Home Nasional BMKG Peringatkan Bencana Hidrometeorologi di Indonesia

BMKG Peringatkan Bencana Hidrometeorologi di Indonesia

TELENEWS.ID – Cuaca ekstrem akibat bencana hidrometeorologi kian melanda Indonesia sepanjang Desember 2020–Februari 2021. Hal ini diperingatkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana cuaca yang diakibatkan oleh siklus hidrologi, curah hujan, suhu, tingkat kelembapan dan angin.

Bencana hidrometeorologi ini disebabkan oleh gabungan angin La Nina, El Nino dan gelombang Madden Julian Oscillation (MJO). Gabungan dari ketiganya berdampak pada cuaca ekstrem dan tidak stabil di sejumlah provinsi. di Indonesia.

Meskipun bencana hidrometeorologi dipengaruhi oleh angin La Nina, El Nino dan MJO, cuaca ekstrem yang melanda Indonesia pada bulan Desember–Februari 2021 ini banyak disebabkan oleh La Nina dan MJO.

Perbedaan Ketiganya

Fenomena La Nina terjadi ketika angin dari timur bergerak dan membawa banyak air hangat ke barat. Sehingga, air dingin di bawah permukaan laut terdorong ke atas untuk menggantikan air hangat.

Angin kencang dan arus laut yang bergerak ke arah timur menarik air dingin ke atas permukaan. Proses ini dikenal sebagai upwelling, yaitu penurunan suhu permukaan laut secara drastis.

Jalur angin La Nina dan El Nino (sumber foto: yaleclimateconnections.org)

La Nina menyebabkan curah hujan yang tinggi di Indonesia. Akibatnya, bencana banjir di wilayah-wilayah dengan daya resapan yang kurang bagus seringkali tak terhindarkan.

Sedangkan, El Nino terjadi ketika angin dari timur berhembus lemah dan bergerak ke arah yang berlawanan. Saat melewati wilayah samudra Pasifik, angin El Nino menjadi hangat karena membawa panas dan akan bergerak kembali ke arah timur.

Kebalikan dari La Nina, El Nino menyebabkan curah hujan di sekitar Indonesia menjadi berkurang, sehingga umumnya terjadi kekeringan dan angin panas.

La Nina, menurut BMKG, dapat diperparah oleh gelombang Madden Julian Oscillation (MJO).

MJO adalah fluktuasi dalam cuaca tropis pada skala waktu mingguan hingga bulanan. MJO juga dicirikan sebagai gerakan awan dan curah hujan yang bergerak ke arah timur di dekat garis ekuator.

Baca juga : Antisipasi Banjir, 178 Rumah Pompa Dilakukan Perawatan

MJO meningkatkan curah hujan yang biasanya disertai dengan angin kencang dan petir. Bersama dengan El Nino, kedua fenomena ini membawa bencana hidrometeorologi ekstrem yang menyerang banyak wilayah di Indonesia.

Dari laporan kondisi atmosfer terbaru, terlihat adanya keberadaan aktivitas MJO di wilayah Indonesia. Aktivitas MJO ini membuat banyak kumpulan awan yang membawa hujan.

MJO di Indonesia disebabkan oleh interaksi antara laut dan atmosfer di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia yang mengapit Indonesia. Bersamaan dengan El Nino, kedua fenomena ini berdampak secara signifikan pada pembentukan awan hujan.

Belum lagi, La Nina terjadi di periode awal musim hujan di Indonesia, yang mana akan memperparah jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah hingga 40%.

Meskipun begitu, dampak dari angin La Nina tidak akan tersebar secara merata.

“Catatan historis menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40 persen di atas normalnya. Namun demikian dampak La Nina tidak seragam di seluruh Indonesia,” ujar Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...