Home Gaya hidup Bisa Merusak Ginjal, Inilah 5 Efek Buruk Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Bisa Merusak Ginjal, Inilah 5 Efek Buruk Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

TELENEWS.ID-Minum menjadi kebutuhan manusia yang tak bisa untuk dielakkan. Bahkan banyak orang yang mengaku mereka sanggup menahan lapar, tapi tidak bisa kalau harus menahan haus yang lama. Apalagi tinggal di negara tropis seperti Indonesia, kita memang dianjurkan untuk sering minum terutama air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Kehauasan kadang membuat kita ingin segera meneguk segelas air dingin untuk menghilankan dahaga. Jadi kadang hal tersebut membuat kita minum dalam posisi berdiri dan terburu-buru. Namun tahukah kamu ternyata minum dalam posisi berdiri dan terburu-buru ternyata tidak baik untuk kesehatan kita?

Menurut Dr. Prabhat Ranjan Sinha. MBBS,DNB, seseorang sebaiknya minum dalam posisi berdiri dan tidak terburu-buru. Ini karena menurutnya proses meneguk air yang membantu untuk memurnikan tubuh, sehingga sebaiknya seseorang minum dalam posisi dan kondisi yang baik serta santai. Ketika seseorang minum dalam posisi berdiri atau terburu-buru, hal ini menganggu keseimbangan cairan dalam tubuh yang malah bisa memicu racun di tubuh dan membuat kita beresiko mengalami masalah di pencernaan.

Selain itu banyak yang beranggapan bahwa minum dengan posisi berdiri juga kurang sopan dan bertentangan dengan kaidah agama. Namun terlepas dari itu semua, peneliti menemukan beberapa efek buruk bagi kesehatan jika kita sering minum dalam posisi berdiri.

  1. Memicu radang persendian atau Arthritis
    Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi kalau kamu minum dalam posisi berdiri adalah peningkatan resiko terjadinya masalah sendi atau Arthritis. Saat kamu minum dalam posisi berdiri, secara tidak sadar kamu menganggu proses keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga membuat cairan yang seharusnya tersebar merata menjadi terkumpul di persendian sehingga menyebabkan masalah Arthritis ini.
  2. Bisa merusak dinding perut juga
    Kalau kamu punya kebiasaan minum sambil berdiri, sebaiknya kurangilah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Ini karena ketika kamu minum dalam posisi berdiri, air akan mengalir dan terciprat ke dinding perut yang memicu terjadinya pengiksan pada organ tubuh tersebut. Jika dibiarkan terus menerus, tentu saja akan menganggu dinding perut dan saluran penceranaanmu.
  3. Bisa merusak ginjal juga
    Mungkin terlihat sepele namun keseringan minum sambil berdiri bisa merusak fungsi ginjal kamu juga loh. Ketika kamu minum dalam posisi berdiri, cairan masuk ke dalam tubuh tanpa melewati proses penyaringan terlebih dahulu. Hal ini membuat air langsung mengalir ke perut bagian bawah, dikarenakan adanya tekanan yang tinggi karena kamu sedang berdiri. Hal ini membuat air yang tidak disaring tadi mengendap pada kandung kemih, sehingga memberatkan fungsi kerja ginjal kita. Jika dibiarkan terlalu lama, maka tentu saja fungsi ginjal bisa jadi rusak dan terganggu.
  4. Memicu heartburn dan ulkus
    Bagi kamu yang sering mengluhkan rasa kurang nyaman di perut akibat heartburn dan ulkus, bisa saja hal ini disebabkan karena kebiasaanmu yang minum sambil berdiri. Minum dalam posisi berdiri memberikan tekanan yang cukup besar pada esofagus. Hal ini bisa memicu kerusakan pada otot sphincter yang menjadi penghubung antara perut dan esofagus. Inilah yang menyebabkan kamu mengalami heartburn atau sensasi seperti terbakar, dikarenakan asam pada perut justru mengalir kembali ke dada.
  5. Bisa memicu indigestion atau magg
    Ketika berdiri, otot tubuh berada dalam posisi tegang. Sedangkan ketika duduk, otot tubuh dalam posis lebih relak dan hal ini membuat cairan bisa lebih terserap dengan baik bersamaan dengan makanan yang kita cerna.
Baca juga :  Uni Eropa Akan Tuntut Pfizer dan AstraZeneca Karena Mangkir Produksi
Baca juga :  Kebutuhan Oksigen Naik: Pemerintah Impor, Pemprov DKI Buka Posko Isi Ulang Tabung

Itulah beberapa efek buruk minum sambil berdiri, jadi kurangilah kebiasaan yang kurang baik ini ya! (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....