Home Ekonomi Bappebti Tetapkan Undang-Undang Perdagangan Aset Kripto di Indonesia

Bappebti Tetapkan Undang-Undang Perdagangan Aset Kripto di Indonesia

TELENEWS.ID – Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah selesai melakukan penggodokan aturan terkait perdagangan mata uang kripto di Indonesia dengan Kementerian Perdagangan (kemendag). Dimana akhirnya memberikan kepastian hukum terkait perdagangan aset kripto di Indonesia.

Aturan ini sebenarnya sudah ada sejak 17 Desember 2020, namun belum diaplikasikan secara menyeluruh. Pasalnya saat itu beberapa pihak terkait seperti Kemendag dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum memberikan persetujuan langsung.

Namun kini aturan tersebut telah disepakati dan siap menjadi payung hukum untuk perdagangan aset kripto di Indonesia. Maklum saja, Indonesia menjadi salah satu negara yang juga tertarik dengan mata uang kripto, bagaimana tidak jika sering kali terjadi lonjakan harga perdagangan dengan nominal yang menggiurkan.

Dilansir dari laman resminya, Bappebti berhasil menyusun empat aturan tertulis yang memberikan payung hukum tetap terkait dengan perdagangan komidi digital terkait dengan aset kripto secara legal. 5 Peraturan tersebut sebagai berikut :

1. Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 ini akan mengatur tentang Penyelenggaran Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

2. Peraturan Bappebti No 3 Tahun 2019 ini akan mengatur Tentang Komoditi yang akan Dijadikan Subjek Kontrak berjangka, Kontrak Derivatif Syariah dan Kontrak Derivatif lainnya, inilah kontrak legal yang akan digunakan dalam Bursa Berjangka.

3. Peraturan Bappebti No 4 Tahun 2019 ini akan mengatur tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka

4. Peraturan Bappebti No 5 Tahun 2019 ini akan mengatur tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka

5. Peraturan Bappebti No 7 Tahun 2020 ini akan mengatur Tentang Penerapan Aset Kripto yang Dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Baca juga :  Ekonomi Kaum Urban: Mereka yang Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

Dari kelima aturan tersebut, Peraturan Bappebti No 7 Tahun 2020 yang akan dijadikan payung hukum dalam setiap transaksi perdagangan aset kripto. Dimana secara regulasi Bappebti telah menerapkan 229 jenis aset kripto yang terdaftar dan boleh diperdagangkan. Sedangkan produk aset kripto yang tidak masuk dalam daftar, maka tidak bisa diperdagangkan atau wajib masuk dalam delisting terlebih dahulu untuk mendapatkan payung hukum.

Tujuan Bappebti menerapkan Peraturan Bappebti No 7 Tahun 2020 untuk menjadi payung hukum setiap perdagangan transaksi aset kripto. Terlebih lagi Indonesia menjadi pasar aset kripto yang menjanjikan, dimana harga aset kripto semakin melambung tinggi.

Selain itu, adanya aturan baru tersebut juga menciptakan dan meningkatkan iklim investasi menjadi lebih kondusif, terlebih lagi perdagangan aset kripto sedang mencapai titik tertinggi, sehingga menarik banyak minat investor baru. Bahkan Bappebti ingin memberikan rasa aman dan nyaman untuk setiap transaksi, sehingga bisa mencegah penggunaan aset kripto ilegal yang merugikan.

Baca juga :  Wah! Rupanya Bitcoin Sempat Dijadikan Alat Transaksi Narkoba Di Indonesia

Bahkan adanya Peraturan Bappebti No 7 Tahun 2020 juga bertujuan melindungi dari penyalahgunaan yang bertujuan menguntungkan salah satu pihak saja. Adanya aturan ini juga mencegah terjadinya pencucian uang (money laundry), pendanaan terhadap tindakan terorisme hingga pengembangkan senjata ilegal.

Dimana Bappebti kini telah membuka pendaftaran untuk perusahaan yang memperdagangkan aset kripto secara legal. Kini terpantau baru 13 perusahaan yang melakukan pendaftarans ecara resmi, kenapa harus mendaftarkan diri? Ini sangat penting bagi perusahaan dan calon pedagang fisik aset kripto. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...