Home Nasional Berpotensi Terkena Covid-19, Pihak Rumah Sakit Harus Perhatikan Keselamatan Pekerja Non...

Berpotensi Terkena Covid-19, Pihak Rumah Sakit Harus Perhatikan Keselamatan Pekerja Non Medis

TELENEWS.id, JAKARTA – Pengamat Kebijakan Publik Syafril Sofyan mengatakan, selain tim medis, pihak management Rumah Sakit juga harus memperhatikan  pegawai non medis lainnya seperti, pekerja Teknik, House Keeping, petugas adminitrasi, cleaning service serta petugas kebersihan. 
“Yang perlu jadi perhatian Pemerintah dan management RS, bahwa kegiatan di RS baik itu rujukan maupun bukan, RS Daerah ataupun RS Darurat seperti Wisma Atlet, bukan saja Tim Medis dokter dan perawat, tapi sebagai organisasi yang sangat lengkap di RS ada Pekerja Teknik, Ada House Keeping, ada petugas administrasi dan penjaga keamanan. Bahkan cleaning service serta pekerja kebersihan , secara total jumlah mereka bisa sama atau melebihi dari Tim Medis,” kata Syafril kepada telenews.id, Senin (13/4/2020).

Syafril mengungkapkan, Alat Pelindung Diri (APD) bukan hanya digunakan oleh tim medis atau perawat saja, tetapi dibutuhkan juga oleh pekerja yang berada dilingkungan Rumah Sakit (RS). 

“Artinya untuk Alat Pelindung Diri (APD) tidak saja dibutuhkan oleh perawat saja, akan tetapi  pegawai non medis seperti pekerja teknik, petugas kebersihan, house keeping dan lainnya juga sangat rentan dan karena berbahaya tugas mereka, sehingga pemerintah maupun manajemen RS jangan sampai abai terhadap keselamatan diri mereka, baik APD maupun gizi mereka, ” katanya. 


Menurut aktivis 77-78 ini, jika dokter dan perawat mendapatkan bonus dari pemerintah, maka petugas pembantu tersebut juga harus diberikan bonus tambahan.


“Karena di beberapa RS petugas tersebut juga sudah ada yang terpapar Covid-19. Ini semua merupakan tanggung Jawab dari Pemerintah dan Manajemen RS,” ujarnya. 

Baca juga :  Gubernur Anies Keluarkan Seruan Penggunaan Masker Bagi Warga DKI Untuk Cegah Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...