Home Internasional Australia, India tanda tangani Kesepakatan Pertahanan dan Dagang

Australia, India tanda tangani Kesepakatan Pertahanan dan Dagang

TELENEWS. id, AUSTRALIA – India dan Australia meningkatkan hubungan mereka dengan serangkaian kesepakatan, Kamis (4/6), termasuk memperkokoh hubungan pertahanan dan kerjasama dalam isu-isu maritim Indo-Pasifik.

Kesepakatan-kesepakatan tersebut ditandatangani pada KTT virtual antara Perdana Menteri India Narendra Modi dan sejawatnya dari Australia, Scott Morrison.

Kesepakatan dukungan logistik bersama itu memberi kedua negara akses ke pangkalan-pangkalan militer satu sama lain. India dan Australia memandang pertahanan sebagai pilar penting hubungan bilateral dan baru-baru ini melangsungkan beberapa latihan militer gabungan.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne dalam sebuah pernyataan mengatakan, deklarasi militer dengan India menandai.

“sebuah langkah besar utama dalam hubungan keamanan dan pertahanan menuju Kemitraan Strategis Komprehensif “ antara kedua negara.

“Dengan Kemitraan Strategis Komprehensif antara India dan Australia, kami berusaha meningkatkan kerjasama kami,” kata Modi.

Morrison mengatakan, meningkatkan hubungan akan semakin membangun rasa saling percaya antara kedua negara.

Kedua negara juga menandatangani kesepakatan di bidang perdagangan dan teknologi siber.

Pertemuan India-Australia berlangsung pada saat hubungan mereka sedang tegang dengan China. India menuduh China memulai pertikaian sepanjang perbatasan mereka yang tidak jelas di Himalaya, di mana sejumlah pejabat India mengatakan tentara China berulangkali mengabaikan peringatan untuk meninggalkan Ladakh, sebuah wilayah yang dikontrol India.

China dan Australia bertikai dalam hal perdagangan, ambisi China di Laut China Selatan, dan, yang terkini, desakan Australia untuk dilangsungkannya penyelidikan internasional mengenai asal muasal wabah virus corona dan bagaimana China meresponsnya. (VOA)

Baca juga :  Australia Temukan Sebuah Klaster Virus Corona di Kapal Kargo
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Agar Tak Salah Pilih, Pertimbangkan 5 Faktor Ini Dulu Sebelum Membeli Tote Bag!

TELENEWS.ID - Praktis, simpel, dan memiliki banyak desain menjadikan tote bag sebagai pilihan banyak orang. Belakangan ini tas jinjing atau tote bag...

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...