Home Teknologi Bapak Internet Modern Lelang Kode Source World Wide Web, Laku 78 M!

Bapak Internet Modern Lelang Kode Source World Wide Web, Laku 78 M!

TELENEWS.ID – Kode sumber atau source code yang dipakai untuk menciptakan World Wide Web (WWW) belum lama dilelang oleh pembuatnya, Sir Tim Benners-Lee. Pria yang dianggap sebagai salah satu bapak internet modern itu berhasil menjual karyanya tersebut seharga USD 5,340,000 atau senilai Rp. 78 Miliar.

Lelang yang dilakukan lewat perusahaan seni terkemuka Sotheby’s tersebut berisi code source World Wide Web dan seluruh elemennya. Terdapat hampir 10 baris kode yang disertakan dalam format Non-Fungible Token (BFT) tersebut, termasuk yang masih kita gunakan saat ini seperti HTML dan HTTP.

Tidak hanya itu, dalam bundle NFT Code Source yang dilelang tersebut ada pula surat dari Sir Berners-Leee, file vektor yang bisa dicetak menjadi poster dan sebuah video animasi hitam putih berdurasi 30 menit yang memperlihatkan ketika kode tersebut diketik.

Sir Berners-Lee sendiri mengaku antusias untuk menjual ciptaannya sebagai karya seni NFT karena dinilainya sangat cocok dengan nilai karyanya tersebut. Ia juga menyanjung gagasan NFT sebagai kreasi terbaru yang menarik.

“Kenapa NFT? Itu adalah hal yang wajar untuk dilakukan seperti ketika Anda seorang ilmuwan komputer dan ketika Anda menulis kode dan telah melakukannya selama bertahun-tahun,” papar Berners-Lee seperti dilancir media BBC. “Rasanya tepat untuk membubuhkan tanda tangan saya di artefak yang sepenuhnya digital,” imbuhnya kemudian.

Adapun keputusan Berners-Lee untuk menjual karyanya tersebut cukup mengejutkan banyak kalangan. Pasalnya, sejak pertama kali menciptakan code source World Wide Web pada tahun 1989 silam, ia tidak pernah sepeser pun mengambil keuntungan dari ciptaannya, baik secara hak paten maupun royalti. 

CERN, yang menjadi perusahaan tempat kerja Berners-Lee saat ini, melepaskan semua hak atas teknologi tersebut dan memasukkannya sebagai domain terbuka di tahun 1993. 

Baca juga :  Ini Cara Hapus Diri Dari Internet

Tim tak pernah mematenkan code source WWW karena khawatir Web tidak dapat berkembang bila dibatasi dengan kewajiban biaya atau kontrol lainnya. Nah, dengan adanya NFT ini, agaknya menjadi alternatif lain bagi Bapak Internet untuk bisa menegaskan “kepemilikan” atas ciptaannya itu.

Lelang Code Source World Wide Web dilakukan Sotheby’s sebagai bagian dari pelelangan online bertajuk ‘This Changed Everything’ (ini mengubah segalanya). Hasil dari lelang itu akan disumbangkan ke organisasi amal yang dipilih sendiri oleh Berners-Lee dan istrinya. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...