Home Gaya hidup Balapan Liar Menjadi Resmi?

Balapan Liar Menjadi Resmi?

TELENEWS.ID – Balapan liar di beberapa ruas jalan di Indonesia sudah sangat sering terjadi. Balapan liar biasa diadakan di jalanan halus seperti daerah perumahan elit pada malam hari.

Pada setiap ajang balap liar berbagai aktifitas diadakan, seperti modifikasi motor yang sebenarnya positif untuk mengasah kreativitas masyarakat menengah ke bawah yang memang memiliki keahlian dibidang mesin. Namun, hal negatifnya adalah penggunaan knalpot racing sangat berisik dan mengganggu warga sekitar.

Lomba memacu motor sampai garis finish yang sebenarnya membahayakan.Transaksi kemenangan lomba dengan uang yang sudah masuk dalam kategori judi, transaksi prostitusi dan narkoba, hingga aksi kriminal pencurian, pemalakan, sampai pada aksi keributan jika ada pihak yang kalah dalam lomba.

Penertiban yang dilakukan setiap unit kepolisian dan penindakan tegas terhadap pelopor aksi tetap tidak membuat jera masyarakat untuk kembali membuat event ini.

Untuk itu ada wacana dari Polda Metro Jaya bahwa pada 2022 balapan liar akan digelar secara resmi dengan pengawasan. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo bahwa kepolisian serius dalam memfasilitasi balapan liar ini yang rencana akan diadakan pada 15 Januari 2022 di Jakarta.

Bahkan pada 22 Desember 2021 lalu, kepolisian sudah membentuk Focus Group Discussion (FGD) dari berbagai pihak terutama pelaku yang paling sering tertangkap polisi sebagai tokoh dibalik terselenggaranya balapan liar. Jenis balapan liar itu sendiri akan diserahkan kepada para pelaku bakapan liar untuk memilih, antara drag race atau road race.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo telah mengadakan pertemuan pada Senin, 10 Desember 2021 lalu. Dari pertemuan ini mengasilkan ketetapan bahwa balapan liar resmi akan diadakan di Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga :  Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung dan Cara Alami Mengatasinya

Lokasi ini dipilih karena dianggap sesuai dengan kriteria jalan yang dibutuhkan untuk balapan. Di lokasi tersebut diketahui juga akan digunakan untuk mengadakan ajang balap mobil listrik, Formula E yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 2022 mendatang.

Sebelumnya pada November 2017 lalu, ajang balap liar resmi ini sudah pernah digelar oleh Yamaha Indonesia di Sentul Bogor dengan Yamaha Sunday Race (YRS) seri ke-4. Tujuan dari penyelenggaraan ini juga sama, yaitu mengurangi balapan liar yang membahayakan dan meresahkan masyarakat serta memfasilitasi bakat terpendam dari pemuda Indonesia. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...