Home Hiburan Film Bisa Bikin Langsing dan 4 Manfaat Lain Nonton Film Horor Seperti KKN...

Bisa Bikin Langsing dan 4 Manfaat Lain Nonton Film Horor Seperti KKN di Desa Penari

TELENEWS.ID – Film horor yang diangkat dari thread Twitter milik Simpleman, “KKN di Desa Penari”, agaknya sukses merajai tangga bioskop tanah air. Bahkan film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini menggeser posisi “Warkop DKI Reborn” sebagai film Indonesia terlaris.

KKN di Desa Penari sendiri mencatatkan jumlah penonton hingga 7 juta lebih, sejak penayangan perdananya pada 30 April 2022 yang lalu. Hal ini diakui sendiri oleh Aulia Sarah sebagai salah satu bintang film ini.

“Sudah 7 juta penonton,” ujar Aulia Sarah yang berperan sebagai Badarawuhi. Manoj Punjabi selaku pemilik rumah produksi film ini, juga menunjukkan kegembiraan atas kesuksesan film horor yang juga dibintangi oleh Aghnniy Haque, Achmad Megantara dan Adinda Thomas itu.

“Hai semuanya saya sangat bersyukur film KKN di Desa Penari telah mendapatkan sambutan yang luar biasa dengan dukungan kalian film KKN di Desa Penari,” kata Manoj.

Kesuksesan film KKN di Desa Penari sendiri seolah menjadi tanda betapa antusiasnya masyarakat kita terhadap suguhan berbau horor dan mistik. Dr Christian Jarrett ahli saraf kognitif, peneliti dan penulis artikel sains menjelaskan alasan mengapa manusia sangat menyukai film-film bertemakan horor seperti KKN di Desa Penari ini.

“Film horor pada dasarnya menyediakan cara yang aman bagi kita untuk melatih mental, bagaimana kita akan mengatasi bahaya kuno yang mungkin terjadi” ujar Jarrett.

“Anehnya, semakin banyak emosi negatif yang seseorang alami selama menonton film horor, semakin besar kemungkinan mereka menikmati genre tersebut. Salah satu teori adalah bahwa ini karena beberapa orang, terutama pencari sensasi dan penantang adrenalin, menemukan kesenangan dalam perasaan lega yang mengikuti setelah ketakutan yang hebat” tambahnya lagi.

Selain itu, rupanya ada juga beberapa manfaat menonton film horor yang mungkin selama ini tidak kita ketahui seperti:

  1. Menurunkan rasa stress dan memperbaiki suasana hati
    Menonton film yang horor dapat memberi kita lebih dari sekadar ketakutan yang baik. Genre film ini juga dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Ini karena adrenalin yang mengalir deras ke seluruh tubuh saat kita tenggelam dalam sesuatu yang menakutkan. Orang dengan depresi mengalami penurunan tingkat adrenalin mereka, sehingga menonton film horor bisa mengisi ulang adrenalin mereka. Menonton film horor juga dapat membantu mengurangi perasaan stres, karena kita dapat membiarkan diri benar-benar tenggelam dalam pengalaman tersebut.
  2. Bisa membantu kita jadi lebih waspada
    Menonton film menakutkan dapat memberi tahu kita apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan! Kamu mungkin akan berteriak kesal pada beberapa keputusan bodoh yang dibuat oleh karakter di film tersebut. Jadi ketika berbicara tentang manfaat menonton film horor, dapat disimpulkan bahwa salah satunya dapat membantu kita menjadi lebih waspada dan berhati-hati mengambil keputusan.
  3. Bisa membakar kalori juga
    Siapa sangka menonton film horor memberi kesempatan pada tubuh untuk membakar kalori. Menonton film horor berdurasi 90 menit dapat membantu membakar sekitar 150 kalori atau sama seperti jogging atau berjalan kaki 30 menit. Begitu menurut sebuah penelitian dari University of Westminster.”Menonton film horror memang tampak mirip dengan olahraga. Detak jantung jadi lebih baik, pernapasan membaik, pertukaran oksigen dan karbon dioksida juga meningkat” kata Dokter Kedokteran Olahraga Dr. David Geier.
  4. Meningkatkan aktivitas otak
    Sejumlah praktisi kesehatan membenarkan bahwa film horor meningkatkan aktivitas otak. Beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa adegan menakutkan dalam film horor, membantu meningkatkan tingkat adrenalin dan melepaskan neurotransmiter di otak. Dengan menonton film horor, orang tidak hanya melihat monitor mereka. Kebanyakan orang menganalisis semua yang terjadi di layar, mencoba menemukan solusi yang memungkinkan, dan memikirkan apa yang akan mereka lakukan dalam situasi yang sama.
  5. Membantu memperkuat imun tubuh
    Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu, bahwa menonton film horor seperti KKN di Desa Penari bisa membantu memperkuat imun tubuh. Sebuah studi dari tahun 2003 menunjukkan bahwa menonton gerakan menakutkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara khusus, para peneliti dari Coventry University menerbitkan sebuah studi di jurnal Stress yang menemukan bahwa menonton peristiwa stres fiktif secara signifikan meningkatkan tingkat sirkulasi sel darah putih. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  4 Perhiasan Legendaris yang Diyakini Penuh Kutukan
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...