Home Gaya hidup Bisa Membakar 683 Kalori Per Jam, 5 Manfaat Olahraga Sepatu Roda untuk...

Bisa Membakar 683 Kalori Per Jam, 5 Manfaat Olahraga Sepatu Roda untuk Kesehatan

TELENWS.ID – Olahraga sepatu roda sedang menjadi perbincangan hangat warga net dalam beberapa hari terakhir ini. Pasalnya viral sebuah video yang menunjukkan klub sepatu roda ternama di DKI Jakarta yang tampak unjuk kebolehan memenuhi jalan raya.

Tentu saja aksi mereka ini mendapatkan sorotan tajam dari warga net yang merasa klub sepatu roda ini melakukan aksi berbahaya yaitu menggunakan jalan raya untuk berlatih. Bahkan pihak kepolisian hingga turun tangan dan memberikan sanksi teguran pada klub tersebut.

“Dari pihak kepolisian wajib hukumnya memberi tindakan represif nonjustitial atau repressive justitial. Dan karena ini baru pertama kali dilakukan, kami sifatnya memberi peringatan edukasi dan pendidikan,” kata Kabid Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Sepatu roda sendiri sebenarnya adalah olahraga yang memiliki komunitas cukup besar di tanah air. Selain itu olahraga ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, jika dilakukan secara rutin dan tentu saja di tempat yang semestinya.

Ashley Borden, pelatih pribadi selebriti dan penulis “Your Perfect Fit” mengungkapkan “Sepatu roda melatih otot-otot posterior secara berbeda. Misalnya ketika kamu mendorong kaki ke samping bukan ke belakang, yang bermanfaat untuk memperkuat bagian luar glutes daripada berlari” katanya.

Dia menambahkan “bersepatu roda juga memaksa kamu untuk menggunakan inti otot perut secara berbeda dari yang dilakukan saat berlari, karena kamu harus lebih menyeimbangkan dan mengontrol tubuh saat berada di atas roda”.

Selain itu beberapa manfaat olahraga sepatu roda lainnya seperti:

  1. Memperbaiki postur tubuh
    Postur memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan di atas sepatu roda. Jadi bermain sepatu roda secara teratur dapat membantu seseorang meluruskan dan memperbaiki kebiasaan buruk yang mereka lakukan saat duduk. Selain itu membutuhkan postur yang baik untuk menjaga keseimbangan dan perlahan-lahan kondisi ini akan memberikan manfaat pada otot-otot yang memperbaiki postur tubuh.
  2. Meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kelincahan
    Faktor besar dalam inline skating adalah keseimbangan, lebih khusus lagi keseimbangan saat kamu bergerak. Menyeimbangkan diri di atas roda juga membantu meningkatkan keseimbangan dan sikap secara keseluruhan. Jadi jika kamu kesulitan menjaga keseimbangan saat berjalan, berlari, atau melakukan berbagai aktivitas olahraga; sepatu roda dapat membantumu meningkatkan keseimbangan.
  3. Membantu menyehatkan jantung
    Sepatu roda membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan memperkuat otot pada jantung. Menurut American Heart Association, sepatu roda adalah latihan aerobik yang efektif yang bekerja dengan meningkatkan detak jantung dan meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga sepatu roda dapat meningkatkan detak jantung rata-rata dari 140-160 detak per menit. ‘
  4. Membantu menurunkan berat badan
    Jika kamu cukup terampil di atas sepatu roda dan mempertahankan kecepatan yang agak kencang, latihan ini bisa sangat membakar kalori dengan signifikan. Sepatu roda memiliki peringkat intensitas 7 ekuivalen metabolik (METs), membuatnya sebanding dengan bersepeda atau mendayung. Penelitian oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa sepatu roda bisa membakar hingga 683 kalori per jam, membantu penurunan berat badan.
  5. Membatu mengurangi stress
    Jika kamu mencari olahraga yang menyenangkan untuk menurunkan stress, sepatu roda merupakan salah satu yang direkomendasikan. Sepatu roda tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga baik untuk mental. Olahraga termasuk bersepatu roda apalagi di tempat terbuka, membantu melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan bahkan membantu mengatasi gejala kecemasan dan depresi.
Baca juga :  Terungkap, Ini 6 Penyebab Kamu Masih Sering Memimpikan Mantanmu
Baca juga :  IDI Terbelah Dua, PDSI Bersedia Tampung Dokter Terawan

Jika kamu ingin menekuni olahraga sepatu roda, ada baiknya kamu mencari pelatih atau bergabung dalam klub profesional, dan ingat untuk tidak berlatih di jalan raya ya guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...