Home Gaya hidup Bahasa Gaul yang Viral Di Era Generasi Z

Bahasa Gaul yang Viral Di Era Generasi Z

TELENEWS.ID – Beberapa minggu kebelakang ini, publik diramaikan dengan bahasa Keminggris Jaksel di sosial media. Bahasa ini bisa dibilang bahasa gaul generasi Z.

Entah dari mana awal mula bahasa itu berasal. Akan tetapi ada beberapa bahasa baru yang viral dari publik figur.

Sebut saja ada kata ‘ikoy-ikoyan’, ‘gelay’, dan ‘cetar membahana’. Diluar itu ada diksi-diksi membuat salah satu StandUp Comedian sekaligus sutradara kenamaan Ernest Prakarsa merasa aneh.

Ia sempat mengunggah sebuah unggahan sosial media yang berisikan pertanyaan, ”Siapa sih figur kreatif yang pertama kali memiliki inisiatif untuk mempopulerkan istilah JUJURLY?”

Bahkan, bahasa gaul tersebut menjadi populer di mesin pencarian Google. Apa saja bahasa-bahasa gaul yang ramai digunakan di sosial media?

  1. Bestie
    Kata bestie dalam penerjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yakni binatang buas. Namun, di bahasa gaul memiliki arti orang yang spesial dalam hubungan setiap individu.
    Atau sederhananya, bestie singkatan dari ‘best friend’ bagi generasi Z.
  2. Spill
    Salah satu kata ini bisa dibilang memiliki artian beda. Kata spill ada yang memiliki arti comel atau cerewet. Jika di sosial media Instagram, spill memiliki arti berbeda yakni bocoran atau kasih tahu. Kata-kata ini muncul di kolom komentar setiap orang yang mengunggah foto berlibur atau outfit yang dikenakan.
  3. Ikoy-ikoyan
    Istilah ikoy-ikoyan ini populer dari selebgram, Arief Muhammad karena aktivitasnya membagi-bagikan rezekinya baik uang atau makanan kepada followers Instagram.
  4. Gelay
    Salah satu kata ini viral dari seorang penyanyi Nissa Sabyan. Gelay merupakan plesetan dari kata geli.
  5. Insecure
    Jika dalam bahasa Indonesia, kata insecure memiliki arti merasa tidak aman. Namun, di bahasa gaul memiliki arti berbeda yakni kurang percaya diri, khawatir, ketakutan atau paranoid.
  6. Healing
    Seperti kata insecure, healing memiliki arti yang berbeda dari sebenarnya. Dalam bahasa gaul atau populer, healing diartikan proses penyembuhan luka batin. Ada pula anak gaul generasi Z menggunakan istilah tersebut sebagai aktivitas liburan di destinasi wisata alam.
  7. FWB
    FWB merupakan singkatan dari Friend With Benefit. Hubungan pasangan lawan jenis tanpa ikatan kekasih atau serius lainnya.
  8. Overthinking
    Istilah ini biasa diartikan sebagai pemikiran yang berlebihan. Sering kali digunakan dalam kondisi negatif bagi generasi Z dalam menyatakan sesuatu atau pemikiran.
  9. Mood swing
    Mood swing sering kali diartikan kondisi perubahan mood atau suasana hati. Perubahan mood seseorang ini cenderung kurang baik ataupun negatif yang dirasakan setiap orang.
  10. Jujurly
    Istilah ini cukup unik dan aneh. Kata jujurly ini diartikan sebagai maksud ‘jujur saja’ yang digunakan sebagai ungkapan mengakui sesuatu yang terjadi atau dirasakan.
Baca juga :  5 Zodiak Ini Lahirkan Wanita Tangguh dan Mandiri, Kamukah Salah Satunya?
Baca juga :  Harganya Mulai Naik Jelang Ramadan, Ini 5 Tips Menyimpan Cabai Agar Segar Lebih Lama

Itulah beberapa istilah bahasa gaul yang viral di tahun 2021 ini. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...