Home Gaya hidup Bisa Menyebabkan Kematian, Waspadai Tanda Kamu Keracunan Air Putih

Bisa Menyebabkan Kematian, Waspadai Tanda Kamu Keracunan Air Putih

TELENEWS.ID-Sejak dulu mungkin kita mengenal air putih sebagai sesuatu yang sehat dan sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini, para ahli kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi air putih guna membantu untuk meningkatkan imun tubuh.

Namun rupanya terlalu banyak mengkonsumsi air putih bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita. Ini karena setiap manusia berbeda kebutuhan air putih mereka tergantung dari usia, berat badan dan aktivitas yang dijalani.

Rupanya terlalu banyak mengkonsumsi air putih secara berlebihan, bisa menyebabkan seseorang mengalami water intoxication atau keracunan air putih. Efeknya pun bisa sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa.

Dokter dan penulis buku kesehatan, Catherine Waldrop, M.D. memperingatrkan bahaya water intoxication atau yang dalam istilah medis dikenal dengan nama overhydration. Menurut Catherine, overhydration melarutkan elektrolit penting, sehingga membuat fungsi organ tubuh menjadi terganggu dan tidak seimbang.

Overhydration akibat terlalu banyak minum air putih bisa memicu ketidak seimbangan elektrolit dalam tubuh, atau yang dikenal dengan nama hyponatremia, atau rendahnya kadar sodium dalam darah. “Hyponatremia ringan ditandai dengan masalah lambung, pusing, muntah dan kehilangan nafsu makan” ujar Catherine.

Pada tahap yang parah, hyponatremia bisa membuat seseorang mengalami pembengkakan otak yang memicu terjadinya kejang, koma, masalah syaraf hingga meninggal dunia. Karena itulah kamu harus waspadai tanda-tanda keracunan air putih atau overhydration, seperti:

  1. Air kencingmu terlalu bening
    Jika warna air kencingmu kuning keruh cenderung pekat, maka itu tanda kamu mengalami dehidrasi. Sebaliknya jika kencingmu berwarna terlalui bening, kamu patut mewaspadai terjadinya overhydration.

Namun kamu tidak perlu panik lantaran ini sebenarnnya tubuh sedang memberikan tanda kamu terlalu banyak minum air putih. Menurut urologist Vannita Simma-Chiang, M.D; idealnya air kencing yang sehat itu memiliki warna kuning terang.

  1. Kamu jadi lebih sering buang air kecil
    Tanda terjadinya keracunan air putih selanjutnya adalah kamu jadi terlalu sering buang air kecil. Normalnya menurut Vannita Simma-Chiang, M.D, orang sehat akan buang air kecil setiap tiga atau empat jam sekali.
Baca juga :  Tak Perlu Minder, Ternyata Inilah 6 Mafaat Memiliki Rambut Pendek Seperti Lisa Blackpink

Namun jika frekwensi buang air kecilmu jadi lebih sering, kamu patut mewaspadi terjadinya overhydration.

  1. Otot tubuhmu kaku dan pegal
    Otot tubuh yang kaku, pegal dan terasa lemah menjadi tanda selanjutnya kamu mengalami overhydration. Ketidak seimbangan elektrolit akibat mengkonsumsi terlalu banyak air putih, menyebabkan otot tubuh menjadi melemah. Itulah mengapa kamu juga akan merasakan tubuhmu kaku dan pegal saat mengalami overhydration ini.
  2. Kamu banyak minum meski ga haus
    Haus sebenarnya sinyal alami untuk menunjukkan tubuhmu kekurangan cairan. Namun ketika kamu banyak minum meskipun sedang tidak haus, kamu wajib waspada kemungkinan terjadinya keracunan air putih ini.

Jika kamu tidak merasa haus, tidak melakukan aktivitas fisik berlebihn dan tenggorokanmu tidak sakit atau kering tapi kamu minum banyak air putih; itu bisa saja merupakan siyal overhydration dalam tubuhmu.

  1. Bengkak dan perubahan warna kulit pada tangan, bibir dan kaki
    Pada kasus yang cukup parah, overhydration bisa menyebabkan tangan, bibir dan kaki seseorang menjadi bengkak dan berubah warna. Ini karena seluruh sel dalam tubuhmu membengkak, akibat asupan air yang terlalu banyak.
  2. Berat badanmu mendadak naik
    Terlalu banyak mengkonsumsi air putih ternyata malah bisa menaikan berat badan juga loh. Ini karena kadar air yang berlebihan membuat sel-sel di dalam tubuh menjadi bengkak, dan kelebihan kadar air dalam aliran darah.
Baca juga :  Tak Perlu Minder, Ternyata Inilah 6 Mafaat Memiliki Rambut Pendek Seperti Lisa Blackpink

Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik adanya. Air putih memang sehat dan dianjurkan untuk dikonsumsi rutin. Namun sebaiknya tidak berlebihan dan sesuaikan pula dengan aktivitas, berat badan dan juga usiamu. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...