Home Gaya hidup Kesehatan Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Facebook
Twitter

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara rutin setiap hari, juga disebut memiliki metabolisme yang bagus. Lalu sebenarnya berapa kali sebaiknya BAB dalam sehari, agar dikatakan kita memiliki pencernaan yang sehat itu?

Jesse P. Houghton, MD, FACG, Direktur Medis Senior Gastroenterologi di SOMC Gastroenterology Associates memiliki jawaban untuk pertanyaan ini. “BAB dikatakan normal jika dilakukan paling sering tiga kali dalam sehari, dan paling jarang tiga kali dalam seminggu” ungkapnya.

Pendapat Dr. Jesse ini sesuai dengan sebuah penelitian yang dilakukan dari Institusi Kedokteran Klinis dan Eksperimental, Divisi Gastroenterologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Linköping, Swedia. Mereka melakukan penelitian kepada orang dewasa yang berusia 18 hingga 70 tahun.

Penelitian ini menunjukkan bahwa 98% responden, BAB sebanyak tiga kali dalam sehari, atau paling sedikit tiga kali dalam seminggu. Namun menurut Dr. Jesse sejatinya ada juga orang yang biasa BAB lebih atau kurang dari tiga kali dalam sehari atau dalam seminggu dan itu masih dianggap normal, jika mereka tak melaporkan adanya masalah atau gangguan kesehatan pada perut mereka.

Sementara itu Vincent M. Pedre, Direktur Medis Pedre Integrative Health dan Presiden Dr. Pedre Wellness mengatakan bahwa, sebaiknya seseorang BAB paling tidak sekali dalam sehari. “Setiap orang harus buang air besar setidaknya satu kali per hari. Namun, normal untuk buang air besar tiga kali sehari, satu kali setiap setelah makan,” ujarnya.

Buang air besar tidak lancar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain kurang mengkonsumsi serat, ada beberapa hal lain yang menyebabkan seseorang tidak bisa BAB secara rutin. Salah satunya manula atau mereka yang berusia lanjut lebih sering mengalami sembelit dibandingkan mereka yang berusia relatif muda.

Mengkonsumsi jenis obat tertentu seperti antidepresan dan obat darah tinggi atau penghilang rasa sakit, juga mempengaruhi frekuensi buang air besar seseorang. Tak hanya itu, mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik dan sedang stress, juga lebih rawan mengalami sembelit atau buang air besar yang tidak lancar.

Lalu bagaimana agar bisa BAB secara rutin sehingga kamu memiliki pencernaan yang sehat?

  1. Yang pertama tentu kamu harus mengkonsumsi lebih banyak serat. Serat makanan meningkatkan berat dan ukuran kotoran, dan melembutkannya. Dengan begitu kotoran besar lebih mudah dikeluarkan serta mengurangi kemungkinan sembelit. Jika kotoranmu encer dan berair, serat dapat membantu mengeraskan karena menyerap air dan menambah massa pada kotoran. Dr. Jesse menyarankan paling tidak kita mengkonsumsi serat hingga 30 miligram sehari.
  2. Yang kedua kamu harus mengkonsumsi lebih banyak prebiotik. Prebiotik yang biasa ditemui dalam yogurt dapat membantu mengobati diare, terutama jika itu disebabkan oleh infeksi atau antibiotik. Prebiotik juga dapat mencegah sembelit dengan meningkatkan konsistensi dan meningkatkan frekuensi buang air besar.
  3. Ketiga, kamu juga harus mengkonsumsi lebih banyak air putih. Karena dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, kamu harus minum banyak air untuk memastikan tidak mengalami dehidrasi. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, kotoran akan lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.
  4. Terakhir, kamu juga disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Jika ingin buang air besar secara lancar, maka disarankan untukmu melakukan olahraga paling tidak 30 menit dalam sehari.

Itulah beberapa tips, untuk membantumu lancar BAB rutin setiap harinya. (Yuyun)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...