Home Gaya hidup Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami...

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID – Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca, begitu ibu satu anak ini biasa dipanggil, mengungkapkan kondisi sang artis di akun media sosial miliknya.

“Dicari day 2: @marshanda99,” tulis sahabat Marshanda di akun media sosial miliknya. “Hilang untuk pertama kali di Los Angeles, California, US,” lanjutnya lagi.

Tentu saja hal ini membuat kehebohan sebab Marshanda diduga menghilang saat sedang mengalami manic atau bagian dari gangguan bipolar yang ia derita. Namun keluarga Marshanda kemudian melakukan klarifikasi dan mengatakan mantan istri Ben Kasyafani ini sudah ditemukan.

Alyssa adik Marshanda mengatakan sang kakak memang sedang berada di Amerika sebagai bentuk penyembuhan dirinya. Sebagaimana diketahui selain menderita bipolar, Marshanda juga sedang berjuang melawan tumor payudara yang ia derita.

“Karena memang proses healing tripnya dia di sana itu membutuhkan privasi, space dan support dari semua circle terdekatnya,” jelas Alyssa. “Kami mengetahui menjalani proses healing di sana. Kita mementingkan ka Caca tidak apa, yang penting ka Caca baik-baik saja di sana,” tambahnya.

Orang yang sedang berjuang menghadapi masalah kesehatan mental seperti Marshanda, memang butuh support yang kuat dari orang terdekat mereka. Lindsay Macchia, PhD, seorang psikolog asosiasi di Child Mind Institute mengatakan adalah hal yang wajar jika seseorang sangat khawatir dan peduli dengan kesehatan mental teman atau sahabat mereka.

“Saya memiliki sejumlah siswa yang datang kepada saya dan bercerita masalah yang muncul sebenarnya mungkin bukan gejala yang mereka alami sendiri,” kata dokter Macchia. “Kondisi itu benar-benar sangat mempengaruhi mereka untuk merasa bertanggung jawab atas teman-teman mereka juga” tambahnya lagi.

Karena itulah kamu bisa memberikan support atau dukungan pada teman yang mengalami masalah kesehatan mental dengan beberapa cara berikut ini!

  1. Ada untuk mereka
    Ketika seseorang menghadapi masalah kesehatan mental, mungkin sulit bagi mereka untuk mengingat bahwa mereka memiliki teman yang mencintai dan mendukung mereka. Sekaranglah waktunya untuk membuat upaya ekstra untuk mengingatkan mereka bahwa kamu peduli, kamu ada untuk mereka, dan kamu menginginkan mereka dalam hidupmu. Undang mereka untuk menghabiskan waktu bersama, meskipun tidak melakukan apa-apa. Pastikan untuk memasukkan mereka ke dalam aktivitas sosialmu . Hal-hal kecil seperti chat atau obrolan Facetime bisa sangat membantu mereka.
  2. Tawarkan bantuan
    Dengan bertanya dan menawarkan bantuan, menunjukkan bahwa kamu peduli pada mereka. Tanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu mereka, baik fisik atau mental seperti membantu mereka pergi ke psikolog, mengingatkan untuk minum obat dan sebagainya.
  3. Lebih banyak mendengarkan
    Mungkin kamu merasa tak enak atau bahkan tak nyaman untuk bertanya kepada teman tentang kesehatan mental mereka, karena takut tidak tahu harus berkata apa atau bagaimana membantu mereka. Namun sebenarnya lebih penting untuk menjadi pendengar yang baik, daripada berusaha menasihati mereka. Faktanya sebagian besar orang yang mengalami masa sulit tidak mengharapkan seseorang untuk “memperbaiki” mereka. Yang terpenting, pertahankan sikap tidak menghakimi dan jangan mencoba menghibur mereka dengan mengatakan bahwa apa yang mereka alami “tidak seburuk itu.”
  4. Jangan bergosip mengenai kondisi mereka
    Seringkali sangat sulit bagi orang untuk terbuka tentang tantangan kesehatan mental. Jika seorang teman curhat kepadamu, hormati kepercayaannya dan jangan berbagi lebih dari yang dia inginkan dengan orang lain.
  5. Tahu batasanmu
    Kamu harus tahu meskipun ingin selalu mensupport dan mendukung temanmu, tapi kamu tetap memiliki batasan sendiri untuk dukungan yang dapat kamu berikan. Dan penting untuk menjaga diri sendiri juga. Beri dirimu waktu untuk beristirahat dan memproses apa yang mereka katakan atau apa yang terjadi. Cobalah untuk membantu mereka membuat jaringan dukungan dari teman, kerabat, dan profesional kesehatan mental lain yang dapat membantu mereka juga.
Baca juga :  Buah Naga Jadi Primadona Petani, Pelaku Usaha Harus Tingkatkan Kapasitias
Baca juga :  Tips Pemilihan Warna Cat Khusus untuk Bagian Pintu Masuk Rumah

Ingat bahwa Jika kamu yakin mereka berada dalam bahaya langsung atau mereka mengalami cedera yang memerlukan perhatian medis, kamu perlu mengambil tindakan segera untuk memastikan mereka aman. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...