Home Gaya hidup Benarkah Keramas Setelah Berolahraga Bisa Merusak Rambut? Temukan Jawabannya di Sini!

Benarkah Keramas Setelah Berolahraga Bisa Merusak Rambut? Temukan Jawabannya di Sini!

TELENEWS.ID – Berolahraga membuta tubuh berkeringat dengan hebat. Tak hanya tubuh, bahkan rambut dan kulit kepala bisa ikut basah terkena keringat sesaat setelah berolahraga.

Bagi kebanyakan orang, mereka akan langsung mandi dan keramas setelah tubuh dan rambut basah oleh keringat akibat olahraga. Namun ada juga yang memilih untuk hanya mengeringkan rambut dengan handuk saja. Lalu sebenarnya boleh ga sih kita keramas atau mencuci rambut setelah berolahraga?

Pro kontra mengenai boleh tidak untuk keramas setelah berolahraga, muncul saat ada banyak orang yang rupanya cukup aktif melakukan workout. Jika mereka berolahraga 5 kali seminggu, apakah mereka harus mencuci rambutnya sesering itu? Bukankah keramas terlalu sering justru akan merusak rambut?

Ron Lopez seorang stylist dan makeup artis ternama untuk L’Oreal mengatakan kamu sebenarnya tidak harus mencuci rambut setiap kali selesai berolahraga. Namun semua itu tergantung jenis dan ketebalan rambut kamu sendiri.

“Jika kamu memiliki rambut yang tebal, keramas setelah berolahraga sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan keringat,” kata Lopez. “Terlalu banyak keringat bisa membuat rambut terlihat kering” Ron menyebutkan bahwa jika Anda tidak basah kuyup oleh keringat, maka tidak apa-apa untuk tidak mencuci rambut. Menurut Ron juga bagi mereka yang memiliki rambut lurus atau bergelombang, garam dalam keringat sebenarnya dapat menambahkan sedikit tekstur yang bagus untuk rambut.

Pendapat senada disampaikan oleh dokter kulit Dr Hasan Benar. Menurut dokter Benar, orang tidak harus selalu keramas setiap kali mereka selesai berolahraga. Namun sebenarnya itu tergantung pada tekstur dan kondisi rambut, serta keinginanmu sendiri.

“Banyak dari kita percaya bahwa kita harus mencuci rambut dan kulit kepala setelah setiap berolahraga. Tetapi kenyataannya, seberapa sering kamu mencuci rambut sangat berkaitan dengan tekstur, jenis, dan preferensi rambutmu sendiri” ujarnya.

Baca juga :  5 Zodiak yang Anti Banget Balikan Sama Mantan Pacar, Kamukah Itu?

Dokter Benar juga mengatakan boleh sekali-kali untuk tidak keramas setelah berolahraga. Namun jika kamu banyak berkeringat, lebih baik kamu mencuci rambut terlebih dahulu.

“Selain menghemat waktu, melewatkan mencuci rambut setelah berolahraga sesekali sebenarnya dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala. Namun jika kamu adalah orang yang gampang berkeringat dengan banyak, maka keramas sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan keringat” tambah dokter Benar lagi.

Namun terlalu sering melewatkan keramas setelah berolahraga bisa memicu ketombe dan merusak kondisi rambutmu. “Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan sesuatu yang disebut dermatitis seboroik,” kata Dr Zainab Laftah, konsultan dermatologis pada British Skin Foundation.

“Hal ini disebabkan oleh penumpukan ragi Malassezia yang muncul sebagai penyebab kemerahan dan kondisi bersisik di kulit kepala. Oleh karena itu jika kamu memiliki kecenderungan ketombe, sangat disarankan untuk keramas setelah berolahraga” tambah dokter Laftah lagi.

Meskipun melewatkan keramas setelah berolahraga tidak selalu berdampak buruk bagi rambut atau kulit kepala, kondisi ini tetap dapat membuat rambut terlihat kotor, lepek atau berminyak. Untuk mengatasinya, keringkan rambut kemudian setelah rambut mengering sebentar, ambil pengering untuk menghaluskan ujung rambut dan menghilangkan kelembapan yang tersisa.

Baca juga :  Penolakan Sejak Dalam Kandungan Dapat Dirasakan Oleh Janin, Ini Dampaknya Setelah Lahir

Terakhir semprotkan sampo kering langsung ke akar rambut. “Biarkan sampo kering untuk set dan menyerap pada rambut. Setelah lima menit atau lebih, gosok sampo kering ke kulit kepala dan sikat untuk menghilangkan sisa pada rambut. Ini akan memberi rambut tekstur dan membantu menghilangkan bau tak sedap” begitu sara Ron Lopez. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...