Home Hiburan Film Belajar dari Film Dokumenter the Tinder Swindler, Ini 6 Tips Aman Menggunakan...

Belajar dari Film Dokumenter the Tinder Swindler, Ini 6 Tips Aman Menggunakan Aplikasi Cari Jodoh Online !

TELENEWS.ID – Film dokumenter “The Tinder Swindler” yang tayang di Netflix, sedang jadi pembicaraan hangat di dunia maya. Netizen dibuat takjub saat menonton serial mengenai penipu ulung Simo Leviev yang menggunakan aplikasi kencan online, Tinder untuk menipu banyak wanita.

Diproduksi oleh pembuat “Three Identical Strangers” dan “Don’t F*** With Cats”; Raw TV, bersama AGC Studios dan Gaspin Media, menggarap film dokumenter berdurasi 114 menit ini.

“The Tinder Swindler” sendiri menceritakan kisah penipu berkebangsaan Israel bernama Shimon Hayut, yang menipu banyak wanita. Ia berhasil mengeruk ratusan ribu dolar dari mereka, dengan berpura-pura menjadi Simon Leviev putra taipan berlian asal Israel; Lev Leviev di aplikasi kencan Tinder.

Hayut yang dipenjarakan di Israel pada Desember 2019 dengan hukuman penjara 15 bulan namun ia menjalani lebih dari lima bulan kurungan saja, menipu para korbannya dengan menjalin hubungan asmara jarak jauh dan menjanjikan kencan mahal dan mewah dengan mereka. Hayut kemudian meminta para korbannya untuk berhutang untuknya di bawah nama mereka, untuk membayar apa yang dia klaim sebagai kebutuhan untuk menjaga keamanannya.

Karisma dan wajah tampan Hayut membuatnya dengan mudah menipu banyak wanita yang akhirnya memberikan ratusan ribu dolar padanya. Beruntung beberapa korban Hayut kemudian tersadar, dan melakukan pembalasan serta akhirnya berhasil menjebloskan Hayut ke dalam penjara.

Aplikasi cari jodoh online seperti Tinder memang menjadi pedang bermata dua untuk banyak orang. Selain membantu mendapatkan jodoh, aplikasi semacam ini juga rentan membuatmu bertemu dengan penipu dan penjahat lainnya.

Selain kejahatan Hayut yang diangkat dalam serial “The Tinder Swindler” sudah banyak kasus kejahatan yang dimulai dari aplikasi cari jodoh ini. Namun jangan khawatir ada beberapa tips aman menggunakan aplikasi dating online, seperti:

  1. Gunakan foto yang berbeda untuk profil aplikasi kencan. Sangat mudah untuk melakukan pencarian gambar dengan Google, jika foto profil kencanmu memiliki foto yang sama dengan medsos lain seperti Instagram atau Facebook. Jika kamu menggunakan foto yang sama, maka seseorang akan lebih mudah menemukan media sosialmu yang lain dan tahu informasi pribadimu di sana.
  2. Hindari terhubung dengan profil yang mencurigakan. Jika orang yang cocok denganmu tidak memiliki bio, link akun media sosial yang tidak ditautkan, dan hanya memposting satu gambar; besar kemungkinan itu adalah akun palsu. Berhati-hatilah untuk terhubung dengan seseorang yang hanya memiliki sedikit informasi di profil aplikasi dating mereka.
Baca juga :  Rekomendasi 7 Drama Korea Genre Komedi

“Saya pikir salah satu tanda bahaya adalah foto profil seseorang,” kata Julie Spira, CEO Cyber-Dating Expert. “Jika tidak ada foto, waspadalah. Selain itu jika hanya ada satu foto dan mereka terlihat seperti model, kamu juga harus waspada karena bisa saja mereka menggunakan foto orang lain juga” imbuh Spira.

  1. Jangan menanggapi permintaan bantuan keuangan. Tidak peduli seberapa tampan dan cantik profil picturenya atau meyakinkan alasan mereka ketika berbincang denganmu, jangan pernah menanggapi permintaan untuk transfer uang, terutama ke luar negeri.
  2. Selalu bertemu di tempat umum. Jika kamu janjian bertemu dengan orang yang kamu kenal di aplikasi cari jodoh online, pastikan untuk selalu bertemu di tempat umum dan ramai. “Kamu tidak boleh membiarkan seseorang menjemput di rumah, pada kencan pertama atau kedua,” kata Spira. “Jika kencan kalian tak sesuai harapan, paling tidak mereka tak akan tahu dimana kamu tinggal” ujarnya lagi.
  3. Video call dulu sebelum bertemu. Ini untuk memastikan orang yang kamu ajak bertemu, memang benar-benar orang yang sama dengan profil akun dating online mereka.
  4. Selalu beritahu teman atau keluargamu sebelum pergi bertemu dengannya. Ini penting sebab jika terjadi sesuatu padamu, teman atau keluargamu tahu dengan siapa dan dimana kamu bertemu dengan orang tersebut.
Baca juga :  Ketahuan Pakai iPhone, Aktor Tiongkok Ini Dihujat Warganet

Itulah 6 tips aman menggunakan aplikasi cari jodoh agar tak tertipu seperti kisah para wanita dalam serial The Tinder Swindler. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...