Home Gaya hidup Baru Tahu, Ternyata Ini Penyebab Sering Kencing Saat Cuaca Dingin

Baru Tahu, Ternyata Ini Penyebab Sering Kencing Saat Cuaca Dingin

TELENEWS.ID – Meski sudah memasuki bulan Januari, namun hujan lebat ditambah angin kencang masih menerpa beberapa wilayah di Indonesia. Otomatis udara juga semakin dingin, seiring dengan hujan yang terus mengguyur selama berjam-jam.

Namun apakah kamu menyadari bahwa ketika musim hujan dan udara terasa dingin, kita menjadi lebih sering buang air kecil atau kencing? Memang tak bisa dipungkiri bahwa saat udara menjadi semakin dingin, frekuensi kita untuk pergi ke toilet untuk buang air kecil juga semakin meningkat.

Harus buang air kecil lebih sering di saat udara dingin atau semasa musim hujan seperti ini benar-benar kondisi yang normal. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal sebagai cold diuresis.

Apa itu cold diuresis? Ketika tubuh terekspos oleh udara yang dingin, pembuluh darah secara alami kemudian menyempit. Hal ini terjadi agar tubuh dapat mengarahkan aliran darah ke organ vital di dalam tubuh

Ginjal bertanggung jawab untuk membuat urine sebagai cara untuk menyaring limbah dari darah. Pada suhu rata-rata, tubuh biasanya akan menghasilkan sekitar 1 hingga 2 liter urine.

Sedangkan saat cuaca dingin, hal ini akan menyebabkan tubuh perlu menyaring lebih banyak darah dari biasanya, karena darah mengalir ke organ vital dengan frekuensi yang lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan kamu harus buang air kecil lebih sering. Tentu, ini adalah hal yang menjengkelkan karena kamu jadi lebih sering ke kamar mandi, tetapi ini adalah kondisi yang sangat normal.

Meski kondisi ini normal, namun menurut Steve Garnett, Konsultan Urologi Utama di Rumah Sakit Benenden beberapa orang mengalami masalah kesehatan lantaran terlalu sering buang air kecil saat musim dingin tiba.

“Memang benar bahwa kencing semakin sering saat cuaca dingin. Karena kita cenderung lebih sedikit berkeringat dan akibatnya. Kondisi ini membuat kita kehilangan lebih sedikit cairan melalui keringat sehingga tubuh malah menghasilkan lebih banyak urine. Jadi akan ada kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering” ujar Dr. Garnett.

Baca juga :  7 Penggunaan Sheet Mask yang Salah Kaprah

“Bagi kebanyakan orang ini adalah kondisi yang normal. Tetapi bagi sebagian orang kandung kemih mereka yang terlalu aktif dapat mulai mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Pada titik inilah mereka harus mencari bantuan medis atau Konsultan Urologi” tambahnya lagi.

Kamu mungkin berfikir untuk mengurangi minum agar tak terlalu sering buang air kecil saat musim hujan seperti sekarang ini. Namun hal itu bukanlah suatu yang dianjurkan. Ini karena akan menyebabkan kamu mengalami dehidrasi atau bahkan gangguan saluran kencing sebab lantaran kamu tak memproduksi banyak urine.

Meskipun cold diuresis adalah hal yang normal, kamu harus khawatir kalau sering buang air kecil berlebihan dan terlalu sering saat udara yang dingin seperti sekarang ini. Para ahli kesehatan percaya bahwa peningkatan kebutuhan untuk menggunakan kamar mandi, dapat menjadi salah satu tanda pertama hipotermia.

Baca juga :  Selain Nikmat, Cokelat Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Hipotermia adalah kondisi yang mengancam nyawa, yang menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak panas. Hal ini dapat mengakibatkan seorang menggigil, kebingungan, sesak napas hingga kematian.

Selain itu saat udara menjadi dingin seperti musim hujan seperti sekarang ini dan kamu kebelet ingin buang air kecil, jangan coba-coba untuk menahannya terlalu lama. Karena satu-satunya hal yang lebih tidak nyaman daripada harus buang air kecil yang sering di musim hujan, adalah berakhir dengan infeksi saluran kemih karena mencoba menahan buang air kecil terlalu lama. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...