Home Gaya hidup Belajar Dari Kasus Calon Bintara Gagal, Ketahui Gejala Buta Warna Pada Anak

Belajar Dari Kasus Calon Bintara Gagal, Ketahui Gejala Buta Warna Pada Anak

TELENEWS.ID – Fahrifadillah Nur Rizky (21) yang gagal masuk pendidikan Bintara Polri, dinyatakan mengalami buta warna parsial. Namun Fahri sendiri membantah kabar yang menyebutkan ia mengalami gangguan kesehatan ini.

Sebelumnya, Fahri merasa ia dicurangi dan digagalkan masuk Bintara. Namun tudingan Fahri ini dibantah oleh “Hasilnya buta warna parsial ini yang membuat yang bersangkutan tidak bisa mengikuti pendidikan, karena ini syarat mutlak,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

“Untuk anggota Polri adalah harus tidak buta warna ini syarat utama dari sisi kesehatan yang harus dipahamkan,” lanjutnya lagi. Karena itulah Polda Metro Jaya memutuskan Fahri tidak bisa diterima sebagai calon bintara lantaran disebutkan mengalami buta warna parsial ini.

Sementara itu buta warna terjadi ketika manusia tidak dapat melihat warna secara normal. Kondisi ini juga dikenal sebagai color deficiency atau kekurangan warna. Buta warna sering terjadi ketika seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu. Ini biasanya terjadi antara hijau dan merah, dan kadang-kadang biru.

Sementara itu buta warna parsial yang diduga di idap Fahri adalah kondisi yang lebih ringan dari buta warna total atau complete achromatopsia. Incomplete (partial) achromatopsia adalah bentuk yang lebih ringan dari kondisi yang memungkinkan seseorang untuk kesulitan membedakan beberapa warna tertentu

Lalu apa saja yang menyebabkan seseorang menderita buta warna? Genetis adalah penyebab utama seorang anak memiliki kondisi buta warna. Seorang anak dapat mewarisi tingkat gangguan buta warna yang ringan, sedang atau berat. Kekurangan warna yang diturunkan biasanya mempengaruhi kedua mata, dan tingkat keparahannya tidak berubah sepanjang hidup seseorang.

Selain genetis, penyakit anemia, diabetes, degenerasi makula, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, glaukoma, penyakit Parkinson, alkoholisme kronis dan leukemia juga bisa memicu kondisi kesehatan ini.

Baca juga :  Baru Tahu, Ternyata Ini 6 Alasan Mengapa Pria Memilih Menyembunyikan Kekasihnya

Selain itu lansia dan mereka yang bekerja di bidang kimia juga lebih berpotensi menderita buta warna. Lalu apa saja sih tanda buta warna yang bisa terlihat pada anak-anak dan di deteksi sejak dini?

  1. Menggunakan warna yang salah: Anak mungkin menggunakan warna yang berbeda saat mewarnai. Mereka mungkin mewarnai daun dengan warna biru, atau mewarnai langit dengan warna cokelat misalnya
  2. Kesulitan memperhatikan nuansa warna: Anak mungkin tidak dapat membedakan antara warna merah, hijau, kuning, atau biru di buku atau di kotak krayon mereka.
  3. Mengalami masalah dengan tugas: Mereka mungkin kesulitan mencocokkan pakaian atau benda milik mereka berdasarkan warna. Orangtua mungkin melihat anak mengalami kesulitan melakukan tugas yang berhubungan dengan warna, terutama jika tugas mengharuskan menggunakan warna merah, hijau, coklat, biru, dan ungu.
  4. Kesulitan mengenali pola: Anak-anak dengan jenis buta warna tertentu dapat mengalami kesulitan melihat pola, tergantung pada warna pola dan latar belakangnya.
Baca juga :  Tips Penting Untuk Pemula Dalam Mengedit Video

Beberapa gejala lain yang harus diwaspadai oleh orangtua seperti:
• Anak sulit membedakan warna di cahaya yang remang-remang
• Harus mencium bau makanan sebelum makan
• Kepekaan terhadap cahaya terang dan beberapa kombinasi warna
• Sulit membaca dengan halaman berwarna atau lembar kerja yang diproduksi dengan warna
• Anak-anak mungkin mengeluh bahwa mata atau kepala mereka sakit, jika melihat sesuatu yang merah dengan latar belakang hijau

Namun tentu saja selain tanda di atas, orangtua juga harus tetap membawa anak mereka ke dokter untuk mengetahui diagnosa pasti mengenai kemungkinan buta warna yang mereka alami. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...