Home Gaya hidup Balapan Liar Menjadi Resmi?

Balapan Liar Menjadi Resmi?

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Balapan liar di beberapa ruas jalan di Indonesia sudah sangat sering terjadi. Balapan liar biasa diadakan di jalanan halus seperti daerah perumahan elit pada malam hari.

Pada setiap ajang balap liar berbagai aktifitas diadakan, seperti modifikasi motor yang sebenarnya positif untuk mengasah kreativitas masyarakat menengah ke bawah yang memang memiliki keahlian dibidang mesin. Namun, hal negatifnya adalah penggunaan knalpot racing sangat berisik dan mengganggu warga sekitar.

Lomba memacu motor sampai garis finish yang sebenarnya membahayakan.Transaksi kemenangan lomba dengan uang yang sudah masuk dalam kategori judi, transaksi prostitusi dan narkoba, hingga aksi kriminal pencurian, pemalakan, sampai pada aksi keributan jika ada pihak yang kalah dalam lomba.

Penertiban yang dilakukan setiap unit kepolisian dan penindakan tegas terhadap pelopor aksi tetap tidak membuat jera masyarakat untuk kembali membuat event ini.

Untuk itu ada wacana dari Polda Metro Jaya bahwa pada 2022 balapan liar akan digelar secara resmi dengan pengawasan. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo bahwa kepolisian serius dalam memfasilitasi balapan liar ini yang rencana akan diadakan pada 15 Januari 2022 di Jakarta.

Bahkan pada 22 Desember 2021 lalu, kepolisian sudah membentuk Focus Group Discussion (FGD) dari berbagai pihak terutama pelaku yang paling sering tertangkap polisi sebagai tokoh dibalik terselenggaranya balapan liar. Jenis balapan liar itu sendiri akan diserahkan kepada para pelaku bakapan liar untuk memilih, antara drag race atau road race.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo telah mengadakan pertemuan pada Senin, 10 Desember 2021 lalu. Dari pertemuan ini mengasilkan ketetapan bahwa balapan liar resmi akan diadakan di Taman Impian Jaya Ancol.

Lokasi ini dipilih karena dianggap sesuai dengan kriteria jalan yang dibutuhkan untuk balapan. Di lokasi tersebut diketahui juga akan digunakan untuk mengadakan ajang balap mobil listrik, Formula E yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 2022 mendatang.

Sebelumnya pada November 2017 lalu, ajang balap liar resmi ini sudah pernah digelar oleh Yamaha Indonesia di Sentul Bogor dengan Yamaha Sunday Race (YRS) seri ke-4. Tujuan dari penyelenggaraan ini juga sama, yaitu mengurangi balapan liar yang membahayakan dan meresahkan masyarakat serta memfasilitasi bakat terpendam dari pemuda Indonesia. (Angela Limawan)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...