Home Gaya hidup Bentuk Tradisi Unik di Hari Natal Sering Dilakukan di Kota Manado

Bentuk Tradisi Unik di Hari Natal Sering Dilakukan di Kota Manado

TELENEWS.ID – Banyak tradisi di dunia dilakukan untuk menyambut hari raya Natal. Dari sinilah ada panduan dimana seluruh umat Nasrani melakukan berbagai tradisi menarik untuk merayakan hari raya Natal.

Pada dasarnya, hari raya Natal kerap diperingati dengan aktivitas tertentu. Selanjutnya di Kota Manado juga kerap terjadi beberapa tradisi menarik sekaligus berbeda dari tradisi lainnya menjelang hari raya Natal.

Pada dasarnya tradisi menarik di Kota Manado ini kerap diperhitungkan sebagai satu instrumen penting dari pengembangan budaya. Dilansir dari channel YouTube, Erwin Tamatompo, di tanggal 17 Desember 2021 terlihat ada beberapa rangkuman dari tradisi menarik yang selama ini dilakukan menjelang hari raya Natal.

1.Memasang Lilin Di Makam Kubur
Salah satu bentuk tradisi menarik sekaligus unik dari masyarakat di Kota Manado menjelang hari Natal adalah memasang lilin di makam kubur. Dari tradisi ini kerap dilakukan 1 hari menjelang Hari Raya Natal dan pastinya setiap pengunjung akan memasang lilin dan menempatkannya di malam anggota keluarga ataupun saudara yang sudah meninggal.

Selain memasang lilin di makam kubur, setiap pengunjung bisa membersihkan kubur dan mengatur kembali beberapa pernak-pernik, sekaligus membawa makanan yang disukai dan makan bersama.

2.Melakukan Pawai Sebelum Malam Natal
Dapat diperhitungkan kembali bahwa warga Manado juga memiliki tradisi menarik salah satunya melakukan pawai menjelang hari raya Natal. Dari tradisi pawai ini memberi wujud sukacita dimana hari yang dinantikan telah tiba yang mana akan dilangsungkan ibadah malam Natal.

Setiap Gereja di Kota Manado akan memulai ibadat sekaligus memberi peringatan kepada umat nasrani di Kota Manado untuk bersuka cita.

3.Pesta Kembang Api
Tentu dari pesta kembang api ini banyak dilakukan di Kota Manado dan akhirnya menjadi salah satu perayaan wajib saat merayakan malam Natal. Dari sini tradisi menyalakan kembang api biasanya dilakukan pada tengah malam ataupun setelah melakukan peribadatan di Gereja.

Baca juga :  Sabun Batang vs Sabun Cair, Mana yang Lebih Baik Untuk Kulit? Baca Jawabannya di Sini!

Karena itu ada banyak kembang api bahwa jumlahnya bisa sampai ratusan hingga harga yang cukup mahal juga menjadi satu pertimbangan untuk dapat dilakukan sebagai syarat merayakan pesta Natal.

4.Membersihkan Rumah
Masyarakat Kota Manado juga memiliki satu tradisi unik yakni membersihkan rumah menjelang Natal. Kemudian ada perhiasan pernak-pernik Natal yang juga dipakai seperti mengecat kembali dan menghias pohon Natal.

Dalam hal ini ada kesempatan dimana masyarakat di Manado memiliki kesempatan untuk membersihkan rumah sekaligus bisa melihat bagaimana tahapan utama untuk bisa mengerti bagaimana cara merayakan hari raya Natal.

5.Mengunci Perayaan Natal
Salah satu bentuk tradisi menarik di awal minggu Desember dimana tradisi ini berupa mengunci perayaan natal sebagai tanda berakhirnya tahun. Tradisi ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu sampai sekarang.

Rata-rata nuansa Natal di Kota Manado juga dirayakan dengan pesta kuliner di berbagai tempat terutama di ibukota Manado. Sehingga masyarakatnya terlihat cukup antusias untuk mengikuti berbagai tradisi menarik di sekitarnya.

Baca juga :  Empat Jaminan Kesehatan Gratis yang Diberikan Pemprov DKI Jakarta Bagi Warganya

Bentuk tradisi unik dan menarik tersebut bisa ditemukan di Kota Manado. Bahkan ada nuansa Natal yang bisa dihadirkan di setiap sudut Kota Manado.

Tidak sedikit hiasan Natal dihadirkan di setiap sudut kota, sehingga banyak hal menjadi salah satu wujud suka cita dari akses merayakan Natal bersama-sama sekaligus memberi satu tema menarik dari tradisi menjelang hari Natal. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...