Home Gaya hidup Kesehatan Benarkah Penis Bengkak adalah Salah Satu Gejala Cacar Monyet? Ini Jawabannya Menurut...

Benarkah Penis Bengkak adalah Salah Satu Gejala Cacar Monyet? Ini Jawabannya Menurut Ahli!

TELENEWS.ID – Monkeypox atau cacar monyet telah menjadi salah satu wabah yang kini diwaspadai oleh banyak negara di dunia ini, tak terkecuali Indonesia. Meskipun sejauh ini belum ada laporan mengenai adanya cacar monyet di negara ini, namun Kemenkes menyarankan kita untuk tetap waspada dan mengenali beberapa gejala dari cacar monyet ini.

Beberapa gejala cacar monyet yang patut diwaspadai di antaranya seperti demam, sakit kepala, nyeri otot dan nyeri punggung, demam, kelelahan, masalah pernafasan, serta pembengkakan kelenjar getah bening. Namun baru-baru ini muncul kabar yang menyebut bahwa salah satu gejala cacar monyet lainnya adalah pembengkakan pada penis dan nyeri pada anus.

Benarkah begitu? Rupanya Pembengkakan penis dan nyeri dubur memang dilaporkan oleh beberapa orang yang terinfeksi cacar monyet selama wabah, dan menjadi gejala yang pada awalnya tidak terkait dengan infeksi virus cacar monyet ini.

Julia Bilinska seorang peneliti di Guy’s and St Thomas’ NHS Foundation Trust di London dan rekan-rekannya mengkarakterisasi gejala dari 197 orang. Mereka semuanya adalah laki-laki, yang di tes positif cacar monyet di pusat penyakit menular antara Mei dan Juli 2022.

Dari jumlah tersebut, 71 orang melaporkan nyeri dubur dan 31 orang melaporkan pembengkakan penis. Secara keseluruhan, 20 peserta dirawat di rumah sakit untuk manajemen gejala, di mana beberapa di antaranya mengeluhkan nyeri dubur dan pembengkakan penis.

Semua pasien memiliki beberapa bentuk lesi atau koreng pada kulit atau selaput lendir mereka, seperti yang melapisi mulut atau alat kelamin. Cacar monyet umumnya dikaitkan dengan ruam seperti cacar air yang meluas. yang berkembang menjadi lepuh berisi cairan yang akhirnya berkeropeng. Sembilan dari peserta juga mengalami pembengkakan amandel, yang juga menjadi gejala cacar monyet yang tidak biasa.

Baca juga :  Tips Mudah Namun Efektif untuk Merawat Rambut di Musim Hujan, Kamu Wajib Coba!

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 21 Juli lalu, professor Chloe Orkin di Queen Mary’s University of London dan rekan-rekannya menemukan bahwa dari 528 infeksi cacar monyet yang didiagnosis antara April dan Juni di 16 negara, 54 orang menunjukkan gejala satu lesi atau lepuhan genital pada tubuh mereka.

“Ada kemungkinan bahwa lesi penis, anal dan oral terjadi di tempat kontak pertama dengan virus baik yang ditularkan secara seksual atau melalui kontak dekat,” katanya.

Menurut Bilinska, tidak jelas mengapa cacar monyet menyebabkan gejala baru pada beberapa orang. “Kondisi ini mungkin menunjukkan perubahan dalam perjalanan penyakit secara alami, atau mungkin karena cara penularannya,” katanya. “Namun adalah kondisi yang membutuhkan lebih banyak penelitian lagi” tambahnya.

Para peneliti juga menemukan bahwa hanya 26,5 persen dari peserta yang dilaporkan melakukan kontak dekat dengan seseorang dengan infeksi monkeypox. “Ini jelas meningkatkan kemungkinan bahwa seseorang tidak menunjukkan gejala cacar monyet, tetapi masih dapat menularkannya,” kata Bilinska.

Selain dari 197 peserta, 70 di diagnosa HIV positif dan 56 di antaranya mengalami penyakit infeksi menular seksual. “Sangat mungkin bahwa memiliki dua infeksi pada saat yang sama membuat gejalanya lebih buruk,” kata Bilinska.

Baca juga :  Ibnu Sina, Ilmuwan Muslim yang Cetuskan Ide Karantina

Sebelumnya WHO memperingatkan bahwa monkeypox atau cacar monyet terkonsentrasi pada kelompok gay dan biseksual. Menurut WHO, penyakit cacar monyet “menular ke manusia melalui kontak dekat dengan orang atau hewan yang terinfeksi, atau dengan bahan yang terkontaminasi virus”.

Meskipun tidak dinyatakan sebagai penyakit menular seksual, sebagian besar kasus telah dilaporkan di antara laki-laki yang berhubungan seks dengan sesama laki-laki. Karena itulah WHO memperingatkan: “Untuk pria yang berhubungan seks dengan pria, sebaiknya mengurangi jumlah pasangan seksual serta mempertimbangkan melakukan kontak seksual dengan pasangan baru”. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...