Home Kesehatan Kecantikan Beda Eye Cream dan Eye Serum, Mana yang Terbaik untuk Dipakai?

Beda Eye Cream dan Eye Serum, Mana yang Terbaik untuk Dipakai?

TELENEWS.ID – Eye serum vs eye cream, apa bedanya? Bagi kebanyakan orang, keduanya mungkin terdengar seperti pengganti satu sama lain. Tetapi benarkah begitu?

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan eye cream dan eye serum, kita harus tahu bahwa mata menjadi salah satu bagian tubuh yang paling terlihat perubahannya saat kita bertambah usia.

Seiring bertambahnya usia, kulit secara bertahap kehilangan elastisitasnya dan mulai terkulai. Efek kendur ini paling jelas terlihat di wajah, terutama di area sekitar mata. Ini karena jaringan di sekitar otot “levator” yang menahan kelopak mata, meregang dan melemah seiring bertambahnya usia. Kondisi bisa membuat kelopak mata terlihat terkulai perlahan seiring waktu.

Untuk mengatasi kondisi ini, ada dua produk skincare yang cukup disarankan yakni eye serum dan eye cream. Namun apa beda keduanya dan mana yang paling efektif mengatasi tanda penuaan dini?

Eye Serum
Sama seperti serum wajah, serum mata mengandung bahan aktif konsentrasi tinggi untuk mengatasi masalah tertentu. Diformulasikan khusus untuk area bawah mata dengan formula dan tekstur yang cair. Bahan-bahan ini biasanya memiliki berat molekul yang lebih kecil, yang memungkinkan untuk menembus permukaan kulit dengan lebih baik.

Serum mata biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit area mata yang umum. Contohnya termasuk lingkaran hitam, kantong mata, mata yang terlihat lelah, dan kerutan halus sekitar mata. Untuk memilih serum mata dengan bahan yang tepat, semua itu tergantung pada kondisi kulit yang kamu hadapi.

Misalnya, kafein adalah bahan yang sangat disukai di sebagian besar serum mata. Dalam perawatan kulit, kafein bekerja sebagai antidiuretik yang berarti dapat membantu retensi air yang menyebabkan kantung mata tampak bengkak. Selain itu kafein secara ilmiah terbukti meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah kelebihan lemak menumpuk di area bawah mata.

Eye Cream
Kamu dapat menganggap krim mata sebagai pelembab wajah tradisional, tetapi khusus untuk area mata saja. Eye cream umumnya memiliki rasio bahan aktif yang lebih rendah dibandingkan bahan non-aktif pada eye serum.

Baca juga :  Argireline dan Botox: Serupa Tapi Tak Sama

Kebanyakan eye cream memberikan sifat pelembab. Meskipun kondisi kulit kering di sekitar mata itu hal yang biasa, sayangnya hidrasi yang tidak memadai memicu serangkaian masalah kulit yang membuta kita terlihat menua. Kondisi ini bisa memicu garis-garis halus dan kerutan dalam yang mulai muncul bahkan di usia yang relatif muda.

Itu sebabnya melembabkan area mata harus menjadi prioritas utama, dalam rejimen perawatan kulit. Lalu apa sih bedanya eye serum dan eye cream?

Eye serum vs Eye Cream
“Secara umum serum adalah perawatan yang lebih manjur. Mereka memiliki tekstur cair yang dirancang untuk diserap lebih cepat dan memberikan konsentrasi aktif yang tinggi daripada produk perawatan kulit lainnya,” Madison Godesky, Ph.D., Ilmuwan Senior, dan peneliti di L’Oréal Paris menjelaskan.

Eye cream sering kali memiliki formulasi yang lebih padat dan konsentrasi zat aktif yang lebih rendah seperti asam hialuronat, niacinamide, retinol, dan banyak lagi. Sementara eye cream sangat bagus untuk memberikan hidrasi ke area kulit sekitar mata dan membantu menyamarkan lingkaran hitam, eye serum biasanya merupakan formula yang lebih aktif yang bekerja untuk mengatasi akar penyebab masalah di bawah mata.

Baca juga :  Kalahkan Jennie BLACKPINK Jadi Top 8 Wanita Tercantik di Dunia, Lyodra Ucap Syukur

Lalu manakah yang lebih baik untuk digunakan? Tergantung pada jenis dan masalah kulit, kamu mungkin lebih memilih eye cream daripada eye serum, atau sebaliknya. Berita baiknya kamu bisa menggunakan keduanya untuk mengatasi masalah yang muncul di sekitar mata.

Untuk penggunaannya, sejumlah pakar kecantikan menyarankan untuk menggunakan eye serum terlebih dahulu baru ketika sudah terserap kulit, kamu bisa melanjutkan dengan penggunaan eye cream.

Menggunakan lapisan eye serum terlebih dahulu memungkinkan cairan berbasis air yang lebih tipis yang mudah meresap ke dalam kulit. Selanjutnya, ikuti dengan krim mata yang lebih tebal untuk menyegel semua kebaikan dan manfaat dari eye cream dan eye serum ini. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...