Home Daerah Bandara Esktrim Di Papua Membahayakan, Mengapa Belum Dibangun ?

Bandara Esktrim Di Papua Membahayakan, Mengapa Belum Dibangun ?

TELENEWS.ID – Di era Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia mempercepat berbagai pembangunan infrastruktur baik moda transportasi maupun fasilitas umum. Konsentrasi percepatan pembangunan terutama moda transportasi pemerintah pusat yang paling tinggi ada di Papua. Hal ini dilakukan agar masyarakat Papua dapat menikmati transportasi yang memudahkan kehidupan sehari-hari serta menurunkan bahan pokok yang sangat tinggi karena sulitnya jalur distribusi.

Hal yang hingga saat ini masih luput dari upaya pemerintah pusat untuk dilakukan perbaikan adalah Bandara atau jalur lapangan terbang. Hal ini dikarenakan Papua memiliki wilayah yang sangat luas dan sebagian besar masih merupakan hutan belantara. Sementara pendaratan pesawat kecil wajib dilakukan pemerintah pusat, daerah maupun pihak lain untuk melakukan berbagai kegiatan. Salah satu bandara atau jalur lapangan terbang terekstrim di Papua berada di Kabupaten Puncak yang merupakan lapangan terbang tertinggi di Papua dan Indonesia karena berada di kawasan pegunungan.

Salah satu alasan mengapa lapangan terbang ini cukup berbahaya adalah karena cuaca yang tidak bisa diprediksi serta angin kencang yang membahayakan proses take off pesawat. Peralatan pesawat yang canggih tidak menjamin keselamatan dalam menerbangkan dan mendaratkan pesawat melalui jalur ini, namun pilot berpengalaman dengan kemampuan khusus juga sangat dibutuhkan. Sebagian besar lapangan terbang di Kabupaten Puncak ini belum di aspal yang juga merupakan poin berbahaya terutama untuk roda pesawat.

Selain itu seluruh bandara yang berada di Kabupaten Puncak ini berada di distrik ibukota yang dihuni banyak penduduk lokal. Dengan belum adanya fasilitas memadai yang dibangun di sana, cukup membahayakan bagi penduduk sekitar terutama anak-anak. Anak-anak masih banyak yang mendekati pesawat ketika pesawat akan landing maupun take off karena rasa penasaran mereka.

Baca juga :  75 Persen Tenaga Kesehatan Sumbar Telah Divaksinasi Tahap Pertama

Di Kabupaten Puncak sendiri terdapat banyak jalur lapangan terbang seperti Aminggaru Ilaga, Sinak, Reoga, Doufo, Bina, Wangbe, Jila, Jita, dan Agandugume. Bandara Aminggaru Ilaga sendiri berada diketinggian 2,316 kaki diatas permukaan laut. Panjang landasan terbang adalah 600 meter dengan lebar 18 meter. Bandara ini melayani rute penerbangan Ilaga-Wamena, Ilaga-Sentani, Ilaga-Nabire, dan Ilaga-Timika. Fasilitas bandara di Aminggaru Ilaga merupakan fasilitas terbaik jika dibandingkan dengan bandara lain di Kabupaten Puncak.

Jaringan listrik di bandara ini sudah tersedia 24 Jam yang berasal dari pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Selain itu jaringan komunikasi di bandara ini juga sudah menggunakan 4G dari Kominfo sehingga tidak terjadi kendala komunikasi sekalipun berada di lokasi cukup tinggi dan perhutanan.

Lapangan terbang ekstrim lainnya di Papua adalah lapangan terbang Doufo di mana lapangan terbang ini masih menggunakan tanah merah pada landasannya dan terkadang tertutup dengan rumput yang cukup tinggi. Selain itu jalur terbang pesawat dari landasan ini cukup berbahaya karena dikelilingi banyak bukit tinggi sehingga dibutuhkan keahlian menerbangkan pesawat yang sangat baik.

Baca juga :  Kampung Bahari Nusantara Promosikan Wisata Pesisir 

Di area landasan pesawat juga terdapat Sungai Mamberamo yang membuat landasan terkadang menjadi lembab bahkan basah. Hal ini sangat membahayakan pesawat terutama saat melakukan landing dan take off. Di area ini selain masih banyaknya masyarakat terutama anak-anak yang selalu mendekati pesawat sekalipun akan melakukan landing atau take off, banyak sekali hewan liar yang bisa mengganggu penerbangan baik darat maupun udara. Jika seorang pilot tidak berkonsentrasi penuh saat menerbangkan pesawat dan terganggu oleh hewan liar di sekitar bukit, maka akan sangat berakibat fatal. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...