Home Nasional Hukum Bergaya Hidup Mewah, MAKI Menduga Ketua KPK Melanggar Kode Etik

Bergaya Hidup Mewah, MAKI Menduga Ketua KPK Melanggar Kode Etik

Facebook
Twitter
Foto Ketua KPK Firli (MAKI)

TELENEWS.id. JAKARTA – Pada Rabu tanggal 24 Juni 2020, MAKI telah menyampaikan melalui email  kepada Dewan Pengawas KPK berisi aduan dugaan pelanggaran kode etik oleh Firli Ketua KPK atas penggunaan Helikopter mewah untuk perjalanan dari Palembang ke Baturaja pada hari Sabtu, tanggal 20 Juni 2020.


Aduan ini adalah yang Kedua atas kegiatan Firli sebagai Ketua KPK di Sumatera Selatan (Sumsel) pada Sabtu tanggal 20 Juni 2020, yang mana aduan Pertama adalah dugaan melanggar protokol Covid-19 terkait tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak ketika bertemu puluhan anak-anak di Baturaja, Sumsel.

Foto Ketua KPK Firli (MAKI)


Isi surat tersebut intinya sebagai berikut : 


Nomor : 72/MAKI/VI/2020Lampiran : 3 potoPerihal : PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN ETIK OLEH FIRLI KETUA KPK MENGGUNAKAN HELYCOPTER MEWAH


Kepada Yth Dewan Pengawas KPK Di Tempat.


Dengan Hormat, Bersama ini Kami sampaikan dugaan pelanggaran kode etik oleh Firli Ketua KPK dengan rincian sebagai berikut :


1. Bahwa pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020, Firli Bahuri Ketua KPK melakukan perjalanan dari Palembang ke Baturaja untuk kepentingan pribadi keluarga antara lain ziarah kubur makam orangtuanya.


2. Bahwa perjalanan dari Palembang menuju Baturaja menggunakan sarana Helicopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO ( sebagaimana terlihat pada poto terlampir 1 ).


Atas kegiatan Firli tersebut diatas, diduga melanggar kode etik dengan alasan :


1. Bahwa Firli patut diduga menggunakan helicopter  adalah bergaya hidup mewah dikarenakan mestinya perjalanan Palembang ke Baturaja hanya butuh empat jam perjalanan darat dengan mobil. Hal ini bertentangan dengan kode etik pimpinan KPK dilarang bergaya hidup mewah analagi dari larangan bermain golf ( pelarangan main golf karena dianggap bergaya hidup mewah telah berlaku sejak tahun 2004 dan masih berlaku hingga kini ).


2. Bahwa Helikopter yang digunakan adalah jenis mewah ( helimousin) karena pernah digunakan Tung Desem Waringin yang disebut sebagai Helimousine President Air  ( terlampir poto 3 ).


3. Bahwa Firli terlihat tidak memakai masker ketika sudah duduk didalam Helicopter , yang tentunya ini bisa membahayakan penularan kepada atau dari penumpang lain termasuk kru dalam pesawat Helikopter. Hal ini bertentangan dengan statemen Firli yang hanya mencopot masker sejenak ketika ketemu anak-anak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal ini bisa diartikan Firli tidak memakai masker mulai ketemu anak-anak hingga naik Helikopter.
Sekian dan terimakasih.


Surakarta, 24 Juni 2020. Boyamin Saiman.Koordinator MAKI.

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...