Home Pilihan Basuki Sebut Pembangunan Infrastruktur Miliki Peran Bangkitkan Pertumbuhan Ekonomi

Basuki Sebut Pembangunan Infrastruktur Miliki Peran Bangkitkan Pertumbuhan Ekonomi

Menteri PUPR, basuki Hadimuljono (ist)

TELENEWS.id, JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan,  di tengah kondisi krisis karena Covid-19 yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang melambat. Maka infrastruktur miliki peran penting untuk bangkitkan kembali . 

Basuki menyebutkan,  dampak Covid-19 telah menjangkit capaian ekspor dan impor serta investasi yang menyentuh angka minus pada kuartal dua,  termasuk daya beli masyarakat yang turun. 

“Kita ingin mempertahankan di kuartal tiga ini mendekati nol. Untuk itu,  salah satunya instrumen untuk pemulihan ekonomi adalah APBN melalui pembangunan  infrastruktur, ” kata Basuki beberapa waktu lalu. 

Basuki menjelaskan,  terdapat lima tantangan dalam pembangunan infrastruktur di Kementerian PUPR dalam lima tahun mendatang. Yaitu dispaeitas, daya saing nasional,  urbanisasi, dan ketahanan pangan. 

Namun, terkait daya saing nasional,  MenPUPR menyampaikan, meskipun sudah meningkat tetapi belum cukup. Misalkan saja,  Indonesia masih kalah bersaing saat puluhan industri melakukan relokasi pabrik,  namun tidak ada yang masuk ke Indonesia melainkan lebih memilih ke Thailand dan Vietnam. 

“Daya saing kita masih kurang,  termasuk ketersediaan infrastruktur. Untuk itu kedepan,  jalan tol dapat disambungkan ke kawasan ekonomi. Saya sudah tidak lihat lagi itu jalan provinsi dan kabupaten,  pasti saya kerjakan untuk menyambungkan jalan tol tersebut ke kawasan wisata dan industri,  agar dapat berfungsi, ” ucapnya. 

Selain itu, untuk pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19, KemenPUPR telah membuat program padat karya tunai di daerah. 

Sementara itu, kegiatan reguler juga didorong menggunakan tenaga manusia selama 2-3 bulan atau semi padat karya. 

“Kami baru menandatangi,  Pak Dirjen SDA untuk rehabiltasi irigasi di Rentang,  Indramayu,  sekitar Rp 3,1 triliun,  sebab itu proyek besar-besaran, saya minta 2-3 bulan pakai manusia,  yang penting orang bekerja,  mempertahankan daya beli diperdesaan, ” ungkap Basuki. 

Baca juga :  Dukung Ketahanan Air Nasional, KemenPUPR Targetkan Pembangunan 500 ribu Hektar Irigasi

Menurut dia,  untuk ketahanan pangan,  Kementerian PUPR sedang mengembangkan lumbung-lumbung pangan baru yanh potensial di luar Pulau Jawa. 

Lima Program Prioritas KemenPUPR Tahun 2020-2021

Dia mengungkapkan, untuk menghadapi tantantang itu,  terdapat lima program prioritas pada 202-2021 adalah penataan limas kawasan strategis pariwisata, percepatan pembangunan jalan tol,  padat karya tunai, pengembangan kawasan food estate,  dan pengembangan sumber daya manusia. 

“Untuk DIPA PUPR sebesar Rp 120 triliun dengan adanya Covid-19, hemat Rp 44 triliun untuk menangani Covid-19.Kami sudah bersepakat dengan teman-teman Dirjen,  berapa pun yang diminta negara,  kami berikan,  karena apapun kalau pembangunan infrastruktur tidak mungkin dibatalkan tapi bisa ditunda, ” jelasnya. 

Kemudian,  adapun untuk anggaran penataan lima kawasan strategis pariwisata tidak disentuh dan tetap dikerjakan. 

Baca juga :  CERI : Sudah 30 Hari Janji Jokowi, Pertamina Belum Turunkan Harga BBM dan LPG

Untuk percepatan pembangunan jalan tol, Basuki mengatakan akan segera menyelesaikan Trans Jawa yang tersisa ruas tol Probolinggo-Banyuwangi. Dia menambahkan dengan adanay tol Trans Jawa telah membantu ekonomi petani mangga di Pasuruan dengan memperkirakan waktu tempuh.

Tekait, untuk padat karya tunai, Basuki membeberkan,  diprogamkan sekitar Rp11 triliun yang diperkirakan akan menyerap 614 ribu tenaga kerja dan sudah berprogres 15 persen di seluruh Indonesia.(Rio).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...