Home Nasional Bikin Penasaran, Apa Sebenarnya Tugas Puan Maharani di DPR ?

Bikin Penasaran, Apa Sebenarnya Tugas Puan Maharani di DPR ?

TELENEWS.ID – BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas Negeri Semarang menjuluki Puan Maharani yang menjabat sebagai Ketua DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI dengan ‘Queen of Ghosting’.

Hal itu merupakan bentuk kritikan terhadap DPR yang bekerja tidak maksimal di bawah kepemimpinan Puan dan tidak menunjukkan sikap yang pro rakyat.

Dilansir dari salah satu media lokal beberapa waktu lalu, Wahyu Suryono selaku Presiden BEM Unnes mengatakan bahwa DPR RI mengesahkan produk legislasi yang jauh dari kepentingan rakyat.

Melihat hal tersebut, tentu banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi tugas Ketua DPR RI yang dijabat Puan Maharani saat ini?

Dilansir dari laman resmi DPR RI (www.dpr.go.id), tugas Ketua DPR RI adalah melakukan koordinasi di semua bidang urusan DPR. Namun sebagai catatan, Ketua DPR RI memiliki tugas koordinasi yang bersifat umum.

Secara spesifik, tugas koordinasi akan menjadi kewajiban masing-masing wakil ketua bidang dan ketua komisi. Sedangkan beberapa bidang yang wajib dikoordinasikan oleh ketua DPR RI sesuai dengan Keputusan DPR RI Nomor 34/DPR RI/I/2019-2020 tentang Pembagian Bidang Tugas Pimpinan DPR RI Masa Keanggotaan Tahun 2019-2024, yaitu:

  1. Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi I, Komisi II, Komisi III, Badan Kerja Sama Antar-Parlemen, dan Badan Legislasi.
  2. Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi XI, Badan Anggaran, dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara.
  3. Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi IV, Komisi V, Komisi VI, dan Komisi VII.
  4. Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kokesra) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi VIII, Komisi IX, Komisi X, Mahkamah Kehormatan Dewan, dan Badan Urusan Rumah Tangga.
Baca juga :  Diam diam Indonesia dan Tesla Telah Tanda Tangani Perjanjian Kerahasiaan

Ketua DPR dan wakilnya yang berjumlah empat orang merupakan pimpinan DPR. Jika dirinci lebih lanjut, wakilnya pun memiliki tugas dengan bidang masing-masing untuk menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat.

Selain itu, Puan Maharani yang menjabat sebagai Ketua DPR RI memiliki fungsi sebagai koordinator yang bersifat umum alias mengoordinasi sekaligus menjembatani fungsi serta wewenang masing-masing bidang.

Dengan adanya pembagian tugas pokok dan fungsi, DPR RI diharapkan mampu bekerja maksimal sebagai lembaga representatif sekaligus lembaga legislatif.

Namun jika melihat kinerja Ketua DPR RI serta jajarannya sejauh ini, apakah hasilnya cukup memuaskan? (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...