Home Hiburan Begini Saran Pakar Saat Keluarga Tak Merestui Pasanganmu, Seperti yang Dialami Nissa...

Begini Saran Pakar Saat Keluarga Tak Merestui Pasanganmu, Seperti yang Dialami Nissa Sabyan dan Ayus

TELENEWS.ID – Hubungan penyanyi Nissa Sabyan dan Ayus dikabarkan mendapatkan tantangan dari keluarga. Kabar yang beredar menyebut keluarga Ayus tak merestui, jika ia menikah dengan Nissa yang dulu sempat dituding sebagai pelakor dalam rumah tangga Ayus dan Ririe Fairus.

“Saya nggak kasih restu. (Keluarga) nggak juga (kasih restu),” ucap Nova, adik Ayus. Seperti diketahui keluarga Ayus memang menentang hubungan sang musisi dengan Nissa, lantaran adanya isu perselingkuhan yang dituduhkan pada mereka.

Seberapa penting bagimu untuk keluarga menyukai pasanganmu atau tidak? Jika jawabannya “sangat”, maka itu bisa menjadi perjuangan yang sangat serius jika keluargamu tidak mendukung hubunganmu dengan si dia.

Kasus keluarga yang tak merestui pasangan yang akan menikah bukan hanya terjadi pada Nissa Sabyan dan Ayus saja. Hal ini bisa dialami oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Perbedaan budaya, keyakinan, status sosial dan banyak hal lain yang terkadang membuat keluarga menentang keras hubungan kita dengan calon pasangan.

“Salah satu situasi yang lebih menyakitkan dalam hidup adalah ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang, hanya untuk menyadari bahwa keluargamu tidak mendukung pilihanmu,” ujar Dr. Gary Brown, terapis pasangan terkemuka yang berbasis di LA.

Padahal menurut Brown, dukungan keluarga sangat penting apalagi jika kamu ingin berkomitmen menjalani hubungan jangka panjang seperti pernikahan. “Dukungan keluarga untuk hubungan bisa sangat membantu, dan terutama dalam hubungan jangka panjang yang berkomitmen” tambahnya lagi.

Jika sudah seperti ini, haruskah hubungan diakhiri atau dilanjutkan meski tanpa restu keluarga? Menurut Diana Dorell, pakar hubungan dan penulis “The Dating Mirror: Trust Again, Love Again”, hal ini tergantung seberapa dekat kamu dengan keluargamu. Jika menurutmu hubungan dengan keluarga adalah sesuatu yang sangat penting, maka melanjutkan hubungan yang ditentang dengan mereka akan menjadi sesuatu hal yang sulit untuk kamu lakukan.

“Itu tergantung seberapa dekat kamu dengan keluargamu. Jika bersama keluarga dan menghargai keluarga berada di urutan teratas daftar hidupmu, maka melanjutkan hubungan dengan orang yang tak mereka sukai akan memiliki dampak yang lebih besar daripada apa yang bisa kamu bayangkan,” ujar Diana.

Baca juga :  Instagram Jadi Ladang Cuan, Ini Cara Analisis Jasa Selebgram

Sementara itu Dr. Brown mengungkapkan ada banyak faktor mengapa keluarga tak merestui hubungan kita dengan pasangan. Namun Dr. Brown mengungkapkan jika keluargamu tak menyukai pasanganmu hanya karena hal sepele seperti perbedaan pandangan politik dan cara berpakaian, hal tersebut bisa kamu abaikan.

Yang terpenting menurut Dr. Brown, kamu bisa membuktikan pada keluargamu bahwa pasanganmu itu benar-benar orang yang baik dan juga tulus. “Adalah satu hal tak terlalu signifikan jika mereka tidak terlalu menyukai gaya pasangan dalam pakaian, politik, atau hal sepele lainnya” ujar Dr. Brown.

“Selama mereka adalah orang yang benar-benar baik, kamu pasti bisa hidup dengan perbedaan ini. Yang terpenting adalah kamu bisa hidup berdampingan dengan mereka yang menyayangi dan peduli padamu,” lanjutnya lagi.

Meski begitu, Dr. Brown juga meminta kita untuk memandang pasangan dari perspektif keluarga. Bisa jadi tantangan dari keluarga menjadi tanda bahwa mereka melihat sisi tidak baik dari pasangan yang bisa merugikan dirimu sendiri, jika kamu nekat melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius.

Baca juga :  Apple Bayar ‘Royalti’ ke Pemegang Hak Lagu. Berapa Nominalnya ?

Karena itulah banyak pakar yang sepakat bahwa komunikasi baik dengan pasangan dan keluarga menjadi hal penting, untuk mencari jalan tengah saat hubungan kalian menghadapi konflik dan tantangan. “Daripada bereaksi berlebihan atau menyerang, jelaskan mengapa kamu bahagia dengan pasanganmu” kata Susan Winter, pakar hubungan, pelatih cinta, dan penulis “Breakup Triage: The Cure for Heartache”.

“Berikan contoh nyata tentang bagaimana pasangan berkontribusi membuatmu dan hidupmu menjadi lebih baik. Jangan memaksakan persetujuan dari mereka. Beri keluarga waktu untuk melihat apa yang kamu lihat dari pasangan, dan untuk menyadari bahwa kamu bahagia dan nyaman dengan mereka,” tambahnya lagi.

Winter juga menyarankan agar kamu mendengarkan pendapat keluargamu, mengenai alasan mengapa mereka tidak menyukai pasanganmu. Dengarkan pendapat mereka dan beritahu mereka bahwa kamu paham mereka peduli dan ingin kamu mendapatkan pasangan yang terbaik dalam hidupmu.

Dengan begitu diharapkan kamu bisa menemukan jalan tengah, agar keluarga bisa menerima pasanganmu demi kebahagianmu sendiri. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...