Home Gaya hidup Bisa Merusak Ginjal, Inilah 5 Efek Buruk Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Bisa Merusak Ginjal, Inilah 5 Efek Buruk Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

TELENEWS.ID-Minum menjadi kebutuhan manusia yang tak bisa untuk dielakkan. Bahkan banyak orang yang mengaku mereka sanggup menahan lapar, tapi tidak bisa kalau harus menahan haus yang lama. Apalagi tinggal di negara tropis seperti Indonesia, kita memang dianjurkan untuk sering minum terutama air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Kehauasan kadang membuat kita ingin segera meneguk segelas air dingin untuk menghilankan dahaga. Jadi kadang hal tersebut membuat kita minum dalam posisi berdiri dan terburu-buru. Namun tahukah kamu ternyata minum dalam posisi berdiri dan terburu-buru ternyata tidak baik untuk kesehatan kita?

Menurut Dr. Prabhat Ranjan Sinha. MBBS,DNB, seseorang sebaiknya minum dalam posisi berdiri dan tidak terburu-buru. Ini karena menurutnya proses meneguk air yang membantu untuk memurnikan tubuh, sehingga sebaiknya seseorang minum dalam posisi dan kondisi yang baik serta santai. Ketika seseorang minum dalam posisi berdiri atau terburu-buru, hal ini menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh yang malah bisa memicu racun di tubuh dan membuat kita beresiko mengalami masalah di pencernaan.

Selain itu banyak yang beranggapan bahwa minum dengan posisi berdiri juga kurang sopan dan bertentangan dengan kaidah agama. Namun terlepas dari itu semua, peneliti menemukan beberapa efek buruk bagi kesehatan jika kita sering minum dalam posisi berdiri.

  1. Memicu radang persendian atau Arthritis
    Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi kalau kamu minum dalam posisi berdiri adalah peningkatan resiko terjadinya masalah sendi atau Arthritis. Saat kamu minum dalam posisi berdiri, secara tidak sadar kamu menganggu proses keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga membuat cairan yang seharusnya tersebar merata menjadi terkumpul di persendian sehingga menyebabkan masalah Arthritis ini.
  2. Bisa merusak dinding perut juga
    Kalau kamu punya kebiasaan minum sambil berdiri, sebaiknya kurangilah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Ini karena ketika kamu minum dalam posisi berdiri, air akan mengalir dan terciprat ke dinding perut yang memicu terjadinya pengiksan pada organ tubuh tersebut. Jika dibiarkan terus menerus, tentu saja akan menganggu dinding perut dan saluran penceranaanmu.
  3. Bisa merusak ginjal juga
    Mungkin terlihat sepele namun keseringan minum sambil berdiri bisa merusak fungsi ginjal kamu juga loh. Ketika kamu minum dalam posisi berdiri, cairan masuk ke dalam tubuh tanpa melewati proses penyaringan terlebih dahulu. Hal ini membuat air langsung mengalir ke perut bagian bawah, dikarenakan adanya tekanan yang tinggi karena kamu sedang berdiri. Hal ini membuat air yang tidak disaring tadi mengendap pada kandung kemih, sehingga memberatkan fungsi kerja ginjal kita. Jika dibiarkan terlalu lama, maka tentu saja fungsi ginjal bisa jadi rusak dan terganggu.
  4. Memicu heartburn dan ulkus
    Bagi kamu yang sering mengluhkan rasa kurang nyaman di perut akibat heartburn dan ulkus, bisa saja hal ini disebabkan karena kebiasaanmu yang minum sambil berdiri. Minum dalam posisi berdiri memberikan tekanan yang cukup besar pada esofagus. Hal ini bisa memicu kerusakan pada otot sphincter yang menjadi penghubung antara perut dan esofagus. Inilah yang menyebabkan kamu mengalami heartburn atau sensasi seperti terbakar, dikarenakan asam pada perut justru mengalir kembali ke dada.
  5. Bisa memicu indigestion atau magg
    Ketika berdiri, otot tubuh berada dalam posisi tegang. Sedangkan ketika duduk, otot tubuh dalam posis lebih relak dan hal ini membuat cairan bisa lebih terserap dengan baik bersamaan dengan makanan yang kita cerna.
Baca juga :  Top Tips Tampil Menawan dengan Busana Serba Putih
Baca juga :  Bisa Bikin Sakit Kepala, Kenali Tanda Kamu Memakai Bra dengan Ukuran yang Kurang Tepat

Itulah beberapa efek buruk minum sambil berdiri, jadi kurangilah kebiasaan yang kurang baik ini ya! (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...