Maja terpaksa menerima kenyataan bahwa gol tersebut dianulir, setelah sebelumnya bola kedapatan menyentuh tangan Mario Lemina.

Berikut aturan baru handball yang akan mulai diterapkan pada Euro 2020 :

1. Secara sengaja menyentuh bola dengan tangan/lengan, contohnya menggerakkan tangan/lengan ke arah datangnya bola.

2. Menyentuh bola dengan tangan/lengan ketika tubuh dalam posisi tidak wajar dengan membuat tubuh menjadi  “lebih besar”.  Dalam hal ini, seorang pemain dianggap telah membuat tubuhnya lebih besar secara tidak wajar ketika posisi tangan/lengannya bukan merupakan konsekuensi dari, atau dapat dibenarkan oleh, gerakan tubuh pemain untuk situasi tertentu. Dengan menempatkan tangan/lengannya dalam posisi seperti itu, pemain mengambil risiko tangan/lengannya terkena bola dan dihukum; 

Baca juga :  Ketika FIFA Berupaya Mengubah Aturan Pertandingan Sepak Bola

 3. Mencetak gol secara langsung ke gawang lawan dari tangan/lengan, kendati tidak disengaja. Atau bilamana pemain mencetak gol segera setelah bola menyentuh tangan/lengan mereka, meskipun tidak ada gerakan yang disengaja.

Dengan regulasi tersebut maka handball yang tidak disengaja yang menyebabkan rekan setimnya mencetak gol atau memiliki peluang mencetak gol tidak akan lagi dianggap sebagai sebuah pelanggaran.

UEFA sebelumnya mengaku telah menemui perwakilan 24 tim untuk menjelaskan berbagai instruksi, pedoman serta beberapa aturan baru yang diberikan kepada ofisial pertandingan, dan untuk meminta feedback dari para pemain, pelatih, dan ofisial tim. Mereka menyebut presentasi kepada tim peserta tentang perubahan regulasi dan pedoman wasit menjelang Euro 2020 ini merupakan salah satu  faktor penting dalam kesuksesan turnamen tersebut.

Aturan mengenai handball sendiri pada sejarahnya mulai dikenal pada tahun 1863, sebelumnya para pemain diizinkan membawa bola dengan tangan. Sejak saat itu aturan terus diperbaharui seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan cara wasit dalam memandang handball. 

Perubahan terbesar pada aturan handball  di era modern bisa dibilang terjadi pada ahun 1992. Ketika itu, aturan backpass pada penjaga gawang mulai diperkenalkan. Regulasi tersebut melarang penjaga gawang untuk menyentuh  bola dengan tangan apabila bola itu diberikan oleh rekan setimnya menggunakan kaki. 

Baca juga :  Sejumlah Klub Liga 1 Liburkan Latihan Tim Selama Pemberlakuan PPKM Darurat

Sejak diterpkan di sepakbola modern, putusan tentang handball  memang telah menjadi sumber momen – momen paling kontroversial dalam sejarah sepak bola. Misal gol “Tangan Tuhan” milik legenda Argentina Diego Maradona kala kontra Inggris di Piala Dunia 1986. Atau Luis Suarez yang selamanya akan dibenci publik Ghana karena ulahnya yang sengaja menyentuh bola di perempatfinal Piala Dunia 2010.  (Krisna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...