Home Gaya hidup Kesehatan Bisa Jadi Gejala Diabetes, Kenali 5 Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Bau Badan...

Bisa Jadi Gejala Diabetes, Kenali 5 Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Bau Badan Tak Sedap

Telenews.id- Bau badan memang menjadi sesuatu yang menyebalkan, baik jika dialami oleh kita sendiri atau orang lain. Kalau kita yang mengalaminya, tentu kepercayaan diri kita akan berkurang saat berkumpul dengan orang lain. Namun ketika orang lain yang mengalaminya, kita tak enak hati untuk menegur mereka soal bau badannya itu.

Seseorang mengalami bau badan karena berbagai alasan. Tentu masalah higenitas menjadi alasan utama seseorang memiliki aroma tubuh yang kurang sedap. Jarang mandi, menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki bau badan berlebih. Ini karena mereka tak maksimal saat membersihkan keringat dan kotoran yang menempel di tubuh mereka.

Padahal tinggal di negara tropis seperti Indonesia, orang tentu akan sering berkeringat. Sebenarnya, keringat sendiri adalah hal yang wajar dan dialami oleh siapa saja. Namun bau tak sedap yang terkadang menyertai keringat bisa sangat memalukan, terutama saat kamu bersama teman dan orang terkasih.

Satu hal yang harus kamu tahu bahwa sejatinya keringat yang keluar dari tubuh itu tidaklah berbau. Yang menyebabkan bau tidak sedap adalah bakteri yang menumpuk di kulit. Bakteri yang ada di tubuh itu kemudian bereaksi dengan keringat dan minyak, kemudian tumbuh dan berkembang biak. Bakteri ini memecah protein dan asam lemak, menyebabkan bau badan dalam prosesnya.

“Bau badan terjadi karena salah satu jenis keringat yang diproduksi tubuh kita kaya akan lemak. Bakteri yang secara alami ditemukan di kulit kita memecah keringat yang kaya lemak ini, dan menghasilkan berbagai bau yang kita kaitkan dengan bau badan” begitu penjelasan Dr. Christopher Dietz,DO.

Mandi dan memakai deodoran atau minyak wangi bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi bau badan ini. Namun ternyata bau badan berlebihan, juga bisa menjadi cara tubuh memperingatkan adanya masalah pada kesehatan.

  1. Kamu sedang stress
    Kondisi stress ternyata juga membuat seseorang mengalami bau badan yang berlebihan. Kelenjar apokrin pada tubuh kita memproduksi keringat secara berlebihan saat kita sedang stress, atau dibawah tekanan emosional. Inilah yang kemudian membuat bau badan menjadi kurang sedap, karena keringat yang keluar dari kelenjar apokrin bertemu dengan bakteri di tubuh kita.
  2. Kamu mungkin mengidap diabetes
    Bau keringat yang tak sedap rupanya bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengidap diabetes dan gangguan kesehatan lainnya. “Beberapa gangguan metabolisme, seperti diabetes, tentu saja dapat mempengaruhi bagaimana seseorang aroma tubuh seseorang,” kata Dr. Dietz. “Misalnya, penderita diabetes mengalami kesulitan memecah glukosa dalam tubuh, jadi Anda mungkin menyadari bahwa napas penderita diabetes sering berbau manis karena penumpukan glukosa” tambahnya lagi.
  3. Ada kemungkinan kamu mengalami masalah pada ginjal dan liver
    Jika kamu merasa sudah rajin mandi dan memakai wewangian namun masih memiliki aroma tubuh yang tidak sedap, maka hati-hati kemungkinan ada masalah pada ginjal atau liver. Terkadang, bau badan bisa menjadi tanda penyakit ginjal, yang berarti ginjal rusak dan tidak dapat menyaring darah dengan cara yang seharusnya. Pada kasus penyakit liver, penderita bisa mengalami keringat berlebih dan bau tak sedap yang diibaratkan seperti aroma telur busuk.
  4. Hiperhidrosis
    Bau badan yang berlebihan juga terjadi pada mereka yang mengalami kelainan hiperhidrosis. Perlu diketahui bahwa keringat di tubuh manusia diproduksi oleh dua kelenjar yakni ekrin dan apokrin. Orang dengan hiperhidrosis berkeringat berlebihan dari kelenjar ekrin. Keringat ekrin cenderung tidak menyebabkan bau badan, tetapi aroma tubuh yang kurang sedap bisa terjadi jika bercampur dengan keringat apokrin. Hiperhidrosis plantar memicu keringat berlebih di kaki, yang menyebabkan kaki berbau tak sedap.
  5. Kamu memiliki kelainan genetis
    Sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa kelainan genetis yang menyebabkan masalah metabolisme, juga bisa menyebabkan seseorang memiliki bau badan tak sedap. Kondisi ini disebut sebagai trimethylaminuria, dimana penderitanya memiliki bau badan mirip aroma ikan asin. Ini adalah kelainan genetis unik sejak lahir, yang membuat penderitanya mengalami masalah kepercayaan diri yang cukup parah.
Baca juga :  Makanan dan Minuman Pereda Rasa Cemas
Baca juga :  Suplemen Hijau vs Sayuran Asli

Itulah beberapa masalah kesehatan, yang ditunjukkan oleh bau badan kurang sedap. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...