Home Gaya hidup Berkaca Pada Laura Anna dan Gaga, Ini 5 Cara Untuk Mengakhiri Hubungan...

Berkaca Pada Laura Anna dan Gaga, Ini 5 Cara Untuk Mengakhiri Hubungan yang Toxic

TELENEWS.ID – Meninggalnya selebgram Laura Anna menyisakan luka yang dalam di hati keluarga dan teman-teman dekatnya. Sosok Laura yang tetap kuat dan ceria meski dirinya lumpuh pasca kecelakaan bersama dengan Gaga Muhammad sang mantan kekasih masih kuat membekas di hati banyak orang.

Meninggalnya Laura Anna membuat banyak pihak kembali menyoroti sosok Gaga yang dinilai paling bertanggung jawab atas kemalangan yang dialami oleh almarhumah. Apalagi sebelum meninggal, Laura membongkar semua perlakukan buruk yang dilakukan Gaga padanya baik sebelum atau sesudah kecelakaan.

Bahkan mendiang Laura sendiri sadar bahwa dulu ia memang terjebak hubungan toxic dengan mantan kekasihnya itu. “Toxic lah, seribu alasan. Dia juga mengancam saya untuk enggak cerita siapa-siapa. Ini orang tuh benar-benar di luar nalar manusia. Saya sering takut-takutin saat dia ketahuan selingkuh. Dia memohon-mohon sambil nangis,” ujar Laura mengenai hubungannya dengan Gaga dulu.

Namun seperti yang terjadi pada mendiang Laura, bukan hal yang mudah untuk meninggalkan hubungan yang toxic. Padahal menurut Dr. Kelly Campbell, profesor psikologi dan perkembangan manusia di California State University, San Bernardino; hubungan yang toxic bisa benar-benar menghancurkan mental seseorang.

“Ini karena kita menghabiskan begitu banyak waktu dan energi kita untuk pasangan, sehingga jenis hubungan ini sangat berpengaruh pada kehidupan kita” ujar Dr. Campbell. “Ketika hubungan ini berjalan dengan baik, kita biasanya baik-baik saja. Tetapi ketika hubungan ini tidak berjalan dengan baik, kesehatan fisik dan mental, kemungkinan akan terpengaruh secara negatif” tambahnya lagi.

Karena itulah Dr. Campbell menyarankan agar seseorang segera pergi, ketika merasa bahwa pasangan atau hubungan yang mereka jalani termasuk dalam toxic dan merusak mental. “Jika seseorang menemukan diri mereka dalam hubungan yang toxic, mereka harus mendapatkan bantuan yang diperlukan untuk mengubahnya atau keluar darinya,” kata Campbell.

Hubungan yang toxic memang tidak mudah untuk diakhiri. Namun kamu bisa mencoba beberapa cara ini untuk mengakhiri hubungan yang tak sehat dengan pasangan, seperti:

  1. Segera mencari bantuan dari orang lain
    Seperti yang disebutkan diatas, tidak mudah untuk keluar dari hubungan yang toxic. Kamu butuh bantuan orang lain untuk setidaknya menguatkan dan meyakinkan kamu bahwa hubungan yang sedang kamu jalani ini sangat berbahaya bagi mental dan kehidupanmu. Orang-orang dalam hubungan beracun membutuhkan rehabilitasi, sebuah proses yang membutuhkan waktu cukup lama. Karena itulah temukan teman, anggota keluarga, atau profesional yang sportif untuk membantu kamu melalui proses penyembuhan dan keluar dari hubungan yang toxic.
  2. Jangan diam saja, katakan apa yang kamu rasakan
    Penting untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang menjalin hubungan beracun denganmu. Namun berhati-hatilah karena kadang pasanganmu bisa bertindak manipulatif dan bahkan kasar, saat kamu mengungkapkan apa yang kamu rasakan. Jika sudah begitu, ini adalah lampu merah yang menjadi tanda kamu harus segera mengakhiri hubungan ini.
  3. Berhenti berhubungan dengan mereka
    Ketika kamu benar-benar ingin keluar dari hubungan yang toxic, maka penting sekali bagimu untuk memutuskan semua jalur komunikasi dengan mereka. Ini karena orang yang toxic bisa sangat licik dan dapat menggunakan tekanan emosional seperti gaslighting untuk membuat kamu merasa bersalah dan kembali kepada mereka. Karena itulah saat kamu memutuskan untuk meninggalkan mereka, hentikan segala bentuk komunikasi baik secara langsung ataupun melalui media sosial.
  4. Cintai dirimu sendiri
    Orang yang terjebak dalam hubungan yang toxic seringkali memiliki rasa harga diri yang rendah akibat pasangan yang manipulatif dan berusaha mendominasi mereka. Karena itulah ketika kamu healing, cobalah kembali untuk mencintai dirimu sendiri. Ingat bahwa kamu berharga dan tak seburuk yang pasanganmu katakan mengenai dirimu.
  5. Cari bantuan hukum jika perlu
    Tak jarang hubungan yang toxic bisa sangat membahayakan seseorang sehingga mengancam keselamatan mereka. Karena itulah jika kamu mengalami kekerasan fisik dan finansial, kamu bisa mencari perlindungan hukum untuk melawan pasangan yang toxic itu.
Baca juga :  Selain Nyaman, ini Dia Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan Tubuh
Baca juga :  Rafathar Cemburu pada Adik Barunya, Ikuti 4 Tips Ini Agar Anak Pertama Tak Cemburu pada Adik Mereka

Mengakhiri hubungan toxic memang bukan hal mudah. Namun berkaca dari kasus Laura Anna dan Gaga Muhammad, percayalah hubungan toxic tak hanya membahayakan mental namun juga nyawamu. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...