Home Gaya hidup Biasa Ditemukan di Dapur, Ini 5 Bahan Alami yang Membantu Menghilangkan Bekas...

Biasa Ditemukan di Dapur, Ini 5 Bahan Alami yang Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

TELENEWS.ID – Memiliki bekas jerawat memang sangat menyebalkan. Selain membuat penampilan jadi kurang enak di lihat, tak jarang kita khawatir bekas jerawat akan meradang, bertambah parah dan akhirnya membuat bopeng di wajah.

Bagian penting dari mengobati bekas jerawat adalah pertama-tama memahami apa sih masalah kulit yang satu ini. Bekas jerawat sendiri adalah lekukan kecil atau lekukan di kulit yang diakibatkan oleh jerawat sedang hingga parah. Kedua, penting untuk dicatat bahwa ada jenis yang berbeda untuk bekas jerawat seperti ice pick, rolling, dan boxcar tergantung pada ukuran, bentuk, dan konturnya.

“Jerawat, tergantung pada tingkat keparahannya; dapat mempengaruhi tidak hanya lapisan atas kulit tetapi juga lapisan yang lebih dalam,” jelas dokter kulit New York City Shereene Idriss. “Saat peradangan mereda dan kulit mencoba untuk sembuh, jaringan parut bisa terjadi. Jerawat yang meradang parah, faktor eksternal seperti memencet jerawat, dan pengobatan yang tertunda; semuanya dapat menyebabkan jaringan parut” tambahnya

Beberapa bahan antibakteri dan anti-inflamasi ditemukan secara alami dapat benar-benar membantu mengurangi bekas jerawat. Bahan makanan yang ada di dapur seperti madu, kentang, cuka sari apel, mentimun, dan lainnya dapat membuat benjolan di wajah menjadi halus dalam waktu singkat. Tapi seperti biasa, kesabaran adalah kuncinya.

Dibutuhkan rutinitas perawatan kulit yang terus-menerus diikuti setiap hari, untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan bahan alami di bawah ini seperti:

  1. Menggunakan masker madu dan bubuk kunyit
    Madu dan bubuk kunyit yang biasa ada di dapur, bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat. Madu menyembuhkan kulit dari lapisan terdalamnya dan bila dikombinasikan dengan kunyit, akan meningkatkan proses peremajaan kulit. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar ahli merekomendasikan kunyit dan madu untuk bekas jerawat karena aman dan efektif. Sebelum menggunakannya, pastikan wajah benar-benar bersih dan kering. Campurkan sedikit madu, satu sendok teh kunyit dan air, aduk hingga mengental, kemudian oleskan pada bekas luka dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya.
  2. Kamu bisa pakai cuka apel juga guys
    Di balik rasanya yang super asam, cuka apel yang biasa jadi bahan masakan ini juga bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Cuka apel bertindak sebagai zat alami yang membantu merangsang aliran darah, dan membantu regenerasi sel dan membantu kulit jadi lebih bersih. Selain menghaluskan kulit kasar, cuka sari apel juga dapat mengontrol hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit. Tuangkan dua sendok makan cuka sari apel dan empat sendok makan air ke dalam mangkuk. Kemudian celupkan kapas ke dalam larutan, dan oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.
  3. Bisa juga menggunakan mentimun dan lemon
    Mentimun adalah bahan alami yang luar biasa untuk mengobati bekas jerawat, karena mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti magnesium yang bermanfaat bagi kulit. Mentimun mengurangi munculnya bekas luka dan mengurangi peradangan. Selain itu mentimun dan lemon mengandung zat astringen yang dibutuhkan untuk menyembuhkan kulit yang rusak. Blender mentimun dan saring dari ampasnya. Peras beberapa tetes jus lemon ke dalam jus mentimun, aduk rata dan oleskan ke wajah. Biarkan kering dengan mendiamkannya selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.
  4. Kamu juga bisa pakai minyak kelapa
    Minyak kelapa kaya akan asam lemak esensial yang membantu menjaga kulit terhidrasi. Kamu bisa mengatasi bekas jerawat dengan mengkombinasikan minyak kelapa murni dan minyak pohon teh atau tea tree oil. Ini karena minyak pohon teh membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan mudah. Campur minyak pohon teh dengan minyak kelapa dalam jumlah yang sama, dan oleskan pada jerawat atau bekas jerawat. Biarkan selama semalam dan bersihkan di pagi hari dengan air hangat.
  5. Kentang juga punya manfaat untuk bekas jerawat
    Selain enak untuk dimasak, kentang adalah obat kuno untuk berbagai kondisi kulit. Kentang membuat wajah bersinar, karena menghaluskan tekstur kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat, mengencangkan pori-pori yang terbuka dan mengurangi kemerahan dan noda. Cuci bersih kentang, kemudian iris tipis-tipis. Oleskan irisan tipis kentang segar pada bekas luka, dan biarkan selama 10 menit lalu bersihkan wajah. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  6 Kesalahan Skincare yang Malah Bikin Jerawatan, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan!
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...