Home Gaya hidup Bisa Jadi Alternatif Saat Gula Pasir Mulai Langka, 4 Manfaat Gula Palem...

Bisa Jadi Alternatif Saat Gula Pasir Mulai Langka, 4 Manfaat Gula Palem untuk Kesehatan

TELENEWS.ID – Harga gula pasir dikabarkan ikutan naik menjelang Ramadan tahun 2022 ini. Seperti dilihat dari Info Pangan Jakarta, harga gula pasir terpantau naik Rp 111 per kilogram. Bahkan di Kabupaten Merauke, harga gula putih telah menyentuh angka Rp 17 ribu per kilogram.

Sementara itu di beberapa toko swalayan, gula pasir juga mulai mengalami kelangkaan. Roni salah satu pegawai mini market yang ditemui awak media membenarkan bahwa selain harganya naik, pasokan gula pasir juga menjadi langka beberapa hari terakhir ini.

“Gula naik Rp1.000. Sebelumnya cuma Rp12.500 sekarang Rp13.500. Mau Puasa mungkin, makanya naik,” ujar Roni. “Gula langka sekarang, datang barang aja 3 hari sekali itupun stoknya nggak banyak. Makanya pembelian tiap konsumen dibatasin cuma boleh 4 paling banyak,” tambahnya lagi.

Naiknya gula pasir menjelang Ramadan seperti sekarang ini sebenarnya sesuatu yang lumrah terjadi setiap tahunnya. Namun lantaran harga kebutuhan pokok lain seperti minyak goreng, telur dan cabai juga ikut naik, tentu saja kita harus lebih lihai memutar otak untuk mencari alternatif pengganti gula pasir.

Salah satu yang bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir adalah gula palem. Jika gula pasir berasal dari tebu, maka gula palem atau biasa juga disebut sebagai gula aren; dihasilkan dari nira pohon aren. Gula ini memiliki rasa karamel ringan, yang merupakan bahan populer dalam masakan Asia Tenggara dan Afrika.

Gula palem dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat untuk pemanis lainnya, karena produksinya melibatkan pemrosesan minimal tanpa tambahan bahan kimia. Karena tidak dimurnikan, gula jenis ini juga mempertahankan vitamin dan mineral nabati tingkat tinggi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga :  PPKM Style Dengan Pakaian Thrifting

Seperti dilansir dari webmd.com, gula palem juga memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan pemanis lainnya. Ini berarti gula palem cenderung tidak menyebabkan gula darah melonjak. Sementara menurut penelitian yang masih berlangsung, menunjukkan bahwa gula palem adalah pemanis alternatif yang baik untuk penderita diabetes.

Selain itu beberapa potensi manfaat gula palem yang lainnya bagi kesehatan meliputi:

  1. Membantu mengontrol kadar gula darah
    Gula palem mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik lebih rendah daripada gula pasir atau madu, sehingga membantu menstabilkan kadar gula darah lebih baik daripada pemanis lainnya.
  2. Membantu menjaga kesehatan pencernaan
    Gula palem mengandung serat makanan yang disebut inulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini dapat membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.
  3. Membantu meningkatkan fungsi saraf
    Gula palem memiliki kadar potasium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Potasium diperlukan untuk menjaga aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur. Mengkonsumsi cukup potasium juga dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.
  4. Membantu meningkatkan kadar antioksidan
    Gula palem memiliki kadar mineral, vitamin, dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan gula lainnya. Salah satu komponen yang dapat ditemukan dalam susunan nutrisi ini adalah fitonutrien. Ini adalah senyawa nabati yang memiliki efek antioksidan, dan berfungsi untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kronis.
Baca juga :  Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

Itulah beberapa manfaat gula palem atau gula aren bagi kesehatan. Meski begitu, ada baiknya agar tak berlebihan mengkonsumsi gula ini, agar tetap mendapatkan manfaatnya bagi tubuh kita. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...