Home Gaya hidup Benarkah Bikin Jerawat Makin Parah? Ini 5 Mitos Soal Telur Yang Ternyata...

Benarkah Bikin Jerawat Makin Parah? Ini 5 Mitos Soal Telur Yang Ternyata Salah

TELENEWS.ID-Murah dan praktis, itulah alasan mengapa telur menjadi primadona dan bahan makanan yang selalu ada dan disimpan di dapur hampir setiap rumah tangga. Telur juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis hidangan, sehingga membuatnya benar-benar difavoritkan oleh banyak orang.

Namun rupanya banyak juga yang masih enggan untuk mengkonsumsi telur karena berbagai alasan. Salah satunya percaya dengan mitos bahwa telur bisa bikin breakout, atau jerawat yang semakin parah. Bahkan artis cantik Natalie Portman mengaku ia bebas jerawat setelah berhenti mengkonsumsi telur.

Lalu benarkah telur memang bisa mengakibatkan jerawat? Sebelumnya kita mengetahui bahwa telur merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan nutrisis yang cukup tinggi di dalamnya.

Harvard University’s School of Public Health menemukan banyak manfaat dan nutrisi dari telur setelah melakukan penelitian pada 215,000 pria dan wanita yang berusia diatas 34 tahun. Mereka yang mengkonsumsi telur secara rutin menunjukan penurunan resiko terkena diabetes tipe 2, stroke dan serangan jantung.

Hal ini lantaran telur diketahui mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin A, D dan B12; zat besi, zinc, protein berkualitas tinggi, mineral, carotenoid, 9 asam amino esensial, dan lemak jenuh. Hal ini membuat telur masuk dalam jajaran superfood yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun, banyak yang khawatir untuk mengkonsumsi telur, karena percaya pada mitos yang tak benar mengenai bahan makanan ini.

  1. Telur bisa bikin jerawat makin parah
    Telur tidak menyebabkan jerawat asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selain itu penyebab kamu berjerawat mungkin bukan telur, namun alergi yang kamu miliki terhadap telur. Jika begini, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk memastikan kamu punya alergi terhadap telur atau tidak.
  2. Putih telur berbahaya untuk ginjal
    Banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi putih telur bisa membuat ginjal menjadi bermasalah. Namun ternyata protein yang terkandung dalam putih telur, justru akan mencegah datangnya penyakit yang mengancam ginjal kamu.
  3. Telur hanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet atau memperbesar otot
    Faktanya tidaklah seperti itu. Siapa saja mulai dari anak-anak hingga orangtua, boleh kok mengkonsumsi telur setiap hari. Namun telur memang sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang menjalanin penurunan berat badan, atau sedang berusaha untuk menambah massa otot.
  4. Kuning telur itu tidak sehat dan bikin kolesterol naik
    Hingga kini belum ada penelitian yang memastikan bahwa mengkonsumsi kuning telur bisa bikin kolesterol naik. Ahli nutrisi Kavita Devgan bahkan menyebut kuning telur malah membantu untuk mencegah diabetes. Kuning telur memang memiliki kandungan kolesterol di dalamnya, namun tidak memberikan efek yang signifikan pada kolesterol dalam darah asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang.
  5. Telur mentah bisa membantu menyembukan penyakit
    Di beberapa negara seperti Jepang, memang wajar mengkonsumsi telur mentah. Namun sebaiknya hal tersebut tidak kamu praktekan di Indonesia. Ini karena telur di negara kita, bisa saja terkontaminasi dengan bakteri Salmonella yang sangat membahayakan kesehatan. Karena itulah sebaiknya telur dimasak sampai matang, atau sampai kuning telurnya mengental.
Baca juga :  Keluarga Dapat Firasat Sebelum Vanessa Angel Meninggal, Simak Penjelasan Ilmiah Mengenai Firasat di Sini!
Baca juga :  6 Kebiasaan Pagi Ini Hanya Bisa Dilakukan Oleh Orang Yang Bahagia, Kamu Termasuk?

Telur memang memiliki segudang manfaat bagi manusia, selain karena tentu saja harganya murah, mudah mengolahanya dan rasanya pun lezat. Namun untuk mendapatkan efek baik dari telur, tentu harus dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...