Home Gaya hidup Bawang Putih Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Bawang Putih Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

TELENEW.ID – Adakah di antara Anda yang menjadikan bawang putih sebagai penyedap favorit dalam setiap masakan? 

Ternyata, selain sebagai salah satu bumbu dapur, bawang putih memiliki banyak manfaat lain.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari bawang putih:

Perawatan Rambut

Fungsi bawang putih salah satunya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaat bawang putih ini tentunya menjadi andalan bagi Anda yang sedang melakukan perawatan rambut. 

Jika Anda sudah membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk melakukan treatment di klinik, atau Anda terlanjur membeli produk penyubur rambut yang membuat kantong bolong, maka Anda perlu mencoba manfaat bumbu dapur yang satu ini. 

Ternyata bawang putih terdapat senyawa yang dikenal sebagai Allicin. Manfaat Allicin di dalam bawang putih sangat kuat, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Sebuah penelitian pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology juga mengungkapkan, bahwa bawang putih memang bisa mengatasi rambut rontok. 

Mazandaran University Faculty of Medicine Iran, menemukan bahwa bawang putih mengandung Sulfur dan Selenium yang dapat membantu memperkuat struktur batang rambut. Ada juga Kalsium, Zinc dan Anti Mikroba yang bisa mencegah kerusakan kulit kepala dengan membunuh kuman dan bakteri.

Mengobati Sinusitis

Bagi Anda yang memiliki riwayat Sinusitis atau lebih akrab disebut Sinus. Anda mungkin sudah pernah mengkonsumsi obat Gold Gamat yang harganya cukup mahal. 

Nah, Anda bisa mencoba bawang putih sebagai alternatif pengobatan Sinus. Karena bawang putih mengandung Anti Bakteri, Anti Inflamasi dan Anti Jamur. 

Ketiga Anti ini sangat dibutuhkan bagi penyembuhan Sinusitis. Bawang putih dapat mengobati Sinusitis dengan mengurangi radang di rongga hidung, sehingga memberikan rasa lega dan mengurangi sakit kepala akibat Sinusitis. 

Tidak hanya itu, bawang putih juga bisa menyembuhkan pilek dan batuk biasa. 

Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik dan mudah terkelupas. Terkadang disertai dengan rasa gatal dan nyeri.

Bawang putih yang memiliki sifat Anti Inflamasi dapat menenangkan kulit pada gejala Psoriasis. 

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet ketat, solusi murah meriah dan mudah bisa dengan bawang putih ini. Karena bawang putih mengandung enzim yang dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. 

Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa bawang putih memiliki nutrisi tinggi, tetapi rendah kalori. Dilansir dari The Journal of Nutrition pada tahun 2011 ini, menunjukkan bahwa bawang putih mempengaruhi jumlah lemak tubuh. 

Kemudian pada penelitian lain pada tahun 2012, menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih membantu mengurangi indeks massa tubuh manusia. Namun, konsumsi bawang putih harus tetap dikombinasikan dengan olahraga dan perubahan gaya hidup lainnya. 

Baca juga :  Sempat Disebut Manjur Melawan COVID, Ijin Obat Lian Hua Dibekukan BPOM

Mengobati Jamur

Salah satu penyakit yang disebabkan karena jamur adalah Athlete’s Foot. Penyakit ini adalah kondisi jamur yang mengakibatkan seseorang mengalami gatal, nyeri dan terasa terbakar di daerah kaki. Dan, biasanya sering terjadi pada orang yang kakinya sering basah, berkeringat atau sering menggunakan sepatu ketat. 

Bawang putih yang memiliki Anti Jamur yang menghancurkan jamur di kaki itu. Ada studi yang menerangkan bawang putih kemungkinan berevolusi dengan senyawa belerang lainnya yang berfungsi untuk pertahanan alami terhadap serangan pemangsa dan patogen, termasuk jamur. 

Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan gejala infeksi virus yang ditandai dengan adanya lecet atau luka di tempat-tempat seperti di tenggorokan atau sekitar mulut. 

Lagi-lagi, solusi ampuh untuk mengobati sariawan ini adalah bawang putih. Karena bumbu dapur ini memiliki sifat Anti Mikroba, yang bisa membantu memulihkan sariawan. 

Mengurangi Jerawat Bengkak

Bagi Anda yang mengalami jerawat pada tingkat Cystic Acne, yang sering disebut jerawat batu yaitu jerawat yang bentuknya cenderung lebih besar, keras dan merah. Seringkali menimbulkan rasa sakit dan lebih gatal dibandingkan jerawat biasa. 

Baca juga :  Pernah Rasakan Sensasi Terjatuh Ketika Akan Terlelap? Ini Jawabannya!

Biasanya bersifat hormonal, dan sering terjadi pada remaja atau usia muda. 

Bawang putih bisa mengobati jerawat batu, karena bumbu dapur ini memiliki keseimbangan hormon yang cukup kuat. 

Meredakan Infeksi Tenggorokan

Bawang putih juga mempunyai khasiat untuk meredakan infeksi tenggorokan yang biasanya diakibatkan bakteri. Bakteri-bakteri yang terakumulasi di tenggorokan ini menyebabkan rasa sakit dan iritasi. 

Lagi-lagi bawang putih yang memiliki sifat Anti Bakteri, ternyata cukup mampu meredakan infeksi tenggorokan.

Meningkatkan Imunitas

Bawang putih mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Dan, seperti diketahui vitamin C adalah nutrisi utama yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh atau sering disebut sistem imunitas. 

Bawang putih yang mengandung vitamin C jumlah tinggi tersebut dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. 

Ada baiknya juga, jika sering menggunakan bawang putih dalam setiap masakan. 

Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya disertai ketegangan pada leher atau sering sakit kepala. 

Bawang putih dapat membantu mengurangi hipertensi, karena bawang putih mengandung Antioksidan dan Allicin yang berfungsi mengurangi kekuatan aliran darah melewati arteri. Dan, perlu diketahui, aliran darah ke arteri ini yang membuat hipertensi.

Dengan kata lain, bawang putih juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan kondisi serius lainnya, seperti stroke. 

Penulis: Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....