Home Hiburan Seleb Bagaimana Nasib Stand Up Comedy Indonesia Saat Pandemi?

Bagaimana Nasib Stand Up Comedy Indonesia Saat Pandemi?

TELENEWS.ID- Tahun 2020 ini menjadi tahun yang sulit bagi sebagian besar orang. Terlebih untuk pelaku industri hiburan Stand Up Comedy.

Seni komedi tunggal ini sudah memulai eksistensinya sejak tahun 2011 lalu. Melejitnya Stand Up Comedy Indonesia tidak lepas dari peran Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Ryan Adriandhy, Ernest Prakasa, dan Isman HS.

Seiring berjalan waktu, eksistensi Stand Up Comedy Indonesia terus meningkat. Untuk mewadahi pelaku komedi, Stand Up Comedy Indonesia memiliki komunitas yang bernama Stand Up Indo.

Dari komunitas itu, tidak sedikit komika hadir menghiasi layar kaca dari berbagai macam program acara. Bahkan, ada pula komika yang melebarkan sayapnya di belakang layar industri hiburan. Seperti halnya menjadi sutradara, penulis, content creator hingga event organizer.

Menginjak sembilan tahun eksis di industri hiburan tanah air, bagaimanakah nasib Stand Up Indo saat menghadapi pandemi Covid-19?

Erwin Wu, Wakil Presiden Stand Up Indo menuturkan, untuk menjaga eksistensi kita terus memantau informasi update di beberapa daerah. “Sementara regional tetap membuat kegiatan, tetapi virtual seperti openmic atau sharing online,” ujar founder komunitas regional Stand Up Indo Jakarta Barat.

Baca Juga : Demi Anggota Keluarga, Buble Rela Kehilangan Karir

Sementara, lanjut Erwin, untuk beberapa regional masih membuat openmic online. “Dan internal mereka pun sudah menyusun rencana setelah pandemi berakhir ingin membuat show apa,” katanya saat dihubungi Telenews.

Senada dengan Erwin, Adjis Doa Ibu, Presiden Stand Up Indo menjelaskan, kita tetap ada sharing di grup Stand Up Indo. “Isinya perwakilan baik admin maupun ketua dari setiap komunitas di berbagai daerah di Indonesia. Jadi informasi selalu tersampaikan disana,” terangnya.

Adjis melanjutkan, entah mereka melakukan aktivitas apa, sudah bisa open mic atau belum karena di beberapa daerah sudah ada yang dilonggarkan. “Tapi tetap menjaga protokol kesehatan. Jadi kita tetap berkomunikasi, kalau eksistensi kita sempat membuat video anjuran terkait protokol kesehatan yang tidak jauh dari gaya kita yakni berkomedi,” ungkapnya.

Sejak pandemi, terusnya, kita liburkan terlebih dahulu untuk open mic. Katanya, khusus Jabodetabek yang diliburkan karena tingkat penyebaran covid-19 terbilang tinggi.

“Jadi kita khawatir kalau tetap diadakan open mic menjadi cluster baru,” paparnya

Ia pun menyayangkan, segala event Stand Up Comedy harus terpaksa terhenti. “Seharusnya event terbesar kita Stand Up Fest yang direncanakan 29-30 Oktober 2020 juga ikut terkendala. Jadi diundur ke tahun 2021 dengan harapkan sesuai rencana,” tutur Adjis.

Presiden Stand Up Indo berpendapat, kalau event via online seperti saat ini, kebanyakan dari teman-teman komika tidak mau ikut. Hal tersebut dikarenakan seni Stand Up Comedy sangat membutuhkan sekali penonton langsung dan intens.

“Beberapa dari komika juga pernah melakukan show melalui via online, tetapi setelah melakukan itu responnya cukup berat,” ujarnya.

Adjis mengakui, Stand Up Indo harus menghadapi masa yang cukup berat di tengah wabah Covid-19. “Terlebih di bulan Maret , kami merencanakan event kelas komedi langsung yang diadakan bersama Gilang Bhaskara ke bagian Indonesia Timur,” jelasnya.

Event tersebut difokuskan tepatnya di Papua. Pasalnya, di setiap regional Papua sudah ada komunitas Stand Up Indo. Adjis beserta anggota Stand Up Indo lainnya berencana memberikan wawasan Stand Up Comedy berupa praktek hingga membuat event.

“Rencananya itu satu bulan di sana (Papua). Semua itu untuk kebaikan komunitas agar dapat membentuk komika-komika hebat yang mewakili daerahnya,” ungkap komika Stand Up Indo Bekasi ini.

Ia berharap, semoga pandemi ini selesai. Setelah selesai pandemi, ia terus melanjutkan rencananya untuk pembekalan ke komunitas Stand Up Comedy di area Indonesia Timur dan juga melangsungkan Stand Up Fest.

“Dengan usia sembilan tahun ini, saya ingin memperkuat lagi eksistensi Stand Up Indo dari Aceh sampai Papua. Tetap kuat dan yakin suatu saat akan baik keadaannya,” tutupnya. (Dion)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...