Home Nasional Bikin SIM A Baru Harus Gunakan Sertifikat Ini?

Bikin SIM A Baru Harus Gunakan Sertifikat Ini?

TELENEWS.ID – Peraturan baru dikeluarkan oleh pihak kepolisian perihal tata cara pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A baru yang akan mulai diterapkan bulan Juni 2021.

Pihak kepolisian mengeluarkan peraturan baru dalam bentuk syarat baru yang harus dilengkapi untuk bisa membuat SIM A yang baru. Syarat tersebut adalah sertifikat sekolah mengemudi yang harus didapatkan sebelum membuat SIM A baru.

Syarat tersebut termasuk didalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 perihal Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi dengan menyetorkan syarat baru bagi masyarakat yang ingin membuat SIM A atau kendaraan roda empat (mobil).

Syarat untuk membuat SIM A untuk menyetorkan sertifikat sekolah mengemudi tertuang dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 tahun 2021 pasal 9 poin 3.

Didalam Perpol tersebut dituliskan bahwa masyarakat yang ingin membuat SIM A baru harus melampirkan fotokopi sertifikat pelatihan mengemudi asli yang didapatkan dari sekolah mengemudi dengan catatan sekolah mengemudi tersebut sudah terakreditasi.

Selain daripada itu, sertifikat pelatihan mengemudi itu wajib didapatkan setelah mengikuti pelatihan selama enam bulan dari tanggal terbit yang dikeluarkan oleh sekolah mengemudi yang telah terakreditasi tersebut.

“Melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi yang asli yang diterbitkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi tersebut, maksimal 6 (enam) bulan dari tanggal diterbitkan,” bunyi pasal 9 poin 3 dikutip melalui situs korlantas.polri.do.id.

Sementara itu, dokumen pendukung lainnya masih sama dengan persyaratan yang berlaku sebelumnya ketika membuat SIM A.

Persyaratan sebelumnya untuk membuat SIM A, masyarakat hanya perlu melampirkan KTP asli dan fotokopi, hasil tes psikologi, surat keterangan sehat, bukti pembayaran administrasi SIM, pengenalan wajah, perekaman biometri sidik jari, dan yang terpenting adalah surat kelulusan mengikuti tes praktik dan teori.

Baca juga :  Jalan Politik Amien Rais, dari Curi Panggung Hingga Tebar Pesona

Kemudian proses pembuatan SIM A baru juga akan diterapkan seperti persyaratan sebelumnya baik dengan mengunjungi Samsat terdekat atau bisa juga secara online atau daring.

Metode baru ini tentu saja harus disosialisasikan terlebih dulu kepada masyarakat agar informasinya bisa diterima dengan baik dan meluas. (Neidi)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...