Home Gaya hidup Kesehatan Bisa Bikin Awet Muda, 5 Manfaat Mengkonsumsi Pisang yang Jarang Orang Tahu

Bisa Bikin Awet Muda, 5 Manfaat Mengkonsumsi Pisang yang Jarang Orang Tahu

TELENEWS.ID – Murah, mudah didapat dan rasanya yang enak membuat pisang menjadi buah favorit masyarakat Indonesia. Buah yang satu ini juga bisa dibilang sebagai buah serbaguna, karena bisa diolah menjadi aneka jenis makanan yang lezat.

Namun dibalik kelezatannya, pisang dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang termasuk dalam genus Musa ini sarat akan nutrisi penting. Satu porsi atau satu pisang matang sedang, menyediakan sekitar 110 kalori, 0 gram lemak, 1 gram protein, 28 gram karbohidrat, 15 gram gula (alami), 3 gram serat, dan 450 mg kalium.

Efek positif pisang terhadap kesehatan usus sudah cukup terkenal, namun sejatinya buah yang satu ini memiliki banyak manfaat lain yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Lalu apa saja manfaat pisang bagi manusia yang sebelumnya jarang diketahui oleh orang?

  1. Meningkatkan dan menjaga keremajaan kulit
    Tahukah kamu bahwa mengkonsumsi pisang secara rutin, ampuh untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga keremajaannya? Lisa Richards, ahli gizi dan penulis The Candida Diet, menjelaskan bahwa “satu buah pisang ukuran sedang mengandung 13% kebutuhan mangan harian”. Dia kemudian melanjutkan bahwa asupan mangan dapat berarti meningkatkan penampilan kulit, karena “mangan sangat penting untuk membuat kolagen, yang menciptakan penampilan awet muda dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerutan” begitu terang Richards.
  2. Membantu menjaga kesehatan usus besar
    Salah satu manfaat lain dari rajin mengkonsumsi buah pisang adalah terjaganya kesehatan usus besar kita. John Fawkes, konselor nutrisi dan Managing Editor di situs kesehatan The Unwinder mengatakan studi tahun 2017 yang diterbitkan di Nutrition Bulletin menemukan bahwa pisang memiliki sesuatu yang disebut “pati resisten.” Walaupun pati mungkin terdengar seperti negatif sebagai sesuatu yang sebaiknya dihindari, pati resisten ini sebenarnya “membantu menghasilkan produksi asam lemak rantai pendek,” menurut Fawkes. Dia menjelaskan bahwa “asam lemak rantai pendek memainkan peran penting dalam kesehatan usus besar.” Jadi semakin banyak yang asam lemak yang dihasilkan, semakin sehat usus besar kita.
  3. Mengurangi kram otot
    Tak banyak yang tahu bahwa manfaat pisang yang lainnya adalah membantu untuk mengurangi rasa nyeri akibat kram di otot. “Pisang mengandung elektrolit esensial yang dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan seimbang. Ketika tubuh kehilangan keseimbangan terkait dengan mineral, kita bisa mengalami efek samping negatif seperti kram otot” kata Richards menjelaskan.
  4. Menjaga kadar garam dalam tubuh agar tetap seimbang
    Manfaat lain dari mengkonsumsi pisang secara rutin adalah menjaga keseimbangan kadar garam dalam tubuh. Tingkat potasium yang cukup tinggi pada pisang, sangat penting untuk menjaga kestabilan garam dalam tubuh. Pisang adalah sumber makanan yang kaya potasium, yang merupakan nutrisi penting yang membantu memerangi efek negatif natrium. Mengkonsumsi makanan dengan tingkat potasium yang tinggi, sangat bagus untuk kesehatan jantung dan tekanan darah, membantu mengurangi risiko stroke serta penyakit jantung.
  5. Cocok untuk program diet
    Bagi kamu yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, jangan lupa untuk memasukkan pisang sebagai salah satu menu dietmu. Memang pisang memiliki reputasi sebagai buah tinggi gula dan kalori dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Namun, terlepas dari reputasi ini, pisang sebenarnya dapat membantu mengontrol berat badan, karena kandungan serat dan antioksidannya. “Pisang kaya serat yang memperlambat pencernaan untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama dan akan menormalkan gerakan usus. Kondisi ini membuat pisang menjadi makanan yang sempurna untuk dimakan sebagai camilan sehat di antara waktu makan!” kata Danielle Drapeau, pendiri Shaping Young Tastebuds and Certified Health Coach.
Baca juga :  Takut Ada Gelombang Covid 19 Setelah Mudik, Ganjar Pranowo Peringatkan Jangan Kendor Prokes
Baca juga :  Tips Mudah Namun Efektif untuk Merawat Rambut di Musim Hujan, Kamu Wajib Coba!

Meski begitu untuk mendapatkan manfaat di atas, kamu sebaiknya mengkonsumsi pisang tidak terlalu banyak atau dalam jumlah yang moderat saja guys. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...