Home Ekonomi Ekonomi Makro Bank Indonesia Optimis Ekonomi Nasional Pulih Di Tahun 2021

Bank Indonesia Optimis Ekonomi Nasional Pulih Di Tahun 2021

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Bank Indonesia (BI) menyatakan optimis, ekonomi Indonesia akan segera pulih di tahun 2021 dengan adanya penguatan sinergi di semua lini, lima strategi dan satu prasyarat penting yang harus dipenuhi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) tahun 2020 ini. Mengangkat tema “Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi” kegiatan ini diselenggarakan secara virtual.

Prasyarat yang dimaksud adalah terlaksananya vaksinasi dan penerapan disiplin protokol Covid-19. Sementara, yang menyangkut lima strategi respons kebijakan adalah sebagai berikut:

1) pembukaan sektor produktif dan aman,
2) percepatan stimulus fiskal (realisasi anggaran),
3) peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran,
4) stimulus moneter dan kebijakan makroprudensial,
5) digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM.

Tidak hanya itu, ada pula bauran kebijakan Bank Indonesia tahun 2020 dalam memperkuat stabilitas, serta mendukung pemulihan ekonomi nasional. Bauran tersebut terdiri dari:

• Kebijakan Stabilisasi Nilai Tukar Rupiah
• Stimulus Kebijakan Moneter
• Bauran Kebijakan Moneter dan Kebijakan Makroprudensial
• Pelaksanaan Undang-Undang No. 2 Tahun 2020: Mendukung Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan
• Digitalisasi Sistem Pembayaran: Percepatan Integrasi Ekonomi dan Keuangan Digital Nasional
• Pendalaman Pasar Uang: Efektivitas Transmisi Kebijakan dan Pembiayaan
• Pemberdayaan Ekonomi-Keuangan Syariah dan UMKM
• Penguatan Kebijakan Internasional
• Transformasi Bank Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Presiden RI, Joko Widodo, menekankan bahwa momentum pertumbuhan positif ini harus dijaga.

Presiden menegaskan, pelaksanaan protokol kesehatan harus terus dilakukan dengan disiplin dan terus waspada. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah agar tidak muncul pandemi gelombang kedua yang akan merugikan upaya dan pengorbanan yang telah dilakukan.

Setiap tahun, Bank Indonesia menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI). Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan keenam kalinya yang dilakukan Bank Indonesia.

Ada tiga kegiatan utama dalam acara ini, antara lain penyampaian arah strategi kebijakan Bank Indonesia ke depan oleh Gubernur Bank Indonesia dan penyampaian arahan Presiden Republik Indonesia. Selain itu, juga dilakukan pengumuman serta penyerahan BI Awards yang merupakan bentuk apresiasi BI atas kinerja baik mitra strategis BI dalam mendukung pelaksanaan tugas BI setiap tahunnya.

(Dion)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...