Home Gaya hidup Baru Tahu Ternyata 6 Makanan Ini Punya Kandungan Vitamin C Lebih Tinggi...

Baru Tahu Ternyata 6 Makanan Ini Punya Kandungan Vitamin C Lebih Tinggi Daripada Jeruk

TELENEWS.ID – Selama ini jeruk dikenal sebagai buah dengan kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan sering kita melihat iklan makanan dan minuman, yang menggunakan buah jeruk sebagai simbol sumber vitamin C terbaik.

Namun faktanya, jeruk ternyata bukanlah Peneliti menyebut jeruk memiliki 70 mg vitamin C dalam satu jeruk berukuran sedang, setara dengan yang kita butuhkan untuk memenuhi dosis harian. Vitamin C penting untuk sintesis kolagen, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan penyerapan zat besi untuk vegetarian dan vegan.

Namun ternyata jeruk bukan satu-satunya buah atau makanan dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi. Seperti dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa jenis makanan lain yang memiliki kandungan vitamin C yang bahkan lebih tinggi daripada jeruk, seperti:

  1. Brokoli
    Sayuran berwarna hijau ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sayuran yang bisa dimasak dengan cara di tumis atau sebagai campuran sup ini, menyediakan 132 mg vitamin C ditambah serat da hanya mengandung 30 kalori per porsi. Plus, penelitian menunjukkan brokoli memiliki zat yang membantu untuk pencegah kanker.
  2. Cabai
    Mungkin tak banyak yang tahu bahwa dibalik rasanya yang pedas, cabai ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Setengah cangkir cabai cincang atau yang dipotong dadu mengandung 107,8 mg vitamin C. Selain itu, peneliti dari University of Buffalo menemukan bahwa capsaicin, senyawa yang membuat cabai menjadi panas; dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot.
  3. Jambu biji
    Jambu biji adalah buah tropis yang umum dibudidayakan di banyak daerah tropis dan subtropis. Meskipun jarang sekali yang memiliki rasa asam, namun ternyata buah dengan nama Latin Psidium guajava ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk. Jambu biji mengandung 228 mg vitamin C per 100 gramnya. Satu buah jambu biji memberikan 138% dari nilai harian untuk kebutuhan vitamin ini. Sebuah penelitian yang melibatkan 45 orang muda yang sehat menemukan bahwa mereka yang makan 400 gram jambu biji kupas per hari, secara signifikan menunjukkan penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol.
  4. Pepaya
    Rasanya yang manis, mudah didapat di mana saja dan harganya murah menjadikan pepaya sebagai buah favorit banyak orang. Selain lezat, pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi loh guys. Penelitian menunjukkan bahwa makan pepaya dapat membantu membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang. Satu porsi cangkir pepaya memberikan 88,3 mg vitamin C.
  5. Kale
    Sayuran dengan nama ilmiah Brassica oleracea var. sabellica ini memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas, sehingga sering dijadikan campuran salad. Kale ternyata tak hanya penuh nutrisi namun juga tinggi kandungan vitamin C nya. Porsi 100 gram kale mentah menyediakan 93 mg vitamin C, atau 103% dari kebutuhan harian. Sayuran juga tinggi vitamin K, karotenoid lutein dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi.
  6. Stroberi
    Rasa asam manis pada stroberi menjadikannya buah favorit banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa stroberi tinggi sekali vitamin C, bahkan jika dibandingkan dengan jeruk? Satu cangkir irisan stroberi atau sekitar 166 gram, menyediakan 97 mg vitamin C atau 108% dari kebutuhan harian kita. Selain itu stroberi mengandung campuran vitamin C, mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan bermanfaat lainnya.(Yuyun Amalia)
Baca juga :  PTM Terbatas Mulai Dilaksanakan, Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat Kembali Sekolah
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...