Home Ekonomi Bisnis Bisnis Food Delivery Semakin Menjamur, GoFood dan GrabFood Semakin Banyak Pesaing

Bisnis Food Delivery Semakin Menjamur, GoFood dan GrabFood Semakin Banyak Pesaing

TELENEWS.ID – Layanan pesan antar makanan semakin menjamur di kalangan bisnis commersil dan online. Bahkan layanan commersil yang sebelumnya tidak berhubungan sama sekali dengan makanan, kini menambah bisnis mereka dengan fitur Food Delivery.

Sebelumnya, fitur pesan antar makanan ini dimiliki oleh Gojek dengan fitur GoFood dan Grab dengan fitur GrabFood. Hal ini senada dengan bisnis mereka yang bergerak dibidang jasa antar penumpang baik motor dan mobil serta paket barang.

Seiring berjalan waktu beberapa bisnis online mulai membuka fitur pesan antar makanan mereka, seperti Shopee, Traveloka, dan Air Asia. Shopee membuka fitur Shopee Food, Traveloka membuka fitur Traveloka Eats, dan Air Asia dengan Air Asia Food.

Semua fitur ini sudah bisa ditemukan di aplikasi dari masing-masing perusahaan. Namun untuk Air Asia Food sendiri belum memiliki jaringan seluas Shopee Food dan Traveloka Eats yang sudah dapat digunakan secara nasional.

Air Asia Food sendiri baru bisa digunakan untuk kawasan Tangerang saja. Pengguna akan mendapatkan tulisan “sepertinya kami belum menjangkau area anda. Coba alamat lain untuk melihat apakah kami menjangkau lokasi tersebut” jika digunakan di luar area Tangerang.

Sedangkan untuk Shopee Food sendiri sudah cukup lama berjalan dan cukup menarik minat masyarakat untuk menggunakan karena diskon dan promo yang cukup besar. Selain itu driver Shopee food juga dimiliki khusus untuk fitur ini. Hal ini akan mempercepat layanan kepada pengguna dan perusahaan lebih mudah mengelola karena bisa lebih fokus memantau.

Shopee juga memberikan fitur pembayaran yang khusus untuk masyarakat lebih mudah bertransaksi dengan ShopeePay. Hal ini sebenarnya sama dengan yang ditawarkan GoFood dengan GoPay dan GrabFood dengan OVO.

Baca juga :  3 Negara Ini Jadi Destinasi Teratas Pilihan Pelajar Indonesia Untuk Kuliah

Sedangkan Traveloka Eats dapat digunakan dengan mengakses fitur Eats Delivery pada aplikasi. Untuk pembayaran sendiri, fitur ini menggunakan pembayaran melalui direct debit BRI, BCA OneKlik, dan Mandiri Direct Debit. Diketahui terutama untuk pengguna baru, promo dan potongan yang diberikan kepada pengguna Eats Delivery ini cukup besar sehingga cukup menarik peminat yang banyak.

Hal ini tentu menjadi fokus tersendiri bagi pemain lama yaitu Gojek dan Grab. Bahkan hal ini sudah memberikan dampak buruk bagi Grab yang mengalami kerugian 1,1 miliar di tahun 2021 dan penurunan saham drastis 37%. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...