Home Nasional Boroskan Uang Negara, Pengamat : Kartu Pra Kerja Tidak Bisa...

Boroskan Uang Negara, Pengamat : Kartu Pra Kerja Tidak Bisa Kurangi Pengangguran

TELENEWS.id, JAKARTA – Program Kartu Pra Kerja yang digagas Presiden Jokowi  ditengah wabah pandemik Covid-19 menuai kritikan dari berbagai pihak. 

Salah satunya,  Pengamat Kebijakan Publik,  Syafril Sofyan mengatakan bahwa sama sekali Kartu pra Kerja tidak tepat dan tidak bermanfaat untuk mengurangi pengangguran, lebih kepada memboroskan uang negara, dalam situasi krisis ekonomi, dan wabah pandemik Covid-19, dimana ribuan perusahaan bangkrut dan tutup, sehingga jutaan karyawan terkena PHK, lalu bagi yang pencari kerja baru untuk mendapatkan pekerjaan, walaupun mereka dapatkan pelatihan secara online.


”  Karena tidak link and match semua sia-sia, yang mendapat manfaat hanyalah lembaga pelatihan online, padahal jika mau menghemat Pemerintah bisa menggunakan TVRI untuk melakukan pelatihan secara nasional, bisa menjangkau keseluruh pelosok, nusantara semua masyarakat bisa langsung terlatih. Latihan  secara online untuk kartu pra kerja disamping biaya besar sebanyak 5.6 triliun juga dibatasi5,6 juta peserta latih. Lalu selama pelatihan 4 Bulan, belum tentu sesuai atau tidak link and match,” kata Syafril kepada telenews. id,  Jakarta,  Rabu (22/4/2020).

Syafril mengaku akan lebih baik jika dalam situasi tersebut anggara  20  triliun untuk kartu Prakerja dialihkan semua ke Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Kartu pra kerja hanya ditargetkan utk 5.6 juta pencari kerja, Hanya 2% dari seluruh rakyat Indonesia yang menghabiskan uang negara 20 triliun, sangat besar. Jadi ini pemborosan sementara yang mendapatkan tidak juga dijamin mendapat pekerjaan setelah pelatihan,” tegasnya. 


Selain itu,  kata dia,  tanpa diminta KPK harus turun tangan dalam mengawasi anggaran 20 triliun yang masuk ke dalam program kartu Pra Kerja,” Harus diawasi KPK,  karena sangat merugikan dan tidak azas keadilan,” ucapnya. 

Baca juga :  Tarik Wisatawan Asing, Syafril Sebut Sebagai Alasan Luhut Masukan WNA China ke Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...