Home Gaya hidup Kesehatan Belajar dari Sebastien Haller, Waspadai 7 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Pria

Belajar dari Sebastien Haller, Waspadai 7 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Pria

TELENEWS.ID – Kabar kurang mengenakan datang dari pesepak bola Sebastian Haller. Baru saja direkrut oleh Borussia Dortmund, pria berusia 28 tahun ini diketahui mengidap tumor testis saat menjalani pemeriksaan medis. Sebagai akibatnya, Dortmund terpaksa harus mengistirahatkan striker asal Pantai Gading ini.

“Striker Borussia Dortmund, Sebastien Haller, harus meninggalkan kamp pelatihan BVB di Bad Ragaz, Swiss, lebih awal dikarenakan sakit dan telah melakukan perjalanan kembali ke Dortmund,” begitu bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Dortmund.

“Dalam pemeriksaan medis intensif, tumor ditemukan di testis pada siang harinya. Selama beberapa hari mendatang, pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan di pusat medis khusus” lanjut klub sepakbola Jerman ini.

Tumor testis yang dialami Haller, adalah salah satu dari banyaknya jenis kanker yang berisiko di idap oleh kaum pria. Namun berbeda dengan kaum wanita, pria punya kecenderungan untuk mengabaikan rasa sakit atau masalah kesehatan yang terjadi pada mereka.

“Pria cenderung membiarkan gejala sakitnya menetap, dan terkadang sembuh, tanpa mencari bantuan,” kata Cynthia Chinedu Obiozor, MD, ahli onkologi dan hematologi di Thousand Oaks, California. “Namun sayangnya kondisi ini jika dibiarkan bisa mengakibatkan hasil kesehatan yang lebih buruk” tambahnya lagi.

Melihat hal ini, dokter Obizor menyarankan pria agar lebih waspada dan mawas diri pada perubahan yang terjadi pada tubuh mereka. Lalu apa saja gejala kanker yang harus diwaspadai oleh kaum pria itu?

  1. Kelelahan hebat
    Adalah normal untuk merasa lelah sesekali, tetapi kelelahan yang terus-menerus dan menghancurkan bisa menjadi tanda kanker. Itu karena kanker mencuri nutrisi tubuh untuk tumbuh.
  2. Rasa sakit yang terus menerus
    Rasa sakit yang terus menerus dan sering muncul pada bagian tubuh tertentu tidak boleh untuk diabaikan. Salah satunya jika itu terjadi pada testis, yang bisa menjadi tanda seorang pria sedang mengalami pertumbuhan tumor atau kanker di tubuh mereka.
  3. Perubahan pada testis
    Testis adalah salah satu bagian tubuh pria yang paling rentan terkena tumor atau kanker. Karena itulah Felecia Sumner, DO, seorang dokter keluarga di Lansdowne, Pennsylvania memperingatkan pria untuk mewaspadai segala perubahan yang terjadi pada testis mereka. “Jika kamu atau pasanganmu melihat ada benjolan atau pembengkakan pada salah satu atau kedua testis, ini harus segera dibawa ke dokter,” kata Sumner. “Sering kali perubahan ini tidak menimbulkan rasa sakit tetapi bisa menjadi tanda kanker testis” lanjutnya.
  4. Batuk yang terus menerus
    Batuk yang terjadi secara terus menerus juga wajib diwaspadai, karena bisa jadi itu tanda kanker paru-paru. Pria wajib waspada apalagi jika mereka adalah seorang perokok berat.
  5. Luka lepuh pada mulut
    Area mulut yang terluka dan melepuh dan tidak kunjung sembuh dalam waktu lama, juga harus jadi hal yang diwaspadai oleh kaum Adam. Mulut adalah bagian tubuh yang cukup keras dan mampu untuk menyembuhkan dirinya sendiri dalam beberapa hari. Karena itu, setiap luka atau lepuh di mulut yang sudah ada seminggu atau lebih perlu di biopsi untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya kanker.
  6. Penurunan berat badan secara drastis
    Berat badan yang turun secara drastis dan cepat, sebaiknya juga diwaspadai sebagai tanda terjadinya kanker begitu kata Jesse P. Houghton, MD, seorang ahli gastroenterologi di Portsmouth, Ohio. “Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah gejala yang cenderung diabaikan oleh pria,” kata Houghton. “Ini adalah gejala paling umum dari kanker apapun. Pria cenderung menganggap ini adalah perubahan pola makan atau efek pengobatan, tetapi itu tidak boleh diabaikan” lanjutnya.
  7. Kesulitan buang air kecil
    Buang air putih yang semakin jarang atau terasa sakit, menjadi hal yang tak boleh diabaikan oleh pria. Jika aliran urin tampak lemah, atau jika ada keinginan untuk buang air kecil tetapi kamu tidak dapat menghasilkan aliran, kanker prostat bisa menjadi penyebabnya. Kelenjar prostat yang diperbesar oleh tumor dapat menekan uretra sehingga memperlambat aliran urin. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Hindari 7 Makanan ini Untuk Sarapan
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...