Home Gaya hidup Bikin Tambah Gemuk, 5 Bahaya Hanya Mengkonsumsi Buah Saja Setiap Hari

Bikin Tambah Gemuk, 5 Bahaya Hanya Mengkonsumsi Buah Saja Setiap Hari

TELENEWS.ID – Kita semua mungkin sepakat bahwa buah adalah makanan sehat, tinggi kandungan nutrisinya yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah juga bermanfaat saat kamu berusaha mengurangi berat badan atau ketika diet. Namun tahukah kamu bahwa terus-terusan mengkonsumsi buah, justru bisa berakibat fatal pada kesehatan?

Di dunia ini, ada orang-orang yang hanya mengkonsumsi buah saja atau yang lazim disebut sebagai “fruitarians.” Meskipun kedengaran ekstrim, namun banyak selebritis dan tokoh dunia yang menerapkan gaya hidup ini.

Almarhum Steve Jobs adalah salah satu fruitarian yang tak jarang hanya mengkonsumsi apel dan wortel selama berminggu-minggu lamanya. Jika kamu berniat mengikuti gaya hidup ini dan hanya ingin mengkonsumsi buah saja, maka ada baiknya kamu baca dulu artikel ini.

  1. Kamu akan kekurangan asupan vitamin D
    Mengkonsumsi buah saja sepanjang hari dalam waktu yang lama, membuatmu berisiko mengalami kekurangan vitamin D. Tanpa Vitamin D, kita tidak dapat menyerap kalsium dan magnesium dengan baik, dua nutrisi penting untuk kesehatan tulang kita. Vitamin D sangat penting untuk tulang yang kuat. Kamu memang dapat menyerap vitamin D melalui kulit, tetapi seiring bertambahnya usia, tubuh menjadi lebih sulit untuk melakukannya. Jika kamu memilih untuk hanya mengkonsumsi buah, kamu mungkin kehilangan nutrisi yang berharga dari tubuh.
  2. Kamu akan kelaparan
    Ahli diet Kate Patton menjelaskan, “Diet buah memiliki risiko besar kekurangan gizi. Sifat membatasi tubuh hanya dengan mengkonsumsi buah, membuatnya jauh dari kata diet seimbang”. Bahkan jika kamu menambahkan beberapa kacang atau biji-bijian, kamu akan sulit merasa kenyang. Saat tubuh berjuang melawan kekurangan nutrisi, kamu mungkin akan merasa lesu, depresi, sembelit, kedinginan, atau bahkan kerontokan rambut parah bisa terjadi.
  3. Kamu akan memiliki rambut dan kuku yang rapuh
    Vitamin B seperti kalsium, zat besi, seng, dan asam lemak omega; tidak dapat ditemukan dalam buah. Padahal nutrisi ini memainkan peran penting dalam kesehatan rambut dan kuku. Jika kamu hanya makan buah, kamu mungkin mengalami kerontokan rambut, rambut tidak tumbuh dengan baik, rapuh dan mudah putus. Hal yang sama akan berlaku juga untuk kuku. Vitamin B, seng, dan zat besi yang tidak terdapat dalam buah, sangat penting untuk kesehatan kuku. Kekurangan vitamin tertentu dapat membuat rambut dan kuku menjadi sangat rapuh.
  4. Kamu akan bertambah gemuk
    Buah memang penuh dengan gula alami. Akan tetapi, gula tetaplah gula bagi tubuh. Bahkan gula yang paling alami sekalipun, dan akan diproses dan disimpan sebagai cadangan lemak dalam tubuh. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada beberapa individu. Ini karena untuk memproses gula jenis apa pun, tubuh harus membuat insulin. Seiring waktu, tubuh dapat membangun resistensi terhadap insulin. Akhirnya tubuh tidak akan dapat memecah gula, dan akan mulai menyimpannya sebagai lemak, terutama di area perut.
  5. Kamu akan mengalami kerusakan gigi
    Asam dalam banyak buah dapat menyebabkan kerusakan gigi jika dikonsumsi secara berlebihan. Buah jeruk seperti jeruk, limau, lemon, dan jeruk bali semuanya sangat asam. Asam ini dapat merusak enamel pada gigi, dan berkontribusi pada pembusukan gigi. Jika enamel pada gigi mulai terkikis karena kelebihan asam ini, sensitivitas akan meningkat, perubahan warna, gigi terlihat, gigi terasa lemah atau transparan, dan bahkan mungkin retak.
Baca juga :  Harus Dicoba, Ini 6 Trik Berbusana untuk Menyembunyikan Lipatan Lemak Perut
Baca juga :  Belajar Dari Layangan Putus, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Suami Ketahuan Selingkuh!

Itulah mengapa penting untuk selalu mengkonsumsi makanan yang seimbang, dan sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi buah sepanjang hari serta dalam tempo yang lama juga. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...